Deti Sopandi, salah seorang pembela HAM (human rights defender) PBHI Jawa Barat berorasi ketika mendampingi warga RW 11 Tamansari korban proyek rumah deret beraudiensi di kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat, Bandung, Rabu (9/6/2021). (Foto: Bani Hakiki/BandungBergerak.id)

PROFIL PBHI JAWA BARAT: Dari Penggusuran Tamansari sampai Korban Salah Tangkap Polisi

Penulis Boy Firmansyah Fadzri20 Agustus 2021

PBHI Jawa Barat lahir di tengah ketegangan sosial-politik di awal reformasi. Selain urusan legal-formal, organisasi ini juga aktif memberdayakan warga terkait HAM.


PROFIL AJI BANDUNG: Bukan Sekadar Kumpulan Wartawan Antiamplop

Penulis Boy Firmansyah Fadzri18 Agustus 2021

AJI Bandung dideklarasikan di hutan kota Babakan Siliwangi pada 18 Agustus 2002. Dua kampanye besarnya saat itu: anti amplop dan peningkatan kesejahteraan jurnalis.

PROFIL AKSI KAMISAN BANDUNG: Sewindu Merawat Ingatan

Penulis Bani Hakiki22 Juli 2021

Sudah berumur delapan tahun, Aksi Kamisan Bandung secara konsisten menyuarakan isu-isu HAM. Juga persoalan lokal, mulai dari penggusuran lahan hingga nasib buruh.

Sahabat Heritage Indonesia: Mencintai Cagar Budaya dengan Berkomunitas

Penulis Emi La Palau5 April 2021

Bandung pernah menjadi laboratorium arsitektur yang mewariskan gedung-gedung cagar budaya. Komunitas Sahabat Heritage Indonesia menjadi wadah untuk menikmatinya.

Menggali Sejarah Kuburan Tua Belanda di Bandung dan Cimahi

Penulis Adi Marsiela26 Maret 2021

Di balik kuburan-kuburan tua itu kita bisa menggali kisah gurunya Sukarno, makam Freemason, sampai sejarah akhir Perang Dunia 2 di Bandung.

Komunitas Aleut Susur Rantai Sejarah Bandung Sampai Gunung

Penulis Iman Herdiana22 Maret 2021

Komunitas Aleut menelusuri kaitan sejarah Bandung dengan daerah lain di Indonesia. Mereka berhenti di warung kampung dan ngobrol sejarah DI/TII

Lihat Semua