• Kampus
  • Selain Beasiswa BNI, Itenas Bandung Menyediakan Beragam Beasiswa untuk Mahasiswanya

Selain Beasiswa BNI, Itenas Bandung Menyediakan Beragam Beasiswa untuk Mahasiswanya

Selain beasiswa BNI, Itenas menyediakan sejumlah beasiswa bagi mahasiswanya. Dalam kurun empat tahun terakhir, total beasiswa yang diberikan Rp 10 miliar.

Kampus Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. (Dok Itenas)

Penulis Iman Herdiana1 September 2021


BandungBergerak.idInstitut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) menyediakan beragam beasiswa untuk mahasiswa aktif, salah satunya Beasiswa BNI. Tahun ini terdapat 27 mahasiswa yang memperoleh beasiswa BNI dengan total nilai Rp 67.500.000.

Rektor Itenas Bandung, Meilinda Nurbanasari menyampaikan terima kasihnya kepada BNI yang memiliki perhatian berupa pemberian beasiswa kepada mahasiswa berpotensi. Dengan beasiswa ini, mahasiswa penerima beasiswa bisa menyelesaikan kuliahnya.

“Kami concern bahwa tidak ingin mahasiswa yang punya potensi akademik yang sangat baik terhenti pendidikannya, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih setinggi tinginya kepada BNI yang telah memberikan perhatian, bantuan biaya pendidikan kepada anak-anak kami agar studinya dapat berlangsung dengan baik dan juga dapat diselesaikan sesuai harapan yang nantinya adalah menjadi sarajana lulusan Itenas Bandung,” ungkap Rektor Meilinda Nurbanasari, di sela seremoni pemberian beasiswa BNI, Selasa (24/8/2021) di Gedung Rektorat Lantai 3, dikutip dari laman resmi, Rabu (1/9/2021).

Namun, Meilinda Nurbanasari mengatakan, tentunya mahasiswa yang mendapat beasiswa dituntut untuk bisa mempertahankan bahkan meningkatkan perstasi akademiknya lebih baik lagi. Tak hanya itu, Rektor berharap mahasiswa penerima beasiswa bisa berkontribusi mengikuti lomba-lomba yang bisa mengharumkan nama baik Itenas.

Hendra Rusawan selaku Pemimpin Bidang Pemasaran Bisnis BNI menyebutkan beasiswa diberikan kepada 27 mahasiswa. Menurutnya, beasiswa ini sebagai motivasi agar mahasiswa lebih giat belajar dan semakin berprestasi.

“Mudah mudahan kerja sama ini dapat terjailin terus dan pemberian beasiswa ini dapat berkelanjutan,” harap Hendra Rusawan.

Dalam kesempatan yang sama, mahasiswa penerima beasiswa BNI yang diwakilkan oleh Aghnia Yashna Fila Ghassani menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BNI dan Itenas. Menurutnya, beasiswa sangat bermanfaat bagi kelanjutan kuliahnya. Beasiswa juga sebagai motivasi bagi kegiatan belajarnya.

Baca Juga: Siap-siap, Pendaftaran Beasiswa G86 ITB segera Dibuka
Jadwal Pendaftaran dan Persyaratan Beasiswa Persiapan Studi Magister ke Luar Negeri
Mengenal Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Unpar
Pengumuman Mahasiswa Penerima Biasiswa Aperti BUMN 2021
Syarat bagi Mahasiswa Unpar Mendapatkan Bantuan UKT Rp 2,4 Juta dari Kemendikbud Ristek

Beasiswa BNI dan Magang

Tahun 2020 lalu, ada 18 mahasiswa Itenas berprestasi dan kurang mampu secara ekonomi yang mendapatkan Beasiswa BNI. Adapun Beasiswa yang diberikan adalah pembebasan biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) Semester Gasal 2020/2021.

Tahun tersebut merupakan awal pandemi Covid-19 melanda. Rektor Meilinda berharap pemberian beasiswa tidak berhenti pada saat pandemi saja, tetapi dapat tetap berkelanjutan setiap tahunnya sehingga kontribusi BNI kepada mahasiswa Itenas dalam hal untuk keberlanjutan.

Leo Mangin sebagai Pimpinan BNI KCU PTB menjelaskan, selain pemberian beasiswa kepada mahasiswa, BNI pun membuka program magang Bina BNI bagi mahasiswa tingkat akhir.

“Nantinya mahasiswa ini diberikan kesempatan magang selama 3 tahun dan diberi benefit berupa gaji per bulan,” tutur Leo Mangin.

Meilinda menyambut baik program magang Bina BNI. Ia mengatakan bahwa sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan perihal Merdeka Belajar yang memperbolehkan mahasiswa untuk belajar di luar perguruan tinggi.

Beasiswa Itenas Total 10 Miliar

Selain beasiswa BNI, Itenas menyediakan sejumlah program beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi syarat. Dalam kurun empat tahun terakhir, total beasiswa yang diberikan mencapai Rp 10 miliar.

Sejumlah beasiswa Itenas selain beasiswa BNI, antara lain, Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah, beasiswa Bawaku (Pemprov), Djarum Foundation, beasiswa pemotongan 50 persen UKT dan UKV, beasiswa Cahaya, dan lainnya.

Setiap beasiswa memiliki total biaya bantuan pendidikan yang berbeda. Tentunya untuk mendapatkan beasiswa tersebut terdapat prasyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa maupun yang sudah menjadi mahasiswa, salah satunya adalah IPK harus di atas 2,5 dan beberapa di antaranya ada pula yang memiliki syarat IPK diatas 3,0.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//