• Narasi
  • ESAI TERPILIH FEBRUARI 2023: Menagih Keberpihakan NU, Menyoal Cita-cita Menjadi Youtuber

ESAI TERPILIH FEBRUARI 2023: Menagih Keberpihakan NU, Menyoal Cita-cita Menjadi Youtuber

Ada dua esai terpilih. Yang pertama menuntut NU untuk semakin tegas berpihak pada rkepentingan rakyat, sementara yang kedua membahas cita-cita menjadi youtuber.

Tim Redaksi

Awak Redaksi BandungBergerak.id

Dua esai terpilih bulan Februari 2023 masing-masing menyuarakan tuntutan keberpihakan untuk NU yang merayakan usia seabad dan pendapat unik tentang cita-cita menjadi youtuber. (Olah desain: Virliya Putricantika/BandungBergerak.id)

6 Maret 2023


BandungBergerak.id -  Sepanjang bulan Februari 2023, BandungBergerak.id (BB) memperoleh kiriman puluhan esai. Sebagian di antaranya dikirimkan oleh kawan-kawan mahasiswa untuk kampanye kami #28Hari28Kritik. Kami bersyukur dan berterima kasih untuk semua dukungannya. BandungBergerak.id tidak akan ke mana-mana tanpa kawan-kawan pembaca. 

Yang juga menarik dari bulan Februari 2023 ini, BB menerima beberapa esai oleh kawan-kawan yang tinggal jauh dari Bandung. Bahkan dari seberang samudra sana. Topik yang dibahas pun kian beragam. 

Seperti yang sudah-sudah, kami mengumumkan dua esai terpilih untuk bulan ini. Yang pertama adalah esai berjudul "Satu Abad NU, Menagih Keberpihakan Organisasi pada Rakyat" karya Wahyu Eka Styawan. Esai ini menyajikan pandangan kritis terhadap semarak perayaan satu abad Nahdlatul Ulama. Kian besar, kian kuat, seharusnya organisasi ini semakin tegas menunjukkan keberpihakannya pada rakyat kecil yang masih sering mengalami ketidakadilan. 

Esai terpilih kedua berjudul "Mimpi Youtuber" karangan M. Fasha Rouf. Secara jeli, penulis mempertanyakan ttemuan yang menampilkan youtuber sebagai cita-cita idaman anak muda Indonesia. Karena yang terpenting dari seorang youtuber adalah mutu kontennya, kenapa tidak kita fokus untuk melahirkan pakar-pakar yang lalu bisa menjadi rujukan konten? Bukannya latah terjebak dalam wadah. 

Silakan kawan-kawan menengok lag kedua esai terpilih di situs web BandungBergerak.id. 

BandungBergerak.id akan menghubungi kedua penulis esai terpilih untuk mengatur pengiriman sertifikat dan kenang-kenangan. Seluruh biaya pengiriman ditanggung oleh BB. Atau bisa juga silakan para penulis esai terpilih berinisiatif menghubungi akun Instagram KawanBergerak atau nomor telepon 082119425310.

Selamat untuk kedua kawan penulis! Kami menunggu kiriman esai-esai bermutu dari kawan-kawan semua. Mari terus bercerita! Sesekali, mari mengkritik juga!

Editor: Tri Joko Her Riadi

COMMENTS

//