Membandingkan Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan Ongkos Kereta Api dan Kendaraan Pribadi

Penulis Iman Herdiana21 September 2023

Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung diperkirakan 250.000-300.000 rupiah. Angka ini dinilai lebih mahal dibandingkan naik kereta api atau kendaraan pribadi.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (11): Stasiun Kiaracondong

Penulis Atep Kurnia17 Oktober 2021

Sejarah Stasiun Kiaracondong ada kaitannya dengan pemindahan pabrik senjata di Surabaya, dan pendirian pabrik gas di Bandung.

Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Empat Orang Petugas Meninggal Dunia

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah5 Januari 2024

Tabrakan kereta api melibatkan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng Bandung dan kereta api lokal Bandung Raya di jalur Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (15): Stasiun Haurpugur

Penulis Atep Kurnia15 November 2021

Kawasan Haurpugur tempo dulu, dengan mata air Cipanas-nya, merupakan destinasi wisata populer. Stasiun Haurpugur, yang diresmikan 20 Februari 1899, punya peran.

Data Pelanggaran di Jalur Perlintasan Kereta Api Kota Bandung 2018-2023: Lebih dari 2.000 Pelanggaran Per Tahunnya

Penulis Reza Khoerul Iman24 Februari 2024

Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas dan lemahnya penegakan hukum disinyalir membuat angka pelanggaran di jalur perlintasan kereta api terus meningkat.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (3): Stasiun Gadobangkong

Penulis Atep Kurnia22 Agustus 2021

Stasiun Gadobangkong mulai berfungsi sejak 20 Februari 1899. Pada 1921, stasiun yang ada di antara dua kota militer Cimahi dan Padalarang ini, diperluas.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (10): Stasiun Cikudapateuh

Penulis Atep Kurnia10 Oktober 2021

Stasiun Cikudapateuh mulanya dibangun untuk memberi kemudahan akses bagi penumpang 'pribumi'. Penting bagi perkembangan perkeretapian, perekonomian, dan militer.

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #54: Paradoks Pembangunan Jalur Kereta Api Ganda Cicalengka-Bandung

Penulis Andrian Maldini Yudha25 Januari 2024

Proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka sedang dikebut agar rampung di tahun 2024 ini. Pengerjaan proyek berdampak pada warga Kampung Dka.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (1): Dari Padalarang hingga Nagreg

Penulis Atep Kurnia8 Agustus 2021

Gagasan membuat lajur kereta api ke Bandung Raya sudah ada sejak paruh kedua abad ke-19. Ada dua motifnya, yakni kepentingan ekonomi dan pertahanan militer.

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #3: Dilema Masyarakat Cicalengka pada Proyek Jalur Kereta Api Ganda

Penulis Andrian Maldini Yudha7 September 2022

Tanah warga Kampung Babakan Dka, Cicalengka, kini didaulat sebagai milik PT. KAI untuk dijadikan proyek jalur kereta api ganda.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (8): Stasiun Bandung (1)

Penulis Atep Kurnia27 September 2021

Pembukaan jalur kereta api Cianjur-Bandung pada 17 Mei 1884 disambut pesta meriah. Stasiun Bandung jadi pusat transportasi kereta api jalur barat 10 tahun kemudian.

Data Jumlah Penumpang Kereta Api dari Kota Bandung 1999-2020, Anjlok di Tahun Pandemi

Penulis Sarah Ashilah4 Januari 2022

Jumlah penumpang kereta api dari Kota Bandung sangat fluktuatif di atas angka 10 juta orang per tahun. Pandemi Covid-19 sejak 2020 membuat jumlahnya anjlok.

Bandung Hari Ini: Akhir Perjalanan Kereta Api Parahyangan

Penulis Tri Joko Her Riadi27 April 2021

Pada 27 April 2010, tepat hari ini 11 tahun lalu, kereta api Parahyangan berhenti melayani warga. Pembukaan Tol Cipularang jadi pemicu utamanya.

