Menulislah bersama kami dengan mengirimkan esai ke bandungbergerak.id@gmail.com. Simak informasi lengkapnya di sini.

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu merupakan satu dari dua kawah kembar yang selalu memancing rasa ingin tahu pengunjung. (Sumber foto: dokumentasi Djiwadjaman)

NGULIK BANDUNG: Jalan Gunung Tangkuban Parahu dan Cerita-cerita di Baliknya (1)


Saat ini kita mengenal Tangkuban Parahu sebagai gunung dengan akses jalan sangat mudah hingga ke puncaknya. Beda dengan zaman dulu: berbahaya dan makan korban jiwa.


NGALEUT BANDUNG: Mengenal Kartel Preanger Planters (1)

Penulis

Alex Ari


Kisah sukses preanger planters, atau juragan perkebunan, di Priangan era kolonial Hindia Belanda tidak lepas dari kuatnya hubungan kekerabatan yang terorganisasi.

Ingatan Masa Kecil 1965-1970 (24): Mandiri dalam Peralatan Rumah Tangga dan Pertanian

Penulis

T. Bachtiar


Hingga akhir 1960-an para tukang sanggup mencukupi kebutuhan warga di Pameungpeuk, Garut. Serbuan peralatan dari luar mulai awal 1970-an menyingkirkan peran mereka.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (6): Stasiun Andir

Penulis

Atep Kurnia


Stasiun Andir dibuka pertama kali pada 20 Februari 1899. Berperan penting dalam pengembangan kawasan, mulai dari urusan kopi, pasar, hingga lapangan terbang.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA (1): Gunung Manglayang, Berkah Kesucian dan Keindahan yang Menjulang di Bandung Timur

Penulis

Gan Gan Jatnika


Menjulang di Bandung timur, Gunung Manglayang menyajikan keindahan dan kesucian. Kawasan ini juga memberi berkah air bersih bagi banyak warga di cekungan Bandung.

MEMORABILIA BUKU (9): Pameran Buku di Landmark Bandung sejak 2003 sampai Dihentikan Pandemi

Penulis

Deni Rachman


Tak disangka ketika awalnya datang ke pameran buku hanya sekadar pengunjung, kini malah turut ambil bagian menjadi pendagang buku.

JEJAK KAUM NASIONALIS DI BANDUNG (1): Bermula dari Studieclub Bandung

Penulis

Hafidz Azhar


Studieclub Bandung sejak awal memilih prinsip nonkooperatif terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda. Menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia (PNI).

NGULIK BANDUNG: Jejak Bangsa Boer di Lembang (2)

Penulis

Ahmad Fikri


Mimpi membangun koloni pertanian ala desa Eropa kandas. Namun, ekspemerin ini telah mengenalkan Lembang pada beragam tanaman holtikultura dan sapi perah.

Ingatan Masa Kecil 1965-1970 (23): Berendam di Ci Palebuh sebelum Disunat

Penulis

T. Bachtiar


Di kampung, sunat terasa sangat menyenangkan. Dihadiahi baju dan sarung baru, disuguhi bakakak ayam bakar dan masakan lain, serta diberi uang oleh para tetangga.

NGALEUT BANDUNG: Elegi Jenny di Perkebunan Gambung

Penulis

Alex Ari


Jenny Elisabeth Henriette Roosegarde Bisschop, menyaksikan jatuh bangun bisnis perkebunan milik suaminya, R. E. Kerkhoven, di Gambung. Hidupnya berakhir tragis.

Lihat Semua