Menulislah bersama kami dengan mengirimkan esai ke bandungbergerak.id@gmail.com. Simak informasi lengkapnya di sini.

H.O.S Tjokroaminoto dari buku Bunga Rampai dari Sejarah I Karya Mohamad Roem. Tjokroaminoto bersama M.H. Mhd. Mansoer menjadi utusan umat Islam Hindia Belanda untuk pergi ke Hejaz, Arab Saudi, terkait perhelatan umat muslim di seluruh dunia. (Foto repro: Hafidz Azhar)

PERSATUAN ISLAM DI MASA HINDIA BELANDA #6: Kantor Persis Menjadi Tuan Rumah Sidang Kongres Al-Islam Hindia

PENULIS

Hafidz Azhar


Setelah sidang tiga hari di Bandung, forum menetapkan H.O.S. Tjokroaminoto dan M.H. Mhd. Mansoer pergi menuju Hejaz, Arab Saudi.


GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #32: Gunung Puntang Banjaran, dengan Bumi Perkemahan Alami di bawah Puncak Mega dan Curug Siliwangi

Penulis

Gan Gan Jatnika


Gunung Puntang Banjaran menyajikan paket wisata lengkap: bumi perkemahan, air terjun, kompleks bersejarah, dan puncak yang memikat. Jangan lupa: Kopi Gulali.

NGULIK BANDUNG: Maison Bogerijen, Pemasok Resmi Makanan Bagi Ratu Belanda di Bandung #2


Pemindahan lokasi restoran ke jalan utama Bragaweg ternyata keputusan yang tepat. Tidak hanya banyak dikunjungi pelanggan, namun juga dilirik Sang Ratu Belanda!

PAYUNG HITAM #4: Muhammad, Maria, dan Hal-hal di Antaranya

Penulis

Meg


Jika alat-alat pemerintah memang sebegitu pedulinya dengan kasus-kasus yang berbau keagamaan, ada segunung kasus yang lebih genting daripada iklan miras.

Ingatan Masa Kecil 1965-1970 (64-Habis): Bernyanyi Sambil Menggoyang-goyangkan Badan

Penulis

T. Bachtiar


Setiap Sabtu siang, para murid bergiliran satu per satu menyanyikan lagu di depan kelas. Kebanyakan bertema kebersihan. Ada yang senang, ada yang tegang.

SUARA SETARA: Beban Berlipat Perempuan dalam Setiap Penggusuran


Dalam setiap penggusuran, perempuan harus memikul beban yang berlipat-lipat beratnya. Korban pembangunan yang coraknya masih sangat maskulin dan nonpartisipatif.

NGULIK BANDUNG: Maison Bogerijen, Restoran Kerajaan Belanda di Jalan Braga #1


Perang Dunia 1 mempengaruhi ekonomi dunia, tak terkecuali Hindia Belanda. Leendert van Bogerijen justru melihat peluang di Jalan Braga.

PAYUNG HITAM #3: Pendidikan Kita Baik-Baik Saja, Kok (?)

Penulis

Aoelia M.


Hari ini, bisa jadi kamu, atau temanmu, atau kerabatmu, yang berhadapan dengan pemberangusan.

Ingatan Masa Kecil 1965-1970 (63): Penggaris, Jangka, Mistar, dan Semua Perlengkapan Sekolah dari Kayu

Penulis

T. Bachtiar


Semua perlengkapan sekolah, mulai dari penggaris hingga jangka, terbuat dari kayu. Juga mistar yang digunakan oleh para murid berlatih lompat tinggi.

SURAT DARI TAIWAN #7: Yang Bekerja, Yang Berkarya: Maria Chullun

Penulis

Irfan Muhammad


Maria Chullun, seorang asisten rumah tangga yang sudah delapan tahun tinggal di Taiwan, produktif menghasilkan lagu. Berkarya untuk diingat anak cucunya kelak.

Lihat Semua