• Pemerintah
  • Data Jumlah Keluarga di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung 2010-2020, Jumlah Terus Bertambah, Kepadatan Terus Meninggi

Data Jumlah Keluarga di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung 2010-2020, Jumlah Terus Bertambah, Kepadatan Terus Meninggi

Jumlah keluarga di Bojongloa Kaler, kecamatan terpadat se-Kota Bandung, terus bertambah dari tahun ke tahun. Lonjakan besar terjadi pada tahun 2016.

Penulis Sarah Ashilah6 Oktober 2021


BandungBergerak.id - Keluarga merupakan ruang lingkup terkecil yang ada di dalam masyarakat. Data tentang jumlah keluarga di dalam satu kawasan terkait erat dengan tingkat kepadatan penduduk. Semakin banyak jumlah keluarga berarti bertambah padat pula wilayah tersebut.

Imbas makin banyaknya jumlah keluarga dalam satu wilayah bukan hanya terkait urusan tingkat kepadatan. Dengan lahan yang serbaterbatas, keluarga-keluarga baru terpaksa tinggal dalam ruang hidup yang saling berimpitan. Tidak jarang, kita akan menemui satu rumah yang ditinggali oleh tiga atau empat keluarga sekaligus.

Selain bermasalah dalam sanintasi dan kebersihan, rumah dengan banyak keluarga memunculkan juga soal psikologis dan tumbuh kembang para penghuninya.

Di Bojongloa Kaler, kecamatan terpadat se-Kota Bandung, jumlah keluarga dalam satu dasawarsa terakhir mengalami tren kenaikan secara signfiikan. Pada tahun 2010, tercatat sebanyak 19.460 kepala keluarga. Pada 2020, jumlahnya melonjak menjadi 39.074 kepala keluarga.

Dalam kurun satu dasawarsa tersebut, lonjakan tertinggi terjadi pada tahun 2016. Ketika itu, diketahui jumlah keluarga tercatat sebanyak 35.825 kepala keluarga, jauh melampaui jumlah di tahun sebelumnya sebanyak 29.461 kepala keluarga. 

Editor: Redaksi

COMMENTS