• Agenda
  • AGENDA BANDUNG: Diskusi dan Pameran Menyatakan Jarak di Selasar Sunaryo Art Space, 8 April - 29 Mei 2022

AGENDA BANDUNG: Diskusi dan Pameran Menyatakan Jarak di Selasar Sunaryo Art Space, 8 April - 29 Mei 2022

Acara Menyatakan Jarak berupa diskusi antara pelaku seni dan pengkaji dari Bandung, Belanda. Diwarnai instalasi pameran, pemutaran film, musik, dan lainnya.

Diskusi dan pameran Menyatakan JarakĀ berlangsung di Selasar Sunaryo Art Space, Bandung, Jumat (8/4/2022). Pameran berlangsung hingga 29 Mei 2022. (Foto: Theo Frids Hutabarat)*

Penulis Iman Herdiana8 April 2022


BandungBergerak.idBagi orang Indonesia, foto dari zaman Hindia Belanda mengandung banyak arti dan imajinasi. Foto tersebut terasa berjarak, asing, namun sekaligus mengikat. Si penglihat foto diajak menyelami masa-masa sebelum ia lahir dan membayangkan leluhurnya.

Terkait foto sejarah ini, Atelier KITLV bekerja sama dengan Selasar Sunaryo Art Space, Integrated Arts Fakultas Filsafat Unpar, Framer Framed, dan CA3A Studio menggelar diskusi dan pameran bertajuk Menyatakan Jarak: Bandung – Leiden.

Menyatakan Jarak adalah presentasi hibrid dari berkumpulnya seniman-seniman, pembuat film, peneliti, musisi, dan penulis di Selasar Sunaryo Art Space. Menyatakan Jarak berusaha menghimpun, merespons, memanfaatkan, dan mengimajinasikan arsip masa lalu.

Acara ini terdiri dari rangkaian bincang-bincang antara pelaku seni dan pengkaji dari Bandung, dari Belanda, dan tempat-tempat lain; dengan instalasi pameran, pemutaran film, masakan, musik, serta rangkaian program publik dan workshop.

“Saya memandang arsip dari masa Hindia Belanda (terutama foto) selalu sebagai ambang ke “dunia lain”. Kita hidup di tanah dan ruang yang sama dengan yang digambarkan di foto-foto itu – di samping beberapa perkembangan teknologi ekstra – tapi semuanya tampak berbeda. Pengalaman semacam ini akhirnya menuntut upaya berimajinasi si penglihat, untuk menciptakan “cerita-cerita…”,” kata Theo Frids Hutabarat, perwakilan penyelenggara dari Integrated Arts Fakultas Filsafat Unpar.

Acara Menyatakan Jarak berlangsung daring dan luring. Acara daring bisa mengakses https://zoom.us/j/5922692013. Acara dimulai Jumat (8/4/2022). Pameran foto zaman Hindia Belanda akan berlangsung mulai 8 April - 29 Mei 2022.

Baca Juga: Pemkot Mengangankan Energi Terbarukan di Tengah Tingginya Kebutuhan Listrik Kota Bandung
AGENDA BANDUNG: Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Bandung
Pembuktian Warga Anyer Dalam di Pengadilan

Jadwal diskusi Jumat (8/4/2022) dimulai pukul 15.00 – 19.28. terdiri dari:

How to Make Your Image

Narasumber:

Bagus Pandega dan Kei Imazu

Sadiah Boonstra

Zaldy Armansyah

Zico Albaiquni

Diskusi ini dipandu Theo Frieds Hutabarat

Cinematic Intervention to Yesterday

Narasumber:

Veronica Kusumaryati

Riar Rizaldi

Rizki Lazuardi

Dipandu Arnound Arps

Pengantar: Esther Captain

Penutup: Marieke Bloembergen

Jadwal diskusi Sabtu (9/4/2022) dimulai pukul 15.00 – 19.28. terdiri dari:

Bandung as We Know It

Narasumber:

Atep Kurnia

Aulia Ibrahim Yeru

Ridwan Hutagalung

Tri Joko Her Riadi

Kinanti Sandoong

Narasumber:

Fauzie Wiriadisastra

Rita Victoria Simanjuntak

Penutup: Ignatius Bambang Sugiharto

RSVP: 081320006095

Editor: Redaksi

COMMENTS

//