• Kampus
  • Saling Transfer Ilmu Pengetahuan antara Itenas, ITATS Surabaya, dan IDB Bali

Saling Transfer Ilmu Pengetahuan antara Itenas, ITATS Surabaya, dan IDB Bali

Perluasan jejaring antarkampus diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan, seperti yang dilakukan Itenas Bandung, ITATS Surabaya, dan IDB Bali.

Kolaborasi Itenas dengan ITATS melalui kompetisi National CAD & Future Vehicle Design Competition yang diselenggarakan di GSG Bale Dayang Sumbi Itenas, Bandung, Sabtu, 18 November 2023. (Foto: Itenas Bandung)*

Penulis Iman Herdiana4 Desember 2023


BandungBergerak.id - Kerja sama riset menjadi keharusan di zaman yang terus berubah. Hal ini dilakukan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung dengan sejumlah institusi pendidikan tinggi lainnya, yakni Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali.

Kolaborasi Itenas dengan ITATS dilakukan Sabtu, 18 November 2023 lalu melalui acara kompetisi “National CAD & Future Vehicle Design Competition” yang diselenggarakan di GSG Bale Dayang Sumbi Itenas, Bandung.

Acara dibuka dengan pemutaran video company profile untuk mengenal masing-masing institut dan dilanjut dengan sambutan. Baik sambutan yang disampaikan pihak Itenas Bandung yang diwakili Liman Hartawan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknologi Industri dan pihak ITATS diwakili oleh Ahmad Yusuf Ismail, Kepala LPPM dan dosen prodi Teknik Mesin.

“Kompetisi skala nasional tersebut menjadi wadah para peserta untuk mengasah softskill di bidang yang dilombakan,” demikian dikutip dari laman resmi Itenas, Bandung, yang diakses Senin, 4 Desember 2023. 

Perhelatan yang diselenggarakan oleh civitas akademika prodi Teknik Mesin kedua institusi itu diikuti oleh sekitar 50 peserta dari berbagai kampus di berbagai kota di Indonesia. Perlombaan yang diadakan antara lain desain poster kendaraan futuristik dan Computer Aided Design (CAD) diselenggarakan secara paralel di ruangan berbeda, seperti lomba CAD di Laboratorium Komputer Gedung 21 dan lomba desain poster di GSG Bale Dayang Sumbi. Meskipun terdapat sedikit kendala teknis selama pelaksanaan, perlombaan dapat berjalan hingga selesai.

Berikut juara utama dari “National CAD & Future Vehicle Design Competition” dalam setiap perlombaan:

Lomba CAD: Juara 1 Muhamad Idrokul Fahmi dari Universitas Sains Al-Qur’an; Juara 2 Kadek Dharmayudha Aryaputra dari President University; Juara 3 Rahma Siti Khuraida dari Politeknik Manufaktur Bandung.

Lomba Desain Poster: Juara 1 President University, Juara 2 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa; Juara 3: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Di samping juara utama, para peserta juga dapat menyabet pemenang kategori. Seperti dalam lomba CAD yang memiliki pemenang kategori Geometry Precision, The Fastest, dan The Most Efficient. Sedangkan lomba desain poster memiliki kategori The Most Unique Idea, The Best Presenter, dan The Most Aesthetic Design.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat semakin mempererat kolaborasi antara Itenas Bandung dan ITATS. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi di bidang non-akademik,” lanjut keterangan resmi Itenas.

Baca Juga: Gairah Inovasi Ramah Lingkungan di Itenas dan Unpas
Itenas Jajaki Pertukaran Mahasiswa dengan Maranatha, Unisba, dan Unpas
Mengenal Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Itenas

Itenas menjalin kerja sama dengan Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali di Gedung Rektorat Itenas, Bandung,  25 Oktober 2023. (Foto: Itenas Bandung)*
Itenas menjalin kerja sama dengan Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali di Gedung Rektorat Itenas, Bandung, 25 Oktober 2023. (Foto: Itenas Bandung)*

Transfer Ilmu Pengetahuan antara Itenas Bandung dan IDB Bali

Selain dengan ITATS Surabaya, sebelumnya Itenas menjalin kerja sama dengan Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama 25 Oktober 2023 lalu di Gedung Rektorat Itenas, Bandung.

Pada kesempatan tersebut, pihak Itenas diwakili oleh Meilinda Nurbanasari, Abinhot Sihotang (Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum), Dani Rusirawan (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Inovasi, dan Kerja Sama), Andry Masri (Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain), Fitri Suciaty (Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Pemasaran), Jamaludin (Kaprodi Desain Interior), dan Levita Dwinaya (Kabag Kerja Sama dan Urusan Internasional BKHP).

Rektor Itenas Meilinda Nurbanasari menyambut baik kunjungan dari IDB Bali dan mengapresiasi niat baik untuk bekerja sama. “Melalui kerja sama ini dapat saling berbagi nilai-nilai positif yang dimiliki masing-masing institusi; tidak hanya terbatas pada mahasiswa, tetapi juga dengan para dosen,” demikian dikutip dari laman resmi Itenas

Keinginan yang sama juga disampaikan dalam sambutan Rektor IDB Bali Ni Kadek Suryani. Ia berharap, kerja sama ini bisa menjadi awal keberlangsungan kegiatan benchmarking; sambil mentransfer ilmu dari Itenas Bandung sebagai salah satu perguruan tinggi yang telah memiliki pengalaman serta rekam jejak akademis dalam rentang waktu yang panjang. Ia juga berharap ada peluang yang terus terbuka luas untuk mewujudkan beragam kerja sama di kemudian hari.

Kerja sama yang akan dijalin kedua belah pihak difokuskan pada implementasi Tridarma Perguruan Tinggi seperti pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, Itenas Bandung dan IDB Bali berkolaborasi untuk kegiatan riset dan kajian ilmiah, seminar dan lokakarya, hingga program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya pada program studi Desain Interior.

Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dilakukan oleh pimpinan masing-masing, dilanjutkan dengan penyerahan plakat juga cinderamata antara Itenas Bandung dan IDB Bali, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

*Kawan-kawan yang baik bisa membaca artikel-artikel lain tentang Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//