• Kampus
  • Calon Mahasiswa masih Berpeluang Mendaftar SMUP Sarjana Jalur Prestasi Unpad

Calon Mahasiswa masih Berpeluang Mendaftar SMUP Sarjana Jalur Prestasi Unpad

Selain masih dibukanya pendaftaran jalur prestasi, Unpad juga menawarkan program pendidikan internasional melalui International Undergraduate Program (IUP).

Kampus Universitas Padjadjaran (Unpar), Bandung, Kamis (16/9/2021). Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung. (Foto: Miftahudin Mulfi/BandungBergerak.id)

Penulis Iman Herdiana11 Juni 2022


BandungBergerak.idPendaftaran mahasiswa baru melalui SMUP Sarjana Jalur Prestasi Universitas Padjadjaran (Unpad) masih terbuka. Pendaftaran dapat dilakukan secara online hingga 30 Juni 2022.

“Peserta mendaftar online secara mandiri di website SMUP setelah itu baru kita lakukan verifikasi dokumen secara daring maupun luring,” ujar Kepala Kantor SMUP Anas, dikutip dari laman resmi Unpad, Sabtu (11/6/2022).

Penilaian dokumen prestasi ini akan dilihat dari level penyelenggara kompetisi, jens medali prestasi, indeks jenis prestasi, nilai UTBK, dan hal penting lainnya. Selain itu, akan dilakukan verifikasi faktual melalu portofolio prestasi milik calon mahasiswa.

Adapun jenis prestasi yang diterima fokus ke empat bidang, yaitu prestasi sains, seni, olahraga, serta penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya. Prestasi ini didapat dari penyelenggaraan kompetisi dari sejumlah lembaga ternama di level nasional atau internasional.

Wakil Ketua Pelaksana Ujian Online SMUP Inu Isnaeni Sidiq, mengatakan bahwa Jalur Prestasi ini hanya diperuntukan untuk peserta yang lulus SMA di tahun 2022. Seleksi yang dilakukan berdasarkan gabungan prestasi non akademik dan kemampuan akademik.

“Memang prestasi mendapatkan penekanan yang lebih besar daripada nilai akademik, tetapi tetap kita ingin menjaga supaya SDM yang masuk ke dalam Unpad itu tidak hanya melalui prestasi non-akademik tetapi juga dia bisa mengikuti kegiatan akademiknya juga sehingga dia memiliki keseimbangan antara prestasi akademik dan non akademik,” ujar Inu.

Mahasiswa jalur prestasi akan terus dilakukan pembinaan dan diharapkan mereka dapat berkomtitmen untuk mau berkontribusi untuk peningkatan prestasi kemahasiswan Unpad.

“Mari bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan prestasi kemahasiswaan unpad di level nasional dan internasional,” ajak Inu.

Baca Juga: Derita Tenaga Honorer Pemkot Bandung, Kerja Berat seperti ASN, Diupah Murah, Terancam Dihapus
Ajakan tidak Nyampah dari Rancaekek
AGENDA BANDUNG: Gebyar Monolog Teater Lakon, Ngibing Kalangenan, hingga Terbitnya Novel Mateo, 17 Juni 2022

SMUP Jalur Internasional

Selain masih dibukanya pendaftaran jalur prestasi, Unpad juga menawarkan program pendidikan internasional melalui International Undergraduate Program (IUP). Enam Program studi yang membuka kelas internasional adalah Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Dokter Gigi, Ilmu Kelautan, dan Farmasi. 

Kepala Kantor SMUP Unpad Anas menjelaskan, Program IUP ini mempunyai dua gelombang. Gelombang pertama telah dibuka pada tanggal 1 April – 30 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua pada tanggal 24 Mei sampai 17 Juni 2022.

“InsyaAllah pengumuman tanggal 27 Juni 2022, Bagi yang berminat masuk kuliah di unpad melalui kelas internasional silahkan untuk mendaftar sebelum penutupan tanggal 17 Juni 2022,” ujar Anas.

Anas mengatakan, penilaian dari seleksi IUP berbasis kepada tiga poin, yaitu nilai rapor, nilai kemampuan bahasa Inggris, dan indeks prestasi sekolah. Sertifikat TOEFL dikeluarkan lembaga resmi penyelenggara tes kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, seleksi juga menggunakan hasil tes potensi akademik (TPA) dan nilai rapor.

“Karena nanti akan melakukan verifikasi tentang tes sertifikat ini. Persyaratan di cek dan mandatory untuk para pendaftar,” ujar Anas.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//