• Narasi
  • Menyelisik Situs Megalitik Gunung Padang di Cianjur

Menyelisik Situs Megalitik Gunung Padang di Cianjur

Gunung Padang di Cianjur termasuk salah satu peninggalan budaya megalitik yang berupa bangunan berundak. Situs ini ditemukan tahun 1914 oleh N.J. Krom.

Johan Arif

Peneliti Geoarkeologi & Lingkungan di ITB, Anggota Kelompok Riset Cekungan Bandung.

Sketsa Gunung Padang oleh Dr. Budi Brahmantyo (alm.) dosen Geologi ITB. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)

26 April 2024


BandungBergerak.id – Salah satu masalah geoarkeologi di sekitar tahun 2014 adalah situs Gunung Padang di Cianjur. Kontrovesi Gunung Padang menjadi bahan perdebatan di antara dua kelompok ahli, terutama yang berkaitan dengan adanya kekar kolom dari batuan andesit yang berserakan di sekitar situs. Salah satu dari kelompok ini berpendapat bahwa serakan kekar kolom itu adalah alami, tidak di karenakan campur tangan manusia, sedangkan kelompok yang lain beranggapan sebaliknya.

Awal mula perdebatan dimulai dari Turangga Seta sebuah yayasan yang bergerak di bidang pelestarian budaya yang ada di Nusantara (Indonesia). Mereka menganggap bahwa Nusantara adalah awal peradaban dunia, karena suku-suku bangsa di Indonesia merupakan orang-orang (sakti) yang mampu mendirikan candi Prambanan, candi Borobudur, atau mendirikan piramid-piramid di berbagai penjuru negeri termasuk piramid Gunung Padang.

Gunung Padang termasuk salah satu peninggalan budaya megalitik yang berupa bangunan berundak. Situs ini ditemukan tahun 1914 oleh N.J. Krom tetapi penelitian yang intensif belum dilakukan pada saat itu sehingga situs kembali tertutup oleh tumbuh-tumbuhan. Penemuan kembali situs Gunung Padang terjadi pada tahun 1979 oleh tiga orang penduduk lokal: Endi, Soma dan Abidin yang kemudian mereka melaporkan temuan ini ke Kepala Seksi Kebudayaan Kabupaten Cianjur.

Penampang Utara-Selatan dari peta geologi yang dibuat oleh Muhammad Zaky Abdul Alim. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)
Penampang Utara-Selatan dari peta geologi yang dibuat oleh Muhammad Zaky Abdul Alim. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)

Mahasiswa Geologi ITB Muhammad Zaky Abdul Alim melakukan pemetaan di wilayah Gunung Padang Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, dengan bimbingan Dr. Andri Subandrio pada tahun 2014. Dari aspek fisiografi regional, Gunung Padang terletak pada Zona Pegunungan Selatan (Bemmelen, 1949). Situs Gunung Padang berada di dalam Satuan Breksi Piroklasik (Siab) yang posisinya secara stratigrafi berada di atas Satuan Lava Andesit A (Siaa). Satuan Breksi Piroklastik (Siab) dan Satuan Lava Andesit A (Siaa) keduanya berumur Pliosen Akhir (waktu Pliosen diperkirakan berlangsung sekitar 800 ribu tahun). Situs Gunung Padang sendiri merupakan bagian dari Satuan Lava Andesit B yang juga berumur Pliosen Akhir. Penamaan Satuan Lava Andesit B didapatkan dari hasil pengamatan singkapan dan pengambilan serta pengolahan data geolistrik. Dari hasil pengamatan penampang geolistrik tersebut maka di interpretasikan bahwa bongkah-bongkah kekar kolom yang terdapat pada permukaan Situs Gunung Padang berasal dari lava yang berada pada kedalaman sekitar 10 meter di bawah permukaan Situs Gunung Padang.

Dari hasil pengamatan permukaan kekar kolom dari Satuan Lava Andesit B ini di jumpai banyak lubang-lubang. Hal ini menjadi pertanyaan bagi saya apakah lubang-lubang ini bersifat alami atau buatan manusia? Jika bukan alami tentunya manusia memerlukan perkakas logam untuk membuatnya pada batuan andesit ini. Jika benar, maka saya cenderung memasukkan situs Gunung Padang sebagai situs dari zaman Paleometalik yang berkisar antara 500 Sebelum Masehi hingga 1000 Masehi yang sezaman dengan budaya Buni Pottery Complex (BPC) di Karawang.

