• Kampus
  • Tiga Kampus di Bandung Menyediakan Program Beasiswa KSE

Tiga Kampus di Bandung Menyediakan Program Beasiswa KSE

Kampus negeri di Bandung penyelenggara Beasiswa KSE adalah UPI, Unpad, dan ITB. Beasiswa KSE terdiri dari empat program beasiswa.

Poster pembukaan Program Beasiswa KSE 2023/2024. (Sumber: Laman Resmi KSE)

Penulis Iman Herdiana24 Maret 2023


BandungBergerak.idYayasan Karya Salemba Empat setiap tahunnya membuka kesempatan kepada para mahasiswa untuk ikut serta dalam program beasiswa KSE, begitu juga dengan periode tahun ini, 2023/2024. Beasiswa KSE merupakan tunjangan belajar kepada mahasiswa S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester dua.

Di Bandung, ada tiga kampus yang menyelenggarakan program beasiswa KSE, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Total kampus negeri di Indonesia yang menyelenggarakan program beasiswa KSE ada 35 perguruan tinggi negeri.

Kapan Program Beasiswa KSE Dibuka?

Pendaftaran beasiswa KSE telah dibuka sejak 22 Februari dan dilakukan secara online. Pendaftaran akan berlangsung sampai 1 Mei 2023. Pengumuman seleksi akan disampaikan 20 Juni 2023. Setiap kampus penyelenggara beasiswa KSE memiliki jadwal pendaftaran masing-masing. Lengkapnya bisa diklik di laman beasiswa KSE ini. 

Persyaratan Pendaftar Beasiswa KSE

1. Upload Dokumen yang dibutuhkan pada www.beasiswa.or.id.

2. Lengkapi semua Data pada www.beasiswa.or.id.

3. Registran Wajib membuat Vlog dengan syarat dan ketentuan:

Video tentang Perkenalan diri, latar belakang keluarga/kehidupan dan kenapa saya membutuhkan dan memilih beasiswa KSE.

Video berdurasi 1 – 2 menit.

Video diunggah (uploaded) di Google Drive pada email masing-masing.

Link video dibagikan (shared) di sistem online KSE (beasiswa.or.id) pada masing-masing akun pada saat pengisian data Registrasi Online KSE.

Video tidak boleh di hapus.

Tata cara registrasi online dapat dilihat di sini.

Baca Juga: Kesempatan Mengikuti Program Beasiswa Prestasi 2023 di Kampus Negeri maupun Swasta, Simak di Sini
Unpad Memberangkatkan 13 Mahasiswa untuk Mengikuti Program Magang ke Jepang
Pendaftaran Mahasiswa Baru S2 dan S3 Unpar Dibuka, Empat Jalur Beasiswa Disiapkan

Persyaratan Penerima Beasiswa KSE

1. Mahasiswa yang bersangkutan belum menikah

2. Mahasiswa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari fakultas, universitas, lembaga atau pihak ketiga lain.

3. Beasiswa diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup sebesar Rp.750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan nya.

4. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan kedinasan atau apapun terhadap mahasiswa penerima maupun pihak Kampus.

Program Utama Beasiswa KSE

Reguler Scholarship. Pemberian bantuan finansial kepada mahasiswa yang membutuhkan berupa bantuan kebutuhan hidup, buku, internet, dan lainnya.

Entrepreneur Academy. Mempersiapkan pengusaha muda dalam memabgnun bisnis mereka berupa beasiswa reguler plus pelatihan kewirausahaan, serta bantuan bisnis dan monitoring.

Achievment Scholarship. Pengembangan kompetensi mahasiswa unggul dalam mengembangkan kemampuan diri, profesional, dan akademik. Program ini berupa beasiswa reguler ditambah bantuan SPP dan tugas akhir, pembinaan, pendampingan, dan pengembangan softskill.

Technology for Indonesia. Mempersiapkan dan mendorong peserta program untuk menjadi technopreneur muda. Program ini berupa beasiswa reguler ditambah fasilitas untuk mendapatkan pelaksanaan atau implementasi penelitian kepada masyarakat.  

Editor: Redaksi

COMMENTS

//