• Narasi
  • ESAI TERPILIH JANUARI 2023: Mengkritik Perpu Cipta Kerja, Mengenang Djuanda Kartawidjadja

ESAI TERPILIH JANUARI 2023: Mengkritik Perpu Cipta Kerja, Mengenang Djuanda Kartawidjadja

Ada dua esai terpilih bulan Januari 2023. Yang pertama memuat kritik tentang penerbitan Perpu Cipta Kerja, yang kedua mengisahkan sosok Djuana Kartawidjaja.

Tim Redaksi

Awak Redaksi BandungBergerak.id

Dua esai terpilih bulan Januari 2023 masing-masing memuat kritik tentang Perpu Cipta Kerja dan kisah tentang seorang Djuanda Kartawidjaja. (Foto dan desain: Virliya Putricantika/BandungBergerak.id)

8 Februari 2023


BandungBergerak.id – Di sepanjang bulan Januari 2023, puluhan esai membanjiri redaksi BandungBergerak.id. Sebagian besar datang dari kawan-kawan mahasiswa. Kami berterima kasih untuk kepercayaan ini. BandungBergerak.id sejak awal hendak menjadi wadah bagi pertukaran gagasan secara sehat.

Seperti sudah-sudah, ada dua esai terpilih yang kami umumkan. Esai pertama menyajikan kritik tajam terhadap keputusan pemerintah menerbitkan Perpu Cipta Kerja. Kawan-kawan bisa membacanya ulang di tautan ini.

Esai berjudul “Demokrasi, Kedaruratan, dan Perpu” ini merupakan tipikal esai opini yang secara kritis membahas isu atau masalah di tengah masyarakat. Kami berharap bisa menerima semakin banyak esai jenis ini. Budaya kritik harus terus tumbuh dan menjadi bagian wajar dari kehidupan berdemokrasi kita.

Nantikan program terbaru BB yang bergulir mulai pekan depan ya! Kami akan menyediakan tempat khusus bagi esai-esai opini kritis yang ditulisi oleh kawan-kawan mahasiswa.

Esai terpilih kedua, berjudul “Djuanda Kartawidjaja, Perdana Menteri Terakhir dan Terlama dalam Sejarah” merupakan jenis berbeda. Ini adalah esai naratif sejarah yang banyak juga terbit di situs web BandungBergerak.id. Betul belaka kita, orang-orang Bandung, gemar sekali akan sejarah. Kawan-kawan bisa membaca lagi tulisan tersebut di tautan ini.

BandungBergerak.id akan menghubungi kedua penulis esai terpilih untuk mengatur pengiriman sertifikat dan kenang-kenangan. Seluruh biaya pengiriman ditanggung oleh BB. Atau bisa juga silakan para penulis esai terpilih berinisiatif menghubungi akun Instagram KawanBergerak atau nomor telepon 082119425310.

Selamat untuk dua kawan penulis! Kami menunggu kiriman esai-esai bermutu dari kawan-kawan semua. Mari bercerita! 

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//