Lubang-lubang pada kekar kolom situs Gunung Padang. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)
Lubang-lubang pada kekar kolom situs Gunung Padang. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)

Baca Juga: Meninjau Penciptaan Bumi Berdasarkan Al-Qur'an dan Geosains
Bencana Alam, Perubahan Iklim, dan Jejak Hutan Tropis Bandung
Siapa Nenek Moyang Ki Sunda?

Megalitik

Sejarah budaya manusia umumnya digambarkan dalam bentuk kemajuan teknologi, suatu perkembangan kronologis dari Zaman Neolitik hingga ke Zaman Logam. Kebudayaan manusia untuk membangun sejumlah arsitektur monumental atau monumen-monumen batu berukuran besar yang kita kenal sebagai "Megalitik" umumnya berlangsung pada perioda Neolitik dan perioda Logam, tetapi juga dapat ditemukan pada masa yang lebih tua yaitu perioda Mesolitik. Istilah Megalitik berasal dari bahasa Yunani megas yang berarti "besar" dan lithos yang berarti "batu". Arsitektur monumental megalitik ini merupakan pusat dari banyak aspek organisasi sosial manusia dan perkembangan kompleksitas sosial, namun penyebab asal usulnya masih kurang dipahami.

Contoh dari arsitektur monumental ini adalah Göbekli Tepe di Turki, Carahunge di Armenia, Stonehenge di Inggris, dan piramida Giza di Mesir, yang dibangun masing-masing sekitar 11 ribu tahun yang lalu, 7.5-6.5 ribu tahun yang lalu, 5.9 ribu tahun yang lalu, dan 4.6 ribu tahun yang lalu. Göbekli Tepe diyakini sebagai monumen kuil suci tertua di dunia yang ditemukan tahun 1995 oleh seorang penggembala Kurdi yang melihat adanya sejumlah batu-batu berukuran besar yang telah dikerjakan.  Letaknya di wilayah Anatolia, Turki.

Umur situs-situs megalitik yang disebutkan dalam teks. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)
Umur situs-situs megalitik yang disebutkan dalam teks. (Foto: Dokumentasi Johan Arif)

Göbekli Tepe terletak di antara Sungai Tigris dan Sungai Efrat. Keberadaan kuil ini masih banyak menyimpan misteri, mulai dari teknik mendirikan monolit tanpa bantuan hewan, penggambaran figur hibrida yaitu perpaduan antara ciri-ciri manusia dan hewan hingga tidak ditemukannya pemukiman manusia di dekat kuil tersebut. Göbekli Tepe juga dikaitkan dengan kisah dalam Alkitab tentang Taman Eden. Batu-batu yang disusun melingkar (stone circle) di Carahunge Armenia dan di Wiltshire, Inggris, juga merupakan misteri. Sejarawan tidak mengetahui secara pasti mengapa atau bagaimana kumpulan batu-batu berukuran besar Stonehenge di Wiltshire Inggris itu bisa berdiri dan disusun secara teratur. Monumen ini mungkin merupakan kuil matahari yang dibangun secara bertahap selama dua ribu tahun, dimulai pada tahun 3100 SM. Atau mungkin digunakan untuk upacara keagamaan selama berabad-abad atau berfungsi sebagai tempat observasi astronomi seperti halnya dugaan terhadap stone circle di Carahunge Armenia. Piramida-piramida di Giza yaitu Khufu, Khafre dan Menkaure juga menyimpan misteri bagi kita antara lain bagaimana manusia membangun dan menyusun bangunan- bangunan batu berukuran besar tersebut. Piramida memiliki bentuk yang sangat mirip, dengan empat sisi menghadap ke arah mata angin.

Keberadaan dari keempat bangunan monumental megalitik ini kemudian menjadi pertanyaan: apakah ada hubungannya dengan keadaan umat manusia pada masa yang lalu sebelum umatnya nabi Muhammad SAW seperti yang diceritakan dalam beberapa ayat Al-Qur’an (misalnya Ar Ruum 30:9, Sabaa 34:45, Al Mukmin 40:82)?

*Kawan-kawan bisa membaca artikel-artikel lain tentang Situs Geologi

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//