Ilustrasi dunia kekinian yang terpusat serba digital dan dipengaruhi media sosial. (Ilustrator: Bawana Helga Firmansyah/BandungBergerak.id)

MAHASISWA BERSUARA: Generasi Z dalam Rintangan Culture Shock Dunia Kerja

PENULIS

Alif Safikri


Generasi Z tumbuh dalam era teknologi digital yang cepat dan serba instan. Kontras dengan lingkungan kerja yang terstruktur dan formal.


Mencari Sosok Kepala Daerah yang Layak

Penulis

M Hakim


Memilih pemimpin dalam pilkada artinya memilih delegasi. Di situ ada tarung akal yang metodis. Bukan tarung akal-akalan, apalagi tarung ketampanan dan kecantikan.

Surat buat Rengginang di Kaleng Khong Guan

Penulis

Tofan Aditya


Kita harus melawan kalau tidak mau ditindas negara. Saya yakin para camilan lain juga akan sepakat.

Mungkinkah Bahasa Sunda Punah?

Penulis

Rifkia Ali


Hasil sensus dari tahun 2010 ke 2020 menunjukkan penutur bahasa Sunda mengalami penurunan sebanyak 2 juta. Setiap tahun berkurang 200 ribu penutur.

Bencana Alam, Perubahan Iklim, dan Jejak Hutan Tropis Bandung

Penulis

Johan Arif


Pembalakan hutan (deforestasi) dianggap sebagai faktor penyumbang terjadinya perubahan iklim. Memicu berbagai bencana alam dan penyakit endemik.

Bandung Heurin Ku Tangtung, Kemacetan Tanpa Solusi?

Penulis

Fanny S. Alam


Ramalan Bandung lumpuh karena macet total tahun 2037 bisa jadi kenyataan melihat situasi sekarang. Sistem transportasi umum terintegrasi sudah tak dapat ditawar.

MAHASISWA BERSUARA: Berjuang Lewat Sepak Bola


Protes suporter sepak bola pada sejumlah persoalan dan tragedi kemanusiaan membantu merawat ingatan kita terhadap konflik yang sedang ataupun telah berlangsung.

NONTON FILM: Dune, Ketika Masyarakat Menjadi Komoditas Bagi Duet Maut Kekuasaan dan Agama


Film Dune menunjukkan bagaimana agama dan kekuasaan bersekongkol menumpahkan darah rakyat yang terlanjut meyakini kepercayaan yang sudah tercemar.

Politik Dagang Sapi, Kompromi Elite Vs. Kepentingan Rakyat


Politik dagang sapi sebagai kompromi para elite dengan membagi-bagi kue kekuasaan dapat berimplikasi buruk pada rakyat. Menyuburkan korupsi dan politik uang.

MAHASISWA BERSUARA: Komersialisasi Kampus, antara Tekanan Finansial dan Kerusakan Intelektual

Penulis

Alif Safikri


Universitas sering terpaksa mengadopsi model bisnis korporat untuk mencari pendanaan tambahan di tengah terbatasnya dana publik. Mengarah pada komersialisasi kampus.

Lihat Semua
//