• Kampus
  • Meraih Peluang Beasiswa di Unpar dan Unpas

Meraih Peluang Beasiswa di Unpar dan Unpas

Program beasiswa membantu mahasiswa dalam menempuh studinya. Sumber program beasiswa berasal dari pemerintah maupun swasta.

Kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), salah satu kampus swasta di Bandung yang menyediakan beasiswa. (Sumber Foto: Unapar)

Penulis Iman Herdiana17 Juni 2022


BandungBergerak.idBeragam program beasiswa disediakan kampus-kampus swasta di Bandung, antara lain Universitas Katolok Parahyangan (Unpar) dan Universitas Pasundan (Unpas). Selain menyediakan beasiswa reguler, kedua kampus ini juga menjalin kerja sama dengan perusahaan dalam hal menjalankan program dana pendidikan ini.

Unpar, misalnya, yang bekerja sama dengan WINGS Group untuk menawarkan beasiswa. Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk sinergi antara lembaga perguruan tinggi dan industri.

Head of Talent Acquisition PT Sayap Mas Utama, Triscia Kurniawan mengatakan beasiswa yang diberikan merupakan salah satu pemberian dari WINGS’s Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat.

“Di mana ini bentuk refleksi dari komitmen perusahaan kami untuk build pipelines our future leader untuk perusahaan kita di Indonesia,” tuturnya, dikutip dari laman resmi Unpar, Jumat (17/6/2022).

Adapun skema beasiswa yang diberikan meliputi:

Pembayaran biaya pendidikan secara menyeluruh selama 4 semester.

Pemberian produk WINGS berupa kebutuhan sehari-hari secara masif setiap 3 bulan.

Jaminan posisi pada WINGS Group setelah lulus.

Memiliki peluang untuk mengeksplorasi kemampuan dengan menjadi WINGS.

Ambassador pada acara yang dilaksanakan di Universitas.

Lebih lanjut, syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi di antaranya:

Mahasiswa Program Studi Sarjana dalam Teknik Kimia/Teknik Industri/Teknologi.

Informasi/Sistem Informasi dengan IPK minimal 3.30.

Periode beasiswa dimulai dari semester 5 hingga 8.

Tidak dalam ikatan beasiswa dari institusi lain.

Aktif dalam kegiatan kampus atau ekstrakulikuler.

Penerima beasiswa yang telah lolos dari poin di atas akan maju pada tahap seleksi selanjutnya untuk pembuatan rekaman video, wawancara secara daring, dan tes psikologi secara daring.

Penawaran beasiswa tersebut sebagai tindak lanjut dari kerja sama yang telah disepakati sebelumnya dan merupakan salah satu rencana peningkatan kerja sama yang dilakukan Unpar sebagai bentuk pengembangan bidang pendidikan dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Baca Juga: Itenas Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru
Persyaratan, Jenis, dan Program Tebaru pada Seleksi Mandiri ITB 2022

Program Beasiswa Pendidikan BNI

Program beasiswa juga ditawarkan BNI kepada mahasiswa Unpas. Ada sebanyak 20 mahasiswa Unpas yang menerima beasiswa pendidikan dari BNI. Penyerahan beasiswa dilakukan di Mandala Saba Ir. H. Djuanda, Kampus II, Jalan Tamansari No 6-8, Kota Bandung, Rabu (15/6/2022).

Pemimpin BNI Kantor Cabang Utama Bandung Irwansyah Kasuma Putera menyampaikan, program beasiswa pendidikan BNI merupakan langkah awal untuk meningkatkan sinergi dan kemitraan dengan Unpas.

“Selain menyediakan layanan unggul dalam solusi keuangan, melalui kemitraan ini BNI juga siap membuka kesempatan magang dan seleksi khusus untuk rekrutmen pegawai,” jelasnya.

Dengan visi yang sama untuk memajukan pendidikan, tidak menutup kemungkinan Unpas dan BNI bakal mengembangkan proyek bersama ke depannya. “Kami sangat antusias untuk memupuk kerja sama selanjutnya supaya kontribusi kami semakin besar,” terangnya.

Wakil Rektor III Unpas Deden Ramdan berharap pemberian beasiswa pendidikan BNI akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya, sehingga kontribusi BNI untuk mendukung keberlanjutan studi mahasiswa Unpas dapat terus berjalan.

Para penerima beasiswa adalah representasi dari masing-masing fakultas. Mereka tercatat memiliki rekam jejak prestasi dan capaian akademik yang mumpuni. Beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa yang aktif di organisasi, seperti lembaga kemahasiswaan, UKM, hingga BEM.

“Total beasiswa yang diberikan sebesar 20 juta rupiah. Mudah-mudahan menjadi titik tolak untuk memacu dan memicu perbankan lainnya untuk memberikan CSR-nya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kampus berkepentingan untuk menjamin keberlangsungan perkuliahan mahasiswa. Untuk itu, beasiswa ini jadi stimulus sekaligus apresiasi bagi mahasiswa yang aktif di lingkup fakultas dan universitas.

“Kawan-kawan memegang tanggung jawab moral, yaitu menuntaskan kuliah tepat waktu, serta menjadi role model dan menyebarkan virus positif bagi mahasiswa lainnya,” jelasnya.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//