Menghukum Pelaku Pelecehan Seksual dengan Larangan Naik Kereta Api Seumur Hidup

Penulis Lintang Johar25 Juli 2022

Sorotan terhadap kasus pelecehan seksual yang menimpa seorang wanita di dalam Kereta Api Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta.

BIOGRAFI ACHMAD BASSACH (4): Pegawai Jawatan Kereta Api Kolonial

Penulis Atep Kurnia26 November 2021

Achmad Bassach masuk menjadi anggota serikat buruh kereta api VSTP sejak bekerja di Stasiun Cibeber pada 1917. Dari situ, semangat perlawanannya terus tumbuh.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (6): Stasiun Andir

Penulis Atep Kurnia13 September 2021

Stasiun Andir dibuka pertama kali pada 20 Februari 1899. Berperan penting dalam pengembangan kawasan, mulai dari urusan kopi, pasar, hingga lapangan terbang.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (12): Stasiun Gedebage

Penulis Atep Kurnia24 Oktober 2021

Stasiun Gedebage, yang sekarang lebih dikenal orang sebagai Terminal Peti Kemas, pernah berfungsi sebagai stasiun penumpang. Berperan dalam pengembangan kawasan.

Kesaksian Warga ketika Tabrakan Kereta Api Cicalengka, Pakar Menduga karena Faktor Komunikasi

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah6 Januari 2024

Penyebab tabrakan kereta api Turangga vs kereta api Commuterline 350 Bandung Raya masih diselidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #8: Menilik Kembali Dinamika Proyek Jalur Kereta Api Ganda Bandung-Cicalengka

Penulis Andrian Maldini Yudha12 Oktober 2022

Di balik berlangsungnya proyek jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka, menimbulkan keresahan bagi bagi warga Kampung Babakan Dka.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (4): Stasiun Cimahi

Penulis Atep Kurnia29 Agustus 2021

Keberadaan Stasiun Cimahi, yang beroperasi sejak pertengahan tahun 1884, berdampak besar pada pertumbuhan kota. Terutama dalam bidang militer dan niaga.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (2): Stasiun Padalarang

Penulis Atep Kurnia15 Agustus 2021

Pengoperasian Stasiun Padalarang berdampak besar pada pertumbuhan dan pengembangan wilayah Padalarang. Luasannya bertambah, jumlah penduduknya melonjak.

Daftar 19 Stasiun Kereta Api yang Melayani Tes PCR selama Periode Nataru, 2 Stasiun di antaranya di Bandung

Penulis Iman Herdiana27 Desember 2021

Calon penumpang kereta api wajib memenuhi sejumlah persyaratan selama menempuh perjalanan dalam periode nataru. Antara lain, vaksinasi, tes PCR atau antigen.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (9): Stasiun Bandung (2)

Penulis Atep Kurnia3 Oktober 2021

Stasiun Bandung ada di pusaran kebijakan-kebijakan strategis pemerintah kolonial Hindia Belanda. Dari rencana pemindahan ibu kota hingga pembangunan pusat militer.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (14): Stasiun Rancaekek

Penulis Atep Kurnia8 November 2021

Di masa lalu, Stasiun Rancaekek dimanfaatkan oleh bukan hanya penduduk Afdeeling Cicalengka, tapi juga Sumedang dan Cirebon.

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #14: Rekonstruksi Stasiun Kereta Api Cicalengka dan Pupusnya Masa Lalu 

Penulis Andrian Maldini Yudha7 Desember 2022

Stasiun Cicalengka kaya akan nilai-nilai historis. Namun semua itu akan habis tidak ada yang tersisa.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (17): Stasiun Nagreg

Penulis Atep Kurnia28 November 2021

Sejak diresmikan pada 14 Agustus 1889, Stasiun Nagreg berperan penting dalam perkembangan perkebunan kina dan kopi, industri, dan militer.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (7): Stasiun Ciroyom

Penulis Atep Kurnia19 September 2021

Stasiun Ciroyom sejak awal dibangun untuk melayani transportasi barang. Kehadirannyai berperan penting menyokong bisnis dan industri yang tumbuh di sekitarnya.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (13): Stasiun Cimekar  

Penulis Atep Kurnia31 Oktober 2021

Dalam peta sejarah, Stasiun Cimekar dikenal sebagai stasiun kecil Ciendog (Stopplaats Ciendog). Jalur kereta ini pernah disabotase.

