• Berita
  • AGENDA BANDUNG: Pameran Seni Cetak Grafis “The Mirror of Print” di Lawangwangi, 17 Maret-6 Mei 2023

AGENDA BANDUNG: Pameran Seni Cetak Grafis “The Mirror of Print” di Lawangwangi, 17 Maret-6 Mei 2023

Ada 10 seniman yang memamerkan karya seni cetak grafisnya di Lawangwangi. Pameran ini menawarkan seni grafis kontemporer.

Galeri seni Lawangwangi, Jalan Dago Giri 99, Mekarwangi, Lembang. (Sumber Foto: lawangwangicreativespace.id)

Penulis Iman Herdiana18 Maret 2023


BandungBergerak.idArtSociates menggelar pameran seni cetak grafis berjudul “The Mirror of Print: Exploring Identity and Representation through Contemporary Printmaking“di Lawangwangi mulai 17 Maret sampai 6 Mei 2023. Pameran ini menawarkan kepada masyarakat untuk mengapresiasi seni grafis kontemporer.

Pameran ini menampilkan karya-karya dari para seniman yang sebelumnya mengikuti program residensi hasil kerja sama ArtSociates dengan studio grafis Habben Drucken dan Devfto Print Institute pada 2022. Ada 10 seniman untuk diberi kesempatan untuk mempelajari serta menyempurnakan pelbagai teknik karya seni cetak grafis. Para seniman pilihan itu adalah: 

Etza Meisyara, Yogie Ginanjar dan M. Akbar, Beatrix H, Chandra Rosselini, Deni Rahman, Maharani Mancanagara, Mujahidin Nurrahman, Nyoman Wijaya, Erik Rifky.

Mereka menggunakan berbagai teknik cetak grafis, antara lain: teknik-foto cetak dalam (photo intaglio), teknik cetak saring (screenprint), teknik cukil kayu (woodcut), teknik cetak lino (linocut), dan teknik cetak datar/litografi (litography).

Baca Juga: Hutan Lindung Harga Mati
Anak Muda Bukan sekadar Lumbung Suara
Gelombang Suara Distorsi Menjelang Festival Kampung Kota 3

“Pameran ini merupakan komitmen ArtSociates untuk memajukan apresiasi seni grafis kontemporer kepada masyarakat luas saat ini, setelah kami menyelenggarakan pameran ‘Tarung Grafis’ di tahun lalu di galeri ini dengan melibatkan seniman dari Yogyakarta, Bandung dan Bali,” ujar Andonowati, Direktur ArtSociates, di Lawangwangi, Bandung, dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (18/3/2023). 

Sebelum pameran ini, seniman asal Prancis, Laurent Millet, sudah memajang karyanya di perhelatan Bandung Photo Triennale dan pameran lainnya di Titik Dua, Ubud-Bali. Seniman-seniman lain dari tanah air maupun dari mancanegara akan mengikuti program residensi seniman di seni grafis kontemporer di bulan-bulan selanjutnya sepanjang tahun 2023.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//