• Cerita
  • KABAR DARI REDAKSI: Membeli Tote Bag, Mendukung Kerja Literasi di Tamansari

KABAR DARI REDAKSI: Membeli Tote Bag, Mendukung Kerja Literasi di Tamansari

Perpustakaan Literaksi didirikan di tanah penggusuran Tamansari, Kota Bandung. BandungBergerak.id menggalang kampanye untuk mendukung kerja literasasi ini.

BandungBergerak.id, berkolaborasi dengan Perpustakaan Literaksi, menggulirkan kampanye untuk menyokong kerja literasi di kawasan penggusuran Tamansari lewat penjualan tote bag. (Desain: Tofan Aditya/BandungBergerak.id)

Penulis Tim Redaksi13 Februari 2023


BandungBergerak.id – Sudah sejak awal bulan Februari 2023 ini BandungBergerak.id terlibat dalam kampanye menyokong kerja literasi yang dirintis oleh kawan-kawan yang aktif terlibat di isu penggusuran Tamansari. Kami membuka pemesanan tote bag atau tas jinjing berbahan kanvas.

Sebuah perpustakaan kolektif, yang dinamai Perpustakaan Literaksi, mulai dibuka untuk publik pada 28 Januari 2023, dan tentu saja masih membutuhkan banyak dukungan. Koleksi buku harus terus ditambah, rak kayu yang menampungnya juga perlu diupayakan.

Kehadiran perpustakaan di sebuah medan perjuangan adalah sebuah peristiwa mahapenting. Kerja literasi mampu menjadi motor gerakan menggaungkan suara akar rumput. BandungBergerak.id melihat semangat ini layak mendapatkan dukungan  dari warga secara lebih luas.

Tote bag yang dicetak dalam jumlah terbatas ini, dengan foto pintu rumah darurat Eva Eryani sebagai gambar utamanya, merupakan merchandise resmi kedua BandungBergerak.id. Tahun lalu, bersama kawan-kawan komuntas Rumah Bintang, kami mencetak dan menjual kaus dengan sebagian keuntungannya disumbangkan untuk kerja pendampingan anak-anak korban penggusuran di Anyer Dalam, Kota Bandung.

Kenapa kami melakukan kerja-kerja ‘kampanye’ seperti ini? Karena sejak awal BandungBergerak.id diniatkan lahir dan tumbuh di tengah komunitas. Karena kami percaya, kolaborasi seperti inilah yang akan membuat kerja lebih berdampak.

Silakan kawan-kawan dukung kerja literasi di Tamansari, sekaligus kerja jurnalistik BandungBergerak.id, dengan mengoleksi tote bag ini. Pemesanan dan pembelian bisa dilakukan dengan menghubungi KawanBergerak di nomor 082119425310  atau di akun Instagram @KawanBergerak.

Bergerak!  

Editor: Tri Joko Her Riadi

COMMENTS

//