Menulislah bersama kami dengan mengirimkan esai ke bandungbergerak.id@gmail.com. Simak informasi lengkapnya di sini.

Seorang pemulung mencari sampah plastik di muara Sungai Cipamokolan, Bandung, Jawa Barat, 17 Oktober 2021. Saat musim hujan sungai-sungai kembali jadi tempat pembuangan sampah dan limbah industri. (Foto: Prima Mulia/BandungBergerak.id)

Plastik Ramah Lingkungan Bisa Jadi Bukan Solusi

PENULIS

Maureen Audrey


Plastik biodegradable sering disebut plastik ramah lingkungan. Namun solusi terbaik untuk permasalahan ini adalah mengurangi penggunaan plastik itu sendiri.


Terancamnya Nasib Hak Ulayat Masyarakat Adat Indonesia


Peraturan-peraturan baru yang meminggirkan hukum adat (hak ulayat) Indonesia kini terbukti menimbulkan banyak konflik antara masyarakat adat dan investor.

Menjadi Seorang Nonbiner di Indonesia


Di Indonesia, sangat beken bagi semua orang untuk mendengar kalimat bahwa laki-laki harus bergaya seperti laki-laki atau perempuan harus bergaya seperti perempuan.

Harapan dan Peluang Kebangkitan Ekonomi Indonesia Setelah Dilanda Pandemi


Pandemi memukul para pelaku usaha mikro. Dari 64,19 juta pengusaha yang ada di Indonesia, 64,14 juta atau 99,92 persen di antaranya adalah pelaku usaha mikro.

Mencegah Ekspor Benih Lobster dengan Merangkul Nelayan


Kurangnya upaya preventif ini dapat kita lihat dari hasil penelitian di mana banyak nelayan tidak mengetahui alasan larangan ekspor benih lobster.

Jalan Trans Papua Harus Menciptakan Pemerataan Ekonomi Rakyat

Penulis

Lintang Johar


Setiap pembangunan ada konsekuensinya. Aktivitas pembangunan permukiman, perkebunan, dan pertanian baru dapat merusak flora serta fauna di Papua.

Korupsi, Warisan Belanda yang Masih Lestari hingga Kini


Bermain anggaran sudah dilakukan sejak zaman kolonial Belanda. Mereka sering memperbesar anggaran, menerima suap dari kolega perusahaan.

Mengapa Transgender di Indonesia masih Terus Didiskriminasi?


Terdapat studi kasus bahwa masih terdapat Peraturan Daerah yang diskriminatif terhadap kelompok minoritas seksual.

Geopolimer sebagai Bahan Dasar Beton untuk Masa Depan yang Berkelanjutan


Beton geopolimer yang berdampak rendah pada lingkungan namun berkinerja tinggi merupakan salah satu solusi bagi sektor konstruksi yang ramah lingkungan.

Penyelesaian Hak Anak yang Ditelantarkan Orang Tua Pascaperceraian

Penulis

Shakila Felicia


Setiap anak baik yang masih berada dalam sebuah rumah tangga maupun yang tidak, tetap mendapat hak yang sama. Mereka tetap harus mendapat kasih sayang.

Lihat Semua