• Narasi
  • TELUSUR SEJARAH LEMBANG: Sekelumit Kisah Kweekschool Lembang

TELUSUR SEJARAH LEMBANG: Sekelumit Kisah Kweekschool Lembang

Dulu di Lembang berdiri sekolah keguruan bernama Kweekschool Goenoeng Sari. Lokasinya kini Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja ( BBPPK) Lembang.

Malia Nur Alifa

Pegiat sejarah, penulis buku, aktif di Telusur Pedestrian

Suasana belajar di Kweekschool Lembang tahun 1931. (Sumber: KITLV, Dokumentasi Malia Nur Alifa)

19 Juni 2024


BandungBergerak.id – Setelah beberapa tahun melakukan riset sejarah Lembang, salah satu narasumber mengatakan bahwa terdapat sekolah guru masa kolonial di Lembang  yakni Kweekschool Lembang. Hingga akhirnya data ini menggiring saya menemukan sebuah fakta yang sangat menarik. Ternyata Kweekschool tersebut bernama “ Kweekschool Goenoeng Sari”.

Sistem pendidikan keguruan era Hindia Belanda bersifat diskriminatif, berbasis ras, sosial, dan ekonomi atas siapa murid yang akan diajar dan belajar. Ketika masa kolonial terdapat tiga macam sekolah guru yaitu sekolah guru bagi orang pribumi, keturunan Tionghoa dan Belanda.

Awalnya Kweekschool hanya dikelola pemerintah kolonial. Tetapi karena kebutuhan akan pendidikan keguruan semakin pesat maka pihak swasta pun diberikan izin untuk mendirikan sekolah keguruan.

Alamat dan nomor telepon Kweekschool Lembang. (Sumber: Buku Telepon Bandung 1936)
Alamat dan nomor telepon Kweekschool Lembang. (Sumber: Buku Telepon Bandung 1936)

Salah satu dari sekolah swasta tersebut adalah Kweekschool Goenoeng Sari di Lembang  yang didirikan oleh perguruan Neutral Scholen. Perguruan ini adalah lembaga keguruan yang netral dan tidak berafiliasi dengan salah satu gereja.

Terdapat informasi menarik juga yang menyatakan bahwa Kweekschool Goenoeng  Sari Lembang ini merupakan pindahan dari Kweekschool Goengoeng  Sahari Batavia yang didirikan tahun 1912 dan mulai pindah ke Lembang di tahun 1920-an.

Masterplan Balai Besar pengembangan dan Perluasan Kerja ( BBPPK) Lembang, lahan tempat Kweekschool Lembang dahulu. (Foto: Malia Nur Alifa)
Masterplan Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja ( BBPPK) Lembang, lahan tempat Kweekschool Lembang dahulu. (Foto: Malia Nur Alifa)

Lokasi Kweekschool Lembang

Pencarian lokasi Kweekschool Lembang ini memakan waktu yang tidak sebentar. Takdir membawa saya menemui beberapa narasumber yang luar biasa.

Ternyata lokasi Kweekschool Lembang ini berada tidak jauh dari lokasi pertapaan dan Gereja Karmel.  Lokasi tepatnya sekarang telah menjadi Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja ( BBPPK) di Lembang.

Saya bertemu seorang pengajar di balai tersebut dan memberikan banyak informasi. Ia mengatakan bahwa Kweekschool Lembang dahulu menghadap ke utara, berbahan bangunan bilik dan kayu. Sekolah tersebut  sangat asri dengan halaman yang luas hingga ke arah pasar Panorama Lembang, hingga lapangan sepak bola legendaris di Lembang pun diberi nama lapangan Gunung Sari, diambil dari Kweekschool Goenoeng Sari.
Raden Mas Dendasasmita, alumni Kweekschool Lembang. (Sumber: Foto keluarga Enda Gandaresmi)
Raden Mas Dendasasmita, alumni Kweekschool Lembang. (Sumber: Foto keluarga Enda Gandaresmi)

Salah satu alumni Kweekschool  Lembang

Ketika saya sedang melakukan riset dikawasan barat Braga, saya mendapatkan sebuah informasi yang dapat melengkapi data tentang Kweekschool Lembang. Keluarga besar Enda Gandaresmi yang memberikan saya banyak infromasi manarik ini.

Suami dari almarhum ibu Enda ini adalah salah satu alumni terbaik dari Kweekschool Lembang di tahun 1927, ia bernama Raden Mas Dendasasmita. Setelah dilacak cukup lama, Raden Mas Dendasasmita ini adalah anak dari ketua Loji teosifi  Galih Pakuan di Bandung  dan ia pun adalah pendiri sebuah sekolah dasar negri di kawasan Cihampelas.

*Kawan-kawan dapat membaca tulisan-tulisan lain tentang Sejarah Lembang

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//