• Kampus
  • Universitas Kristen Maranatha Berjejaring dengan Kampus di Luar Pulau Jawa

Universitas Kristen Maranatha Berjejaring dengan Kampus di Luar Pulau Jawa

Universitas Kristen Maranatha bekerja sama dengan dua kampus di luar Jawa, yakni UMD Palembang dan UNPI Manado. Program studi baru akan dibentuk.

Kampus Universitas Kristen Maranatha, Bandung. (Foto: Universitas Kristen Maranatha)

Penulis Iman Herdiana8 Januari 2024


BandungBergerak.idKerja sama lintas kampus di era sekarang tak bisa dihindari. Hal ini misalnya dilakukan Universitas Kristen Maranatha, Bandung, yang baru-baru ini menerima kunjungan dari Universitas Multi Data (UMD) Palembang dalam rangka riset UMD pada Program Magister Ilmu Komputer dan Program Sarjana Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Maranatha. Melalui kunjungan kerja ini, UMD Palembang berencana membuka program studi DKV.

Rektor UMD Palembang Johannes Petrus mengungkapkan rasa bangganya atas kesempatan berkunjung ke Universitas Kristen Maranatha. Ia juga mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan agar UMD bisa memeroleh wawasan dari pengalaman Maranatha dalam menjalankan Program Magister Ilmu Komputer.

“Melalui kunjungan ini, saya berharap UMD bisa mendapatkan masukan dan informasi guna mendukung rencana pembukaan program studi baru di universitas kami,” tambah Johannes, dalam kata sambutan kunjungan yang berlangsung Selasa, 5 Desember 2023 di Ruang Integrity, Gedung Administrasi Pusat. 

Kunjungan ini dihadiri perwakilan pihak UK Maranatha, yang meliputi Rektor Sri Widiyantoro; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Se Tin; Sekretaris Umum Universitas Robby Yussac Tallar; Dekan Fakultas Teknologi Informasi Teddy Marcus Zakaria, beserta jajarannya; serta Ketua Program Sarjana DKV Riki Himawan Mulyadi.

Selain itu, turut hadir perwakilan UMD Ketua Yayasan Perguruan Tinggi MDP James Alexander dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Wijang Widhiarso.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Ketua Program Magister Ilmu Komputer Oscar Karnalim. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer tidak hanya berasal dari lulusan program sarjana dibidang teknologi infromasi , tetapi juga dari berbagai program sarjana lainnya.

Ia juga mengatakan bahwa Program Magister Ilmu Komputer UK Maranatha menyediakan program matrikulasi yang dikhususkan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang program studi di luar bidang teknologi informasi (TI).

“Program matrikulasi ini merupakan bentuk adaptasi yang dilangsungkan selama 3-4 minggu, yang bertujuan agar mahasiswa lulusan program sarjana di luar TI dapat memahami dan menguasai dasar-dasar ilmu teknologi informasi sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan optimal. Baik program sarjana maupun program magister di bidang TI dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti laboratorium, untuk mengasah keterampilan mereka,” ucap Oscar.

Setelah itu, sesi diskusi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua Program Sarjana DKV terkait fasilitas yang disediakan bagi mahasiswa DKV, serta kegiatan pameran rutin untuk memamerkan hasil karya mahasiswa. Rangkaian kunjungan diakhiri dengan campus tour yang mencakup pengecekan sarana dan prasarana kampus, terutama di Fakultas Teknologi Informasi dan Program Sarjana Desain Komunikasi Visual.  

Baca Juga: Mengenalkan Nilai Demokrasi dan Pemilu pada Gen Z Bandung
Saling Transfer Ilmu Pengetahuan antara Itenas, ITATS Surabaya, dan IDB Bali
Membaca Kaitan Kesetaraan Gender dengan Kemajuan Ekonomi

Universitas Kristen Maranatha dan UNPI Manado

Sebelumnya, Universitas Kristen Maranatha juga menjalin kerja sama dengan Universitas Pembangunan Indonesia Manado (UNPI). Penandatanganan kesepakatan ini merupakan langkah awal dalam menjalin kolaborasi pertukaran pelajar antara mahasiswa Fakultas Teknik UK Maranatha dan UNPI.

Penandatanganan ini dihadiri oleh perwakilan UNPI Manado, yaitu Rektor Debby Christine dan Dekan Fakultas Teknik Arnetha S. Raintung. Sementara itu, perwakilan yang hadir dari UK Maranatha, yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kemitraan, Krismanto Kusbiantoro; Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Olga Catherina Pattipawaej; Dekan Fakultas Teknik Yosafat Aji Pranata; Wakil Dekan Bidang Akademik, Novie Theresia Br. Pasaribu; dan Direktur Kemitraan Surya Setyawan.

Krismanto menyambut baik terjalinnya kerja sama ini. Ia sangat mendukung kolaborasi antara UK Maranatha dengan UNPI. “Kami mendukung adanya kolaborasi ini, terutama kolaborasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” tuturnya, dalam acara yang berlangsung 21 November 2023 di Ruang Meeting Room, Gedung Administrasi Pusat lantai 3. 

Rektor Debby Christine mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada UK Maranatha mengenai kerja sama yang telah terjalin.

“Kami sangat bersyukur pada UK Maranatha yang bersedia membangun kerja sama dengan kami. Kiranya kami dapat meniru hal yang baik dari UK Maranatha,” tutur Debby. Menurutnya, kerja sama dengan UK Maranatha merupakan langkah yang baik bagi UNPI agar dapat berkembang lebih baik lagi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak, dan pemberian plakat. Kemudian, acara dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab terkait kerja sama.  

*Kawan-kawan yang baik bisa membaca berita-berita kampus dalam tautan berikut ini

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//