• Kampus
  • Penawaran Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2023/2024 untuk Mahasiswa Unpad

Penawaran Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2023/2024 untuk Mahasiswa Unpad

Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa D3 dan D4/S1 berupa biaya hidup. Penerima beasiswa juga bisa mengikuti program pengembangan kapasitas diri.

Universitas Padjadjaran (Unpad), Jalan Dipatiukur, Bandung, Juli 2022. Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung. (Foto: Choirul Nurahman/BandungBergerak.id)

Penulis Ahmad Fikri6 Februari 2023


BandungBergerak.id – Lembaga Van Deventer-Maas Indonesia membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa Universitas Padjadjaran. Beasiswa tersebut bisa ditujukan bagi mahasiswa D3 dan D4/S1 di universitas tersebut.

Beasiswa yang disediakan berupa biaya untuk hidup sehari-hari sebesar Rp 750 ribu setiap bulan. Biaya hidup tersebut bisa diperoleh untuk mahasiswa D3 bisa hingga 6 semester. Sementara untuk mahasiswa D4/S1 bisa mendapatkannya hingga 8 semester.

Van Deventer-Maas Indonesia juga memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa untuk mengikuti salah satu program peningkatan kapasitas diri yang disediakan gratis. Program tersebut di antaranya Workshop Kepemimpinan, Pertemuan Regional, serta Menulis Kreatif.

Penerima beasiswa tersebut juga bisa menerima sejumlah bonus dari yayasan. Di antaranya bonus untuk ujian TOEFL, serta bonus bagi mahasiswa yang lulus tepat waktu.

Proses registrasi bagi peminat beasiswa dilakukan via daring. Pendaftaran beasiswa dibuka mulai 10 Februari 2023 dan ditutup pada 10 Maret 2023.

Adapun syaratnya di antaranya tidak mampu secara finansial yang dinyatakan dalam Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), IPK minimal 3, berusia kurang dari 27 tahun, dan sedang tidak menerima beassiwa lainnya.

Informasi beasiswa tersbut bisa di akses di laman ini. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa tersebut bisa dilihat di situs Van Deventer-Maas Indonesia.

Baca Juga: Universitas Islam Bandung Sudah Membuka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru
Ini Program Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Unpar Bandung Tahun 2023
Mahasiswa ITB yang Mencari Beasiswa Wajib Kunjungi Laman ini

Van Deventer-Maas Indonesia

Dikutip dari situs Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI), lembaga tersebut saat ini  menyediakan hingga 1.000 beasiswa setiap tahunnya untuk anak muda dari latar belakang sederhana yang tersebar di 35 perguruan tinggi di Indonesia. Lembaga terseut juga menyediakan kursus singkat bagi penerima beasiswa untuk meningkatkan soft skill terkait kemampuan pribadi, sosial, serta intelektual.

VDMI terafiliasi dengan Yayasan Van Deventer-Mass yang berdiri tahun 1947. Yayasan tersebut didirikan oleh mantan anggota Parlemen Belanda Conrad T van Deventer dan istrinya, Elisabeth M Maas. Van Deventer adalah anggota parlemen Belanda sekaligus penyokong utama politik etis di zaman Hindia Belanda. Pasangan suami istri tersebut sangat terpengaruh oleh perjuangan RA Kartini, hingga keduanya mendirikan sejumlah yayasan untuk mempromosikan pendidikan bagi orang Indonesia. Belakangan yayasan-yayasan tersebut disatukan dalam lembaga Van Deventer-Maas Stichting.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//