Menengok Tragedi Bintaro, Kisah Terkelam Kereta Api Indonesia

Penulis Deni Yudiawan6 Januari 2024

Kecelakaan kereta api di Cicalengka membangunkan memori buruk perkeretaapian di Indonesia. Tragedi Bintaro adalah kisah terkelam sepanjang sejarah.

Yang Pekak dan Memekik di Balik Deru Pembangunan Jalur Kereta Api

Penulis Ryan Zulkarnaen5 November 2022

Di tengah kondisi paceklik, warga terdampak pembangunan jalur kereta api di Kiaracondong menghadapi harga sewa rumah yang meningkat.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (16): Stasiun Cicalengka

Penulis Atep Kurnia21 November 2021

Stasiun Cicalengka beroperasi sejak jalur kereta api angkutan barang dan penumpang antara Bandung-Cicalengka diresmikan pada 10 September 1884. Perannya penting.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (5): Stasiun Cimindi

Penulis Atep Kurnia6 September 2021

Sejarah panjang Stasiun Cimindi berawal dari sebuah stopplaats yang dibuka pada15 Oktober 1897. Ada cerita tentang hotel dan cikal bakal Kebun Binatang Bandung.

BIOGRAFI ACHMAD BASSACH (10): Di Antara Api dan Api, Menulis Eulis Atjih

Penulis Atep Kurnia7 Januari 2022

Achmad Bassach dimusuhi kalangan komunis dan nasionalis. Menulis roman Eulis Atjih yang laku keras seperti pisang goreng. Roman ini ditonilkan dan difilmkan.

PROFIL KOMUNITAS EDAN SEPUR: Mengabdikan Diri pada Transportasi Kereta

Penulis Awla Rajul11 Maret 2023

Komunitas Edan Sepur merupakan komunitas pencinta kereta api. Mayoritas anggotanya anak muda.

AGENDA BANDUNG: Dari Diskusi Kritik Kereta Cepat, Bedah Buku Sidik Kertapati, hingga Pameran Seni, 6-28 Oktober 2023

Penulis Iman Herdiana6 Oktober 2023

Agenda Bandung pekan ini menyajikan banyak diskusi, mulai dari kritik lingkungan terhadap kereta cepat, hingga bedah buku, seni, dan pameran.

Pentingnya Disiplin di Perlintasan Sebidang, Belajar dari Kecelakaan Feeder Kereta Cepat

Penulis Awla Rajul15 Desember 2023

Pintu perlintasan kereta api berfungsi mengamankan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang agar tidak terganggu pengguna jalan lain.

Menanti Tanggung Jawab Pemulihan Lingkungan dan Warga Terdampak Megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Penulis Sherani Soraya Putri11 Januari 2023

Warga terdampak megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di perumahan Tipar Silih Asih, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sampai kini menunggu perhatian.

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #48: Menua di Kereta

Penulis Noor Shalihah20 November 2023

Permukiman di perkotaan bergerak ke arah pinggiran karena kota semakin padat. Moda transportasi kereta jadi pilihan karena menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Merayakan Ulang Tahun Komunitas Edan Sepur Ulang Tahun Ke-15 dengan Mengedukasi Masyarakat Disiplin di Perlintasan Kereta

Penulis Fauziansyah Hartadi 7 Juli 2024

Kegiatan disiplin perlintasan ala komunitas Edan Sepur bertujuan untuk mengurangi jumlah pelanggaran di perlintasan kereta api dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Kritik dan Saran dari Calon Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung

Penulis Awla Rajul6 Juli 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tak lama lagi bisa dinaiki masyarakat umum. Calon penumpang dari Bandung berharap sepur kilat ini bisa dijangkau semua kalangan.

