• Kampus
  • Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook, Memudahkan Tenaga Pendidik di Sekolah

Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook, Memudahkan Tenaga Pendidik di Sekolah

Aplikasi Sidebook diharapkan meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran sesuai era digital, juga membantu pengembangan karier guru sebagai tenaga profesional.

Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook pada Sekolah Swasta di Kabupaten Bandung di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, 6 Juli 2024. (Tim PKM FPEB UPI)

Penulis Tim Bergerak Project10 Juli 2024


BandungBergerak.id - Perkembangan teknologi telah memudahkan sekolah dalam hal pengelolaan administrasi dan informasi. Salah satu aplikasi yang dinilai sangat membantu para guru adalah aplikasi Sidebook. Penerapan aplikasi ini secara langsung akan meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran di sekolah.

Hal itu terungkap pada pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema “Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook pada Sekolah Swasta di Kabupaten Bandung” di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, Kabupaten Bandung, 6 Juli 2024. Kegiatan itu dihadiri oleh para guru di lingkungan Yayasan Pendidikan Handayani 1979, serta diisi oleh pemateri berkompeten, yaitu Prof. Dr. Disman, MS, Dr. Heny Hendrayati, S.IP., M.M., dan Dr. Eka Surachman dari Program Studi Manajemen, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Acara PKM ini bertujuan untuk mengembangkan digitalisasi perangkat pembelajaran melalui aplikasi Sidebook di sekolah-sekolah yang ada di Yayasan Pendidikan Handayani 1979. Dengan menghadirkan para ahli di bidangnya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran yang sesuai dengan era digital, maka upaya peningkatan kompetensi terutama dalam digitalisasi pendidikan perlu dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten.

Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook pada Sekolah Swasta di Kabupaten Bandung di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, 6 Juli 2024. (Tim PKM FPEB UPI)
Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook pada Sekolah Swasta di Kabupaten Bandung di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, 6 Juli 2024. (Tim PKM FPEB UPI)

Dalam sesi pemateri, Prof Disman dan Dr. Heny Hendrayati, S.IP., M.M., membahas pentingnya perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru untuk menjalankan aktivitas pembelajaran, salah satunya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar (KD). 

Pada sekolah-sekolah yang bernaung di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, pembuatan perangkat pembelajaran, termasuk RPP, masih dilakukan secara manual. Selama ini, RPP dicetak sehingga kerap menghabiskan kertas lebih banyak untuk menyesuaikan RPP dengan kondisi dan kebijakan yang ditetapkan. Proses digitalisasi perangkat pembelajaran melalui aplikasi Sidebook akan memangkas ketidakefisienan tersebut.

Baca Juga: FSRD dan SBM ITB Mengasah Kreativitas Guru di Sorong Melalui Pelatihan Seni Rupa dan Pemasaran untuk Pendidikan yang Lebih Bermakna
ITB Menggiatkan Kreativitas dan Kemandirian Ekonomi Warga Kampung Kuadas Melalui Pengabdian Masyarakat
Pelatihan Bersama Tular Nalar Mafindo, Menjadikan Perkembangan Dunia Digital Positif bagi Kehidupan Para Lansia

Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook pada Sekolah Swasta di Kabupaten Bandung di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, 6 Juli 2024. (Tim PKM FPEB UPI)
Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Guru Melalui Aplikasi Sidebook pada Sekolah Swasta di Kabupaten Bandung di Yayasan Pendidikan Handayani 1979, 6 Juli 2024. (Tim PKM FPEB UPI)

“RPP digital pada prinsipnya serupa dengan RPP manual karena juga mencakup Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), dan langkah-langkah pembelajaran. Namun RPP Digital lebih powerful karena diformat dalam bentuk elektronik (e-book). RPP digital juga mudah direvisi, biaya pembuatan yang murah, menarik, dan dapat dilengkapi dengan berbagai media pembelajaran yang menarik,” kata Prof Disman.

“Pelaksanaan digitalisasi dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya digitalisasi dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu,” ucap Heny menambahkan. 

Menurut Heny, dengan Sidebook, pihak sekolah akan menemukan secara cepat dan tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, serta membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Dengan demikian, kegiatan itu akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karier guru sebagai tenaga profesional. 

PKM ini berlangsung dengan interaktif dan sarat antusiasme. Kegiatan ini diakhiri dengan peluncuran panduan pembuatan perangkat pembelajaran digital menggunakan Sidebook di lingkungan Yayasan Pendidikan Handayani 1979. Kegiatan PKM ini merupakan langkah nyata dalam mengoptimalkan pengembangan kualitas guru secara cepat, tepat dan akurat. Melalui digitalisasi perangkat pembelajaran diharapkan terciptanya guru yang profesional, serta meningkatnya mutu pendidikan di setiap sekolah.

*Artikel ini terbit sebagai bagian kerja sama dengan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB UPI).

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//