Para jemaah melakukan foto setelah melaksanakan salat tarawih Ramadan di Masjid Al Jabbar, Senin, 11 Maret 2024. (Foto: Ryamizar Hutasuhut/BandungBergerak.id)

Rumah Ibadah di Tengah Pusaran Komodifikasi Agama

PENULIS

Ibn Ghifarie


Dinamika yang berlangsung dalam komodifikasi agama menunjukkan daya tarik agama sebagai obyek budaya berakar dalam imaji diri yang lazim pada masyarakat konsumen.


MAHASISWA BERSUARA: Generasi Z dalam Rintangan Culture Shock Dunia Kerja

Penulis

Alif Safikri


Generasi Z tumbuh dalam era teknologi digital yang cepat dan serba instan. Kontras dengan lingkungan kerja yang terstruktur dan formal.

BUNGA DI TEMBOK: Indonesia dalam Buku Jurnalistik 1929


Buku saku Pengatahoean tentang Journalistiek laris dibeli orang. Meyakini bahwa kerja jurnalisme amat dekat dengan pergerakan.

Kala Fleksibilitas Kerja dan Upah Murah Menopang Industri Clothing Kota Bandung

Penulis

Azis


Praktik pengaturan kerja secara fleksibel dan upah murah menopang industri fesyen di Kota Bandung. Menjadikan posisi pekerja menjadi rentan.

ESAI TERPILIH MARET 2024: Dari Konser Bandung Symphony Orchestra hingga Pesta Demokrasi Tanpa Etika Lingkungan Hidup

Penulis

Tim Redaksi


Tiga Esai Terpilih Maret 2024 mengulas tiga topik menarik, mulai konser musik orchestra, kritik terhadap kampus sebagai lembaga komersil, hingga sampah pemilu 2024.

TELUSUR SEJARAH LEMBANG: Kisah Cinta Romantis Giuseppe Ursone dan Anna Carolina van Dijk

Penulis

Malia Nur Alifa


Para mandor bercerita bagaimana Giuseppe Ursone yang tegas dan tak kenal basa-basi berjalan mondar-mandir dengan wajah gugup. Sang juragan sedang jatuh cinta!

Mencari Sosok Kepala Daerah yang Layak

Penulis

M Hakim


Memilih pemimpin dalam pilkada artinya memilih delegasi. Di situ ada tarung akal yang metodis. Bukan tarung akal-akalan, apalagi tarung ketampanan dan kecantikan.

Surat buat Rengginang di Kaleng Khong Guan

Penulis

Tofan Aditya


Kita harus melawan kalau tidak mau ditindas negara. Saya yakin para camilan lain juga akan sepakat.

Mungkinkah Bahasa Sunda Punah?

Penulis

Rifkia Ali


Hasil sensus dari tahun 2010 ke 2020 menunjukkan penutur bahasa Sunda mengalami penurunan sebanyak 2 juta. Setiap tahun berkurang 200 ribu penutur.

Bencana Alam, Perubahan Iklim, dan Jejak Hutan Tropis Bandung

Penulis

Johan Arif


Pembalakan hutan (deforestasi) dianggap sebagai faktor penyumbang terjadinya perubahan iklim. Memicu berbagai bencana alam dan penyakit endemik.

Lihat Semua
//