Warga Terdampak Kereta Cepat di Bandung Merespons KTT G20 di Bali

Penulis Iman Herdiana16 November 2022

Baik KTT G20 maupun Kereta Cepat Jakarta Bandung dinilai sebagai pintu masuk gelombang investasi besar ke negeri ini.

Perdebatan Netizen dan Penamaan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Penulis Chen Die21 Oktober 2023

Presiden Joko Widodo memberi nama “Whoosh” untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, terinspirasi dari bunyi yang dihasilkan ketika kereta cepat melesat dengan kencang.

Hantu Smart City itu, Kereta LRT Bandung

Penulis Frans Ari Prasetyo15 November 2021

Kota ini terus membangun flyover yang jelas-jelas mengakomodir kendaraan pribadi. Bagaimana dengan transportasi publik yang nyaman dan murah?

Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Meluncur, Mobil Travel akan semakin Menjamur?

Penulis Awla Rajul15 Oktober 2023

Masyarakat masih dalam euforia Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. Mobil travel menjadi pesaing utama karena ongkosnya lebih murah.

Walhi Jabar: Selamatkan Lingkungan dan Rakyat, bukan Proyek Kereta Cepat

Penulis Endah Lismartini15 Oktober 2021

Tak ada penyelesaian atas rusaknya belasan hektare sawah dan rusaknya rumah-rumah warga yang terdampak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Mempertanyakan Hak-hak Publik dalam Operasional Kereta Cepat Whoosh dan Proyek Infrastruktur Lainnya

Penulis Iman Herdiana3 Januari 2024

Pembangunan proyek strategis nasional di Jawa Barat menyisakan pertanyaan bagaimana pemenuhan hak-hak publik atau warga terdampak.

Sebelum Whoosh, Ada Eendaagsche Express sebagai Kereta Cepat era Hindia Belanda

Penulis Danil Kasputra2 Oktober 2023

Kereta Api Eendaagsche Express dirancang sebagai sarana transportasi yang sangat cepat pada zamannya. Menempuh perjalanan Batavia-Surabaya dalam 13 jam 30 menit.

CERITA DARI BANDUNG BARAT #5: 26 Tahun Ukar Karmita di Jalur Perlintasan Kereta

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah1 Oktober 2022

Ukar Karmita usianya sudah 70 tahun. Separuh usia hidupnya dihabiskan di perlintasan kereta api. Menjaga keselamatan warga yang melintas.

Menengok Warga Terdampak Pembangunan Kereta Cepat di Purwakarta

Penulis Iman Herdiana8 Desember 2023

Kereta cepat Whoosh sudah hilir mudik Jakarta Bandung. Sejumlah warga di Purwakarta masih merasakan dampak buruk pembangunan proyek strategis nasional ini.

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #53: Tragedi Kecelakaan Kereta Cicalengka dan Buruknya Transportasi Publik Kita

Penulis Nurul Maria Sisilia16 Januari 2024

Kecelakaan kereta di Cicalengka membukakan kenyataan bahwa transportasi publik kita belum merata dan saling terintegrasi dengan baik dan mudah.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey

Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022

Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.

Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari

Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022

Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Sepak Bola Api dari Cibiru Hilir

Fotografer Prima Mulia22 Juli 2023

Tidak banyak daerah di Indonesia yang memainkan tradisi sepak bola api. Di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tradisi ini masih dimainkan.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

Raibnya Bunga-bunga Patrakomala di Stilasi Bandung Lautan Api

Fotografer Prima Mulia26 Maret 2022

Dari 10 Stilasi Bandung Lautan Api yang semuanya dilengkapi dengan ikon bunga patrakomala karya Sunaryo, ada 4 stilasi yang tak lagi memiliki bunga.

//