• Pemerintah
  • Data Volume Sampah Plastik Harian di Kota Bandung 2008-2021: Plastik Masih Jadi Kontributor Utama Masalah Sampah

Data Volume Sampah Plastik Harian di Kota Bandung 2008-2021: Plastik Masih Jadi Kontributor Utama Masalah Sampah

Sepanjang tahun 2021 Kota Bandung dalam satu harinya rata-rata menghasilkan sekitar 304,073 ton sampah plastik.

Penulis Reza Khoerul Iman11 Februari 2023


BandungBergerak.id – Kota Bandung selama bertahun-tahun telah menghadapi persoalan sampah yang tak henti-hentinya tuntas. Salah satu kontributor utama dalam masalah sampah adalah sampah plastik.

Menurut data terbaru yang diterbitkan dalam dokumen Bandung dalam Angka, volume harian sampah plastik di Kota Bandung pada tahun 2021 terdapat sebanyak 276,43 meter kubik per hari. Artinya rata-rata dalam sehari Kota Bandung menghasilkan sekitar 304,073 ton sampah plastik.

Memang dalam kurun lima tahun terakhir volume harian sampah plastik di Kota Bandung selalu menyentuh angka yang tinggi, yaitu berada di atas 200 meter kubik per hari.

Pada tahun 2012, jumlah volume harian sampah plastik di Kota Bandung mencapai angka tertingginya, yaitu mencapai sebanyak 396,6 meter kubik. Jumlah tersebut apabila dianalogikan hampir setara dengan 33 truk compactor yang masing-masing berkapasitas angkut 12 meter kubik.

Sementara angka terendah volume harian sampah plastik di Kota Bandung terdapat pada tahun 2016 dengan jumlah 28,8 meter kubik. Namun pada tahun-tahun berikutnya terus meningkat drastis.

Baca Juga: Data Produksi Sampah Harian Berdasarkan Jenisnya di Kota Bandung 2009-2021: Sampah Sisa Makanan Jadi Penyumbang Terbesar
Data Jumlah Penyakit Campak di Kota Bandung 2010-2022: Meningkat Lagi
Data Jumlah Kriminalitas di Kota Bandung 2003-2021: Dalam Setahun tidak Pernah Kurang dari 2.000 Kasus Kejahatan
Data Upah Minimum Kota Bandung 2002-2023: Tren Kenaikan dalam Bayang-bayang Unjuk Rasa Buruh

Masalah sampah plastik di Kota Bandung tidak bisa dipisahkan dari pertumbuhan penduduk dan peningkatan aktivitas ekonomi. Kota yang semakin padat penduduknya dan aktivitas ekonomi yang semakin berkembang, membutuhkan solusi yang lebih efektif dan komprehensif untuk mengatasi masalah sampah plastik.

Penting untuk diingat bahwa masalah sampah plastik di Kota Bandung bukanlah masalah yang dapat dikatakan selesai dalam waktu singkat. Ini adalah masalah yang kompleks dan memerlukan kerja sama dari semua pihak, terutama bagi pemerintah. Tanpa kerja sama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, Kota Bandung akan terus berjuang untuk mengatasi masalah sampah plastik.

Dengan mengatasi masalah sampah plastik, Kota Bandung dapat menjadi kota yang lebih hijau dan sehat bagi penduduknya.

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//