Mesin keruk di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (19/2/2021). Jumlah sampah yang dibuang dari wilayah Bandung Raya dan Cimahi sebesar 2.000 ton per hari, sementara daya tampung TPSA Sarimukti hanya 1.200 ton per hari. (Foto: Prima Mulia)

Pemkot Bandung Jangan Kelola Sampah jadi Batubara RDF

Penulis Iman Herdiana18 Juni 2021

Batubara RDF dari sampah berpotensi meracuni udara Kota Bandung. Pemkot diminta memaksimalkan program Kang Pisman yang sudah jalan.


Walhi Jabar Ingatkan Pentingnya Dialog dalam Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu

Penulis Iman Herdiana16 Juni 2021

Pembangunan Tol Cisumdawu yang digagas sejak 2005 ini masih menghadapi sejumlah kendala lingkungan maupun sosial.

Banyak Jalan Mengharumkan Citarum

Penulis Iman Herdiana13 Juni 2021

Sebelum program Citarum Harum, ada program Citarum Bergetar, lalu Citarum Bestari dengan fokus pengentasan pencemaran air agar air Sungai Citarum bisa diminum.

Kekeringan Ancam Jawa Barat

Penulis Iman Herdiana10 Juni 2021

Bencana-bencana ini sebagian penyebabnya adalah ulah manusia itu sendiri. Ada juga bencana yang dipicu kebijakan alih fungsi lahan,

Kelapa Sawit Sebagai Lumbung Energi Terbarukan

Penulis Iman Herdiana8 Juni 2021

Keuntungan menggiurkan di balik sawit, terdapat sisi gelap di bidang lingkungan. Kerusakan lingkungan akibat perkebunan sawit getol disuarakan Walhi Indonesia.

Sampah Kota Bandung: dari Ratusan Juta Rupiah Ongkos Angkut sampai Tusuk Sate Maut

Penulis Iman Herdiana22 Mei 2021

Sampah yang tak dipilah di rumah menjadi ancaman mematikan bagi para petugas kebersihan. Sudah ada korban petugas sampah yang tewas karena tusuk sate.

Insinerator Cara Paling Akhir untuk Musnahkan Sampah Medis B3

Penulis Iman Herdiana24 April 2021

Sampah plastik yang tak bisa lagi diolah berpotensi menimbulkan cemaran mikroplastik. Langkah paling bijak ialah mengurangi produksi sampah di lingkup individu.

Bahaya Tungku Pembakaran Limbah Medis Covid-19

Penulis Iman Herdiana23 April 2021

Dioksin berpotensi mencemari air, tanah, dan udara. Dioksin merupakan zat yang bisa menyebabkan kanker jika mengkontaminasi manusia dalam jangka panjang.

Hari Bumi di Bandung Diperingati Walhi Jabar, Pemudi, dan Tarian

Penulis Emi La Palau22 April 2021

Komunitas Bongkeng Arts Space Bandung menyuarakan krisis iklim lewat tarian. Dengan konsep tarian selama 7 jam tanpa henti yang dilakukan 7 orang penari.

Jabar Hadapi Krisis Petani Muda dan Tantangan Teknologi

Penulis Iman Herdiana12 April 2021

Program petani miilenial menghadapi fakta tidak mudah. Sudah lama Indonesia, khususnya Jabar, menghadapi krisis regenerasi petani muda.

Lihat Semua