• Kampus
  • Unpad Buka Pendaftaran Jalur Mandiri

Unpad Buka Pendaftaran Jalur Mandiri

Pendaftaran jalur mandiri Unpad dibuka mulai Rabu (5/4/2021) hingga 3 Juni 2021.

Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. (Dok Humas Unpad)

Penulis Iman Herdiana5 Mei 2021


BandungBergerak.idUniversitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran mahasiswa baru program Sarjana Reguler Jalur Mandiri tahun akademik 2021/2022. Pendaftaran dibuka mulai Rabu (5/4/2021) hingga 3 Juni 2021 mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arief S. Kartasasmita mengatakan, persentase daya tampung Jalur Mandiri Unpad sekitar 40 persen dari total daya tampung Sarjana Reguler di Unpad. “Jalur Mandiri dibuat demi meningkatkan proses seleksi penerimaan yang lebih baik,” kata Arief S. Kartasasmita, dikutip dari laman resmi Unpad.

Ada tiga jenis seleksi pada Jalur Mandiri Unpad tahun ini. Antara lain, menggunakan nilai prestasi dan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), seleksi mandiri reguler, serta seleksi untuk kelas internasional.

Khusus untuk jalur prestasi dan UTBK, seleksi menggunakan data prestasi pendaftar dengan hasil UTBK. Nilai prestasi diambil dari nilai akademik dan prestasi siswa ataupun penghargaan yang diperoleh siswa di bidang keagamaan, sains, olahraga, dan seni. “Kita mengambil prestasi yang direkognisi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI,” kata Arief.

Data prestasi tersebut tetap disandingkan dengan nilai UTBK. Menurut Arief, nilai UTBK tetap menjadi standar minimum bagi lulusan untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi.

Untuk jalur mandiri reguler, lanjut Arief, seleksi kembali dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah seleksi yang murni menggunakan nilai UTBK. Kedua adalah seleksi menggunakan sistem ujian yang diselenggarakan Unpad.

Seleksi mandiri tersebut menggunakan semacam Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diselenggarakan secara daring. Pelaksanaan ujian akan digelar pada 15 Juli mendatang. “Kalau pendaftar ikut ujian mandiri, nanti dia tidak usah ikut UTBK, tetapi wajib upload rapor,” katanya.

Seleksi Jalur Mandiri Unpad terbuka bagi lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021. Sedangkan prosedur pendaftaran Jalur Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju;

2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi berupa nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat E-Mail, nomor ponsel, data kewarganegaraan (country of citizenship).

Pendaftar juga juga mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. Password diharapkan disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP.

3. Mengupload dokumen asli, meliputi ijazah SMA/MA/SMK/Paket C, pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga.

4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online;

Biaya pendaftaran jalur mandiri Unpad Rp 150.000. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali. Selain itu, peserta diwajibkan mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Akreditasi Telkom University

Sementara melalui siaran pers yang dikutip Rabu (5/5/2021), Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) mengumumkan surat surat keputusan No. 407/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 tahun 2021 yang menyatakan Telkom University meraih Akreditasi Unggul.

Berdasarkan peraturan BAN-PT nomor 1 tahun 2020, tentang mekanisme akreditasi, bahwa istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terakreditasi, untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

Akreditasi Unggul bagi universitas berarti dari sisi kualitas mampu melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia. Telkom University saat ini memiliki 37 program studi (Prodi) dari 7 fakultas, di mana 62,1 persen atau 23 prodi telah mengantongi akreditasi A, dan satu telah meraih Akreditasi Unggul. Sebanyak 59 persen atau 19 prodi di antaranya telah terakreditasi internasional oleh IABEE, ASIC dan ABEST 21.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//