• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 26 Juni 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 26 Juni 2021

Dari jumlah total 2.395 unit tempat tidur Covid-19 yang tersebar di 30 rumah sakit di Kota Bandung, ada 228 unit tempat tidur kosong yang bisa dimanfaatkan warga.

Penulis Sarah Ashilah26 Juni 2021


BandungBergerak.idPagebluk covid-19 yang masih jauh dari reda berimbas ke ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. Dalam beberapa pekan terakhir, akibat lonjakan jumlah kasus positif harian, tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 terus meninggi. Di lapangan, muncul kekhawatiran terhadap layanan kesehatan ini.

Merujuk pada dari Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Sabtu (26/6/2021) pukul 09.00 WIB, tersedia secara total 2.395 unit tempat tidur Covid-19 yang tersebar di 30 rumah sakit di Kota Bandung. Dari jumlah tersebut,  ada 228 unit tempat tidur kosong yang bisa dimanfaatkan warga.

Ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit Umum dr. Hasan Sadikin (RSHS), terus berkurang sejak dua hari lalu. Hari ini di RSHS hanya tersedia 55 unit tempat tidur kosong dari total 300 unit tempat tidur yang disediakan khusus untuk pasien Covid-19. Terjadi pengurangan 15 unit tempat tidur kosong dibandingkan data sehari sebelumnya.

Di rumah sakit rujukan Jawa Barat ini tersedia fasilitas ruangan ICU Tekanan Negatif (Ventilator), ICU Tekanan Negatif (Non-Ventilator), ICU Tanpa Tekanan Negatif (Ventilator), ICU Tanpa Tekanan Negatif (Non-Ventilator), Isolasi Tekanan Negatif, Isolasi Tanpa Tekanan Negatif, dan IGD Khusus Covid-19.

Selain RSHS, masih tersedia puluhan kamar tidur Covid-19 di beberapa rumah sakit lain di Kota Bandung. Rinciannya, 22 unit tempat tidur di RS Darurat Covid-19 Secapa AD, 18 tempat tidur di RS Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung Bandung, 19 unit tempat tidur di RS Umum Hermina Arcamanik, 20 unit tempat tidur di RS Immanuel, 12 unit tempat tidur di RS Umum Angkatan Udara dr. M. Salamun, dan 12 unit tempat tidur di RS Umum Bhayangkara Tk. II Sartika Asih. Di RS Santo Yusup, yang sehari sebelumnya terisi penuh, hari ini tersedia 2 unit tempat tidur kosong.

Ada enam rumah sakit Kota Bandung dengan status tempat tidur Covid-19 terisi penuh, yakni RS Edelweiss, RS Ibu dan Anak Melinda, RS Khusus Bedah Halmahera Siaga, RS Umum Al-Islam, RS Umum Bungsu, dan RS Kebon Jati.

Warga yang dapat memperoleh informasi dan layanan terkait Covid-19 dengan menghubungi nomor pusat panggilan (call center) yang sudah disediakan pemerintah di 119 dan 112. Ketika wabah masih jauh dari reda, semua pihak diajak untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//