• Berita
  • LBH Bandung Galang Dana Solidaritas untuk Buruh CV Sandang Sari

LBH Bandung Galang Dana Solidaritas untuk Buruh CV Sandang Sari

LBH Bandung membuka rekening solidaritas untuk buruh yang digugat ratusan juta rupiah karena menuntut pembayaran gaji dan THR.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung menggalang solidaritas untuk buruh CV Sandang Sari yang digugat ratusan juta. Penggalangan dana dilakukan melalui rekening dan kencleng/galon solidaritas. (Dok LBH Bandung)

Penulis Iman Herdiana25 Maret 2021


BandungBergerak.idKencleng solidaritas beredar di sela sidang Aan Aminah di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan Martadinata (Riau). Pengumpulan koin ini bergulir ke luar ruang sidang, merembet ke masyarakat umum, lalu bergema di media sosial.

Aan Aminah adalah Ketua Federasi Serikat Buruh Militan (F-Sebumi) yang dimejahijaukan perusahaan dengan tuduhan melakukan penganiayaan. Buruh CV Sandang Sari Bandung ini disangkakan dengan Pasal 351 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 2 tahun 8 bulan pada sidang perdana, Selasa 2 Maret 2021.

Selain Aan Aminah, ada 10 anggota F-Sebumi yang juga buruh CV Sandang Sari lainnya yang berjuang di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Bandung karena di-PHK sepihak, serta 198 buruh digugat perdata dengan nilai ganti rugi lebih dari Rp500 juta.

Kencleng solidaritas digerakkan untuk membantu meringankan beban buruh F-Sebumi yang berperkara hukum itu, termasuk untuk menggalang dana membayar gugatan. Para buruh berinisiatif mengumpulkan donasi bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung.

Jadi, kencleng tersebut bukan kencleng biasa. Kencleng ini media kampanye tentang perjuangan buruh yang diperkarakan karena menuntut hak-hak normatif mereka dari perusahaan.

Bentuk kencleng yang diedarkan berupa kardus bertuliskan “Penggalangan Donasi untuk Serikat Buruh CV Sandang Sari”. Ada juga kencleng dari galon air mineral yang tubuhnya ditempel tulisan serupa.

Kampanye dengan kencleng solidaritas diharapkan turut mengabarkan kepada masyarakat luas bahwa di negeri ini menuntut hak seperti gaji dan THR bisa kena masalah hukum. Seperti disampaikan Hery Pramono, Staf Riset dan Kampanye LBH Bandung. Dalam kasus ini, LBH Bandung sebagai kuasa hukum F-Sebumi.

Selain kencleng solidaritas, LBH Bandung dan F-Sebumi membuka rekening solidaritas untuk masyarakat yang mau menyumbang. Penggalangan dana ini mulai dibuka sejak Senin, 22 Maret 2021.

“Per hari ini Allhamdulillah kita masih membuka donasi dan yang bersolidaritas terus memberikan sumbangan,” kata Heri Pramono, saat dihubungi BandungBergerak.id, Rabu (24/3/2021) malam.

Dana hasil solidaritas baru terkumpul Rp 82.350.000. Rinciannya, Rekening Solidaritas LBH Bandung sebesar Rp 18.190.000, pengumpulan koin dari kencleng Rp 17.369.000, dan dana talangan LBH Bandung Rp 46.791.000.

Dana talang adalah dana yang dipinjam LBH Bandung dari lembaga mitra. Dana ini harus kelak harus dikembalikan.

Kata Heri, Rekening Solidaritas LBH Bandung mendapat resepons baik dari masyarakat. Pengumuman penggalangan dana ini juga menyebar di media sosial milik warga. Sehingga donatur berasal dari dalam dan luar Bandung. Diharapkan bantuan terus mengalir mengingat dana yang terkumpul masih jauh dari angka Rp500 juta.

Selain untuk kumpul-kumpul biaya gugatan, dana tersebut dipakai untuk membantu meringankan kehidupan ekonomi para buruh. Nasib buruh F-Sebumi ibarat sudah jatuh tertiban tangga. Mereka menuntut hak, dimejahijaukan, dan sebelumnya mereka lebih dulu terdampak secara ekonomi oleh pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

“Pengumpulan koin sebagai respons F-Sebumi di tengah kondisi perburuhan lagi kayak gini. Belum lagi dampak COVID, buruh ga tahu lagi cari nafkah di mana sehingga mereka menggalang koin untuk bisa bayar perkara,” kata Heri.

LBH Bandung tidak melihat berapa besaran donasi yang diberikan masyarakat, melainkan ada hal lain yang mengkhawatirkan bagi kondisi perburuhan. Menurutnya, perusahaan lain bisa saja melakukan gugatan serupa kepada buruh-buruh yang menuntut hak-hak mereka.

Gugatan perdata yang menuntut ganti rugi kepada buruh terbilang baru bagi perburuhan di Indonesia. Langkah gugatan oleh perusahaan ini bisa menjadi alat untuk menggembosi gerakan buruh.

“Maka kita harus terus kampanye agar hal ini tidak terjadi pada buruh lain. Jadi kasus yang menimpa buruh F-Sebumi membutuhkan dukungan publik,” katanya.

Heri berharap semakin banyak masyarakat yang bersolidaritas terhadap masalah buruh. Solidaritas menjadi momen bagi rakyat untuk bersatu dan kuat. Terlebih rakyat saat ini sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang juga memerlukan solidaritas.

Solidaritas bahkan bisa menjadi obat bagi orang yang terkena masalah. “Solidaritas ini vaksin terbaik. Vaksin terbaik itu solidaritas,” tandas Heri.

Nomor Rekening Solidaritas

LBH Bandung mengunggah pengumuman penggalangan dana solidaritas untuk buruh F-Sebumi melalui Instagram resminya, @lbhbandung. LBH Bandung - F-Sebumi mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat yang telah menjawab panggilan solidaritas ini. Solidaritas masih terbuka melalui Nomor Rekening BNI 2867786887 a.n Lembaga Bantuan Hukum Bandung.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//