• Kampus
  • Seleksi Mandiri ITB Sediakan Opsi Bebas Biaya Kuliah

Seleksi Mandiri ITB Sediakan Opsi Bebas Biaya Kuliah

UIN SGD Bandung buka pendaftaran mahasiswa baru Jalur Mandiri.

Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha, Bandung, 11 Mei 2021. (Foto: Virliya Putricantika)

Penulis Iman Herdiana4 Juni 2021


BandungBergerak.idInstitut Teknologi Bandung (ITB) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri sampai 10 Juni 2021. Mahasiswa baru yang masuk melalui jalur Seleksi Mandiri dapat memilih lima opsi uang kuliah tunggal, mulai dari opsi pembebasan biaya kuliah hingga pembayaran secara penuh.

“Seleksi Mandiri ITB tahun ini akan menerima kurang lebih 1.327 mahasiswa baru,” kata Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto, dalam keterangan pers yang dikutip Jumat (4/6/2021).

Arief mengatakan, Seleksi Mandiri ITB 2021 menerima pendaftar pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) yang jika lolos seleksi akan dibebaskan dari biaya kuliah atau masuk kategori UKT1 Rp 0 alias bebas biaya kuliah.

Kebijakan tersebut, kata Arief, terkait kondisi pandemi Covid-19 yang telah mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia secara umum, termasuk dunia pendidikan seperti ITB. "Namun demikian ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB,” kata Arief.

Selain opsi UKT1 sebesar Rp 0 untuk pemegang KIP-K, ITB juga menyediakan pembayaran UKT lain, yaitu UKT2, UKT3, UKT4 dan UKT5 dengan besaran tiap UKT bervariasi. Pada UKT2, biaya per semester adalah adalah Rp 1 juta per semester, UKT3 sebesar Rp 12,5 juta, UKT4 sebesar Rp 20 juta, dan UKT penuh, yaitu UKT5 sebesar Rp 25 juta per semester.

Mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima, dapat mengajukan UKT lebih rendah dari UKT5 melalui formulir pendaftaran yang akan disampaikan melalui website ttps://admission.itb.ac.id. Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

“Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang,” kata Arief.

Sementara jumlah mahasiswa yang menerima UKT di bawah UKT5 akan bervariasi tergantung dari kondisi keuangan keluarga calon mahasiswa dan kemampuan finansial ITB. Arief menegaskan penerapan UKT yang fleksibel ini telah dilakukan pada Seleksi Mandiri ITB 2020 lalu.

Jalur Mandiri UIN SGD Bandung

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau UIN SGD Bandung juga membuka pendaftaran mahasiswa baru atau PMB Jalur Mandiri. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman pmb.uinsgd.ac.id mulai 2 Juni sampai 30 Juni 2021. "Sejak dibuka pendaftaran pada 2 Juni 2021, jumlah pencaftar mencapai 1.242 orang, kata Rosihan Anwar, dari laman resmi, Kamis (3/06/2021).

Persyaratan pendaftaran terdiri dari: Pertama, Berijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah/Paket C. Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan raport tiga tahun terakhir yang diserahkan saat akan ujian PMB ke Panitia.

Kedua, untuk Lulusan tahun 2021, sekurang-kurangnya telah memiliki SKL (Surat Keterangan Lulusan) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas photo dan di stempel sekolah. Ketiga, untuk Lulusan tahun kurang dari Tahun Akademik 2020, memiliki Ijazah.

Cara pendaftaran mahasiswa baru UIN SGD Bandung: pertama, calon mahasiswa melakukan pra-daftar online di laman pmb-pradaftar.uinsgd.ac.id untuk memilih jalur tes (CBT, Tahfidz, Prestasi) serta mendapatkan kode pembayaran. Kode pembayaran nantinya dikirim ke email calon mahasiswa.

Kedua, calon mahasiswa melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk oleh UIN SGD Bandung dengan menyebutkan kode pembayaran. Biaya pendaftaran Rp 250.000.

Ketiga, setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa melakukan login kembali di laman pmb-daftar.uinsgd.ac.id dengan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya saat pra-daftar.

Keempat, Ujian Mandiri dibagi menjadi 3 Jalur: CBT (Online), Tahfidz ( Online), dan Prestasi (Offline) dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan. Kelima, Pengisian Biodata 3 Jalur (Umum, Tahfidz, Prestasi) tersebut meliputi: data pribadi calon mahasiswa; pemilihan jurusan (3 pilihan) harus berbeda fakultas.

Jadwal tahapan PMB UINSGD Bandung yang harus diingat peserta: Pelaksanaan Ujian Mandiri dilaksanakan pada 12–19 Juli 2021, Pengumuman Kelulusan pada 28 Juli 2021, Upload/Input Biodata pada 29 Juli–4 Agustus 2021, Pengumuman UKT pada 06 Agustus 2021 Pukul 14.00 WIB, Pembayaran UKT pada 9 Agustus 2021–16 Agustus 2021.

Hari pertama pendaftaran mahasiswa baru UIN SGD Bandung melalui jalur Mandiri mencapai 1.242 orang. Wakil Rektor I Rosihon Anwar menjelaskan, PMB jalur Mandiri merupakan proses penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri yang dibagi melalui jalur CBT, Tahfiz dan Prestasi.

Jalur CBT merupakan ujian masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dilaksanakan dengan menggunakan media komputer/online; Jalur Tahfidz merupakan penerimaan mahasiswa baru mempunyai hafalan Al-Qur’an miniman 5 Juz; dan Jalur Prestasi merupakan penerimaan mahasiswa baru di bidang seni, olahraga, atau yang lainnya (sesuai yang ditawarkan) dan mempunyai prestasi minimal tingkat regional (Kota atau Kabupaten).

Editor: Redaksi

COMMENTS

//