• Cerita
  • KABAR DARI REDAKSI: Menerbitkan Zine BERGERAK! Vol. 2 tentang Dago Elos

KABAR DARI REDAKSI: Menerbitkan Zine BERGERAK! Vol. 2 tentang Dago Elos

Menepati janji, BandungBergerak.id menerbitkan zine kedua pekan ini. Kisah-kisah Dago Elos, yang memang penting, kami angkat kembali.

Sampul zine BERGERAK! Vol. 2 yang mengangkat kisah-kisah pada malam mencekam di Dago Elos, pertengahan Agustus 2023 lalu. (Ilustrasi: Bawana Helga Firmansyah)

Penulis Tim Redaksi28 September 2023


BandungBergerak.id – Pekan ini, menyelinap dalam semarak pesta perayaan hari ulang tahun Kota Bandung ke-213, kam menerbitkan Zine BERGERAK! Vol. 2. Dijuduli Di Malam Jahanam, kami mengangkat lagi kisah-kisah seputar malam jahanam di Dago Elos pada 14 Agustus 2023 lalu.

Jumlah edisi cetak zine ini sangat terbatas, terutama untuk dibagikan ke komunitas-komunitas. Kawan-kawan tetap dapat menikmatinya secara digital dengan mengakses tautan https://bit.ly/ZineBBVol2 untuk mengunduh dan https://bit.ly/ZineBBVol2_digital untuk membaca.

Bagi BandungBergerak.id, seperti tertulis dalam Pengantar zine volume kedua ini, Dago Elos adalah prioritas. Ratusan keluarga yang terancam kehilangan tanah dan rumah, harus dibela. Suara mereka harus didengarkan. Sebelum malam jahanam itu, sudah banyak cerita tentang Dago Elos yang kami kabarkan. Ada tulisan, foto, juga video.

Tentang malam jahanam itu sendiri, banyak hal bisa diceritakan. Yang tersaji di zine hanya sebagian saja. Tentang makian, tentang dobrakan. Tentang pentungan, tentang gas air mata. Tentang pukulan, tentang penangkapan. Tentang teror, tentang kengerian.

Di Elos, kita menyaksikan bagaimana aparat masih mendahulukan pendekatan fisik untuk menghadapi protes warga. Namun di Elos juga, kita belajar bahwa solidaritas terus tumbuh sebagai nilai utama yang mengawetkan perjuangan kolektif.

Bagi kami, BandungBergerak.id, apa yang terjadi di Dago Elos malam itu adalah sebuah ujian komitmen keberpihakan. Salah satu reporter kami turut menjadi korban kekerasan, tapi kerja harus ditunaikan. Sejak hari pertama, BandungBergerak.id ada untuk melayani warga, melayani audiens. Itu sudah.

Panjang umur perlawanan! Panjang umur hal-hal baik!

Editor: Tri Joko Her Riadi

COMMENTS

//