• Kampus
  • Mahasiswa ITB yang Mencari Beasiswa Wajib Kunjungi Laman ini

Mahasiswa ITB yang Mencari Beasiswa Wajib Kunjungi Laman ini

Beragam beasiswa yang disediakan. Untuk biaya pendidikan hingga biaya hidup sehari-hari. Beasiswa juga tersedia bagi mahasiswa yang sudah meraih gelar sarjana.

Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB sebagai kampus pendidikan teknik tertua di Indonesia. (Sumber: ITB)*

Penulis Ahmad Fikri27 Januari 2023


BandungBergerak.id—Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sedang mencari beasiswa untuk membiayai kuliahnya kudu rajin menengok laman pengumuman di situs Direktorat Kemahasiswaan ITB. Secara berkala situs tersebut mengumumkan beasiswa yang sudah bisa diakses mahasiswa yang tengah menempuh kuliah di kampus di Jalan Ganesha Bandung tersebut.

Beasiswa yang disediakan beragam. Tidak melulu untuk membiayai uang kuliah saja, tapi beberapa menyediakan biaya  hidup bagi mahasiswa yang menghadapi kendala finansial.

Khusus bagi mahasiswa baru pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Tinggi menyediakan Beasiswa Bidik Misi. Penerima beasiswa tersebut bisa mendapatkan pembebasan 100% biaya  kuliah selama 8 semester khusus untuk mahasiswa yang terpilih. Pemerintah menyediakan kuota terbatas untuk setiap kampus.

Tentunya masih ada banyak beasiswa lainnya yang bisa di akses. Khusus mahasiswa ITB, pengumuman beasiswa tersebut bisa di akses di laman pengumuman Direktorat Kemahasiswaan ITB. Di laman tersebut secara berkala akan di umumkan daftar beasiswa berikut tautan hingga persyaratan untuk mendaftar.

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang menginginkan untuk mendapat beasiswa tersebut. Cermati persyaratannya, pastikan seluruh berkas sudah dipersiapkan sebelum mendaftar. Jangan lupa agar tidak melewati tenggat batas waktu pendaftaran saat mengirim berkas persyaratan tersebut.

Berikut beberapa beasiswa yang bisa diakses oleh mahasiswa ITB pada sepanjang Januari 2023 ini yang terpampang di situs Direktorat Kemahasiswaan ITB.

  • Beasiswa Harbour Energy Female. Beasiswa ini diperuntukkan bagi perempuan muda yang sedang menempuh pendidikan tinggi di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, & Math). Khusus di ITB, beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswi yang tengah menempuh pendidikan di jurusan Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Geologi. Beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah dan biaya hidup selama 4 semester, plus kesemaptan melakukan magang/tesis di Harbour Energy. Pendaftaran dibuka via daring mulai 2 Januari 2023 hingga 20 Maret 2023. Persyaratannya diantaranya memiliki nilai IPK 2,75; diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu; masuk ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN.
  • Beasiswa Magister Northeastern University (NEU) of China. Beasiswa ini berasal dari kerjasama tripartit Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (CMMAI) dan Zhejiang Huayou Cobalt Co., Ltd of China (ZHC). Beasiswa ini ditujukan bgi sarjana yang hendak mengambil program pascasarjana di bidang metalurgi di Northeastern University of China (NEU), Cina. Durasi studi yagn dibiayai beasiswa ini untuk jangka waktu 3 tahun termasuk magang di perusahaan. Beasiswa yang disediakan pada tahun 2023 untuk 20 orang. periode pendaftaran beasiswa ini dibuka 1-30 Januari 2023. Adapun persyaratannya diantaranya berusia 20-35 tahun, mampu berbahasa asing yagn dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS atau HSK4, serta lulusan S1 jurusan Metalurgi, Kimia, Pengolahan Mineral, Mekanikal, Elektrikal, Teknik Geologi dan jurusan ilmu lainnya.
Editor: Redaksi

COMMENTS

//