• Kampus
  • Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship 2021: 16 Mahasiswa Unpas Lolos  

Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship 2021: 16 Mahasiswa Unpas Lolos  

Mahasiswa yang lolos beasiswa JFLS nantinya akan menerima manfaat berupa bantuan biaya pendidikan serta program pendampingan.

Potret kampus Universitas Pasundan (Unpas), Jalan Taman Sari, Kota Bandung, (28/4/2021). (Foto: Virliya Putricantika/BandungBergerak.id)

Penulis Iman Herdiana28 September 2021


BandungBergerak.idBeasiswa Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) 2021 telah diumumkan Kamis (23/9/2021) lalu. Di Universitas Pasundan (Unpas), tercatat ada 16 mahasiswa yang lolos menerima beasiswa pendidikan S1 JFLS ini.

Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan. Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat Jabar yang sedang menempuh pendidikan jenjang D3 hingga S3, serta memiliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Program beasiswa JFLS bertujuan untuk menyiapkan generasi muda Jabar sebagai calon pemimpin di masa depan yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan. Mahasiswa yang lolos nantinya akan menerima manfaat berupa bantuan biaya pendidikan serta program pendampingan.

Salah satu penerima Beasiswa JFLS 2021, Kelvin Mohammad Yusron dari prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), mengaku bersyukur karena masih diberi kesempatan menerima beasiswa di tahun terakhir kuliahnya. Ia bahkan mampu mempertahankannya selama tiga tahun berturut-turut.

“Saya senang dan bersyukur, selain mendapat bantuan dana pendidikan untuk meringankan beban orang tua, pencapaian ini menunjukkan kepada banyak orang bahwa saya memang layak, berkualitas, dan berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik,” ujarnya, mengutip laman resmi Unpas, Selasa (28/9/2021).

Tidak hanya bantuan biaya pendidikan, ia juga memperoleh kursus atau pelatihan melalui kelas-kelas online di YouTube. Program tersebut meliputi pelatihan kepemimpinan, career coaching, dan entrepreneurship.

“Materi disampaikan oleh para ahli dan praktisi di bidangnya. Mereka sangat intelek, sehingga menumbuhkan semangat saya untuk berkarya lebih kreatif dan inovatif, mewujudkan profesional muda demi tercapainya program Jabar Juara. Di samping itu, saya juga mendapat banyak relasi dari kampus lain yang tergabung di grup JFLS,” tuturnya.

Sebagai penerima beasiswa, ia mengemban amanah untuk mempertahankan nilai mata kuliah, besaran IP, dan IPK, karena setiap semester ia wajib melaporkan perkembangan akademik ke web Jabar Future Leaders Scholarship. Dari segi non-akademik, ia dituntut untuk semakin aktif dalam kegiatan organisasi atau relawan.

“Untuk kegiatan non-akademik, saya mengaplikasikannya ke komunitas sosial yang saya dirikan, yaitu Bandung Care. Penerima JFLS harus melakukan kegiatan yang memberikan dampak bagi masyarakat. Di komunitas Bandung Care, kami mengadakan program mengajar ke panti asuhan dan yayasan kanker, menggalang donasi, bakti sosial, dan lain-lain,” tutupnya.

Ke-16 mahasiswa Unpas penerima JFLS 2021 terdiri dari Fajar Zulfikar (Ilmu Komunikasi), Kelvin M. Yusron (Ilmu Komunikasi), Rangga M. Sada Saputra (Ilmu Hub. Internasional), Lisna Aprilia Aziza (Ilmu Hukum), Rifqi Taufik Riesnaldi (Manajemen), Hanny Meidaningsih (Pendidikan Ekonomi), Valda Zahirra Sidqi (Ilmu Hukum), Leli Dwi Anggraeni (Ilmu Hub. Internasional), Nadia Rizqitationi (Ilmu Hub. Internasional), Neng Tri Sulistiawati (Ilmu Adm. Publik), Tanti Hardiyanti Utari (Akuntansi), Maryam Puspitasari (Tek. Pangan), Sonia Nuraeni (Ilmu Adm. Publik), Tiara Khoerun Nisa (Ilmu Hukum), Fachri Fachreji (Ilmu Hub. Internasional), dan Saniah Samrotul Mufidah (Ilmu Adm. Bisnis).

Baca Juga: Beragam Program Beasiswa ke Amerika Serikat bagi WNI
Seleksi Beasiswa Mitra Sekolah Unpar telah Dibuka
Lebih dari 2.000 Orang Lolos Beasiswa Pendidikan Indonesia, Berikut ini Alur Pencairannya
Selain Beasiswa BNI, Itenas Bandung Menyediakan Beragam Beasiswa untuk Mahasiswanya
Daftar Kampus di Jawa Barat Tujuan Beasiswa LPDP Reguler 2021

Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) 2021. (Dok. JFLS)
Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) 2021. (Dok. JFLS)

Jangan Sia-siakan Beasiswa

Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship secara simbolis diserahkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam konverensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (23/9/2021). Ia meminta mahasiswa penerima beasiswa JFLS untuk memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin, salah satunya dengan belajar sungguh-sungguh.

“Saya titip, jangan sia-siakan kesempatan beasiswa yang diterima, karena ini diberikan untuk kemajuan Jabar di masa depan. Belajar yang rajin dan terus berprestasi, ketika lulus tetaplah punya cita-cita membangun Jabar,” kata Ridwan Kamil.

Ia juga menyinggung soal disrupsi revolusi industri 4.0 dan pandemi Covid-19 yang tengah melanda. Revolusi industri 4.0 membuat pekerjaan yang bersifat fisik dan manual tergantikan oleh mesin. Sementara Covid-19 memaksa masyarakat untuk beradaptasi dan menerapkan cara pikir baru.

“Mahasiswa penerima beasiswa mesti paham keduanya. Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, anda harus berkiprah di sektor-sektor yang akan naik. Disrupsi Covid-19 pun demikian, jika anda mau beradaptasi, belajar, dan berubah, maka anda akan tetap eksis dalam perjalanan waktu,” tambahnya.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//