• Kampus
  • Peserta UTBK SBMPTN Unpad Wajib Membaca Ketentuan Berikut Ini

Peserta UTBK SBMPTN Unpad Wajib Membaca Ketentuan Berikut Ini

Terdapat rute angkutan gratis bagi peserta yang tidak membawa kendaraan pribadi menuju lokasi UTBK SBMPTN Unpad.

Kampus Universitas Padjadjaran (Unpar), Bandung, Kamis (16/9/2021). Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung. (Foto: Miftahudin Mulfi/BandungBergerak.id)

Penulis Iman Herdiana15 Mei 2022


BandungBergerak.idCalon mahasiswa kini siap-siap mengikuti UTBK-SBMPTN di pusat-pusat penyelenggara UTBK, antara lain di kampus Unpad, mulai Selasa (17/5/2022). Saat datang ke tempat ujian nanti, peserta UTBK-SBMPTN wajib membawa persyaratan kelengkapan yang ditetapkan panitia, yaitu kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2022, surat keterangan kelas XII atau keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022, ijazah yang sudah dilegalisasi bagi peserta lulusan 2020-2021, kartu identitas.

Selain itu, Koordinator Pelaksana UTBK Unpad Inu Isnaeni Sidiq, mengingatkan peserta jangan sampai lupa dengan perlengkapan protokol kesehatan, yaitu penyanitasi tangan (hand sanitizer) dan masker medis cadangan.

Setiap peserta wajib terdaftar dan memiliki aplikasi PeduliLindungi yang terinstal di perangkat ponsel pintar yang dibawa saat ujian.

“Rata-rata jumlah peserta ujian yang hadir di Unpad setiap harinya adalah 1.235 orang. Jika dijumlahkan dengan panitia, kurang lebih berjumlah 1.516. Jadi kalau dilihat dari protokol kesehatan masih aman karena luas Unpad yang jauh lebih besar,” ujar Inu Isnaeni Sidiq, dikutip dari laman resmi Unpad, Minggu (15/5/2022).

Inu mengatakan, pelaksanaan UTBK Unpad terbagi dalam dua Gelombang. Gelombang I digelar 17-23 Mei, sedangkan gelombang II pada 28 – 31 Mei. Ujian dibagi dalam 19 sesi. Satu hari ujian dibagi dalam dua sesi.

Untuk sesi pagi, peserta diwajibkan sudah berada di ruangan ujian pada pukul 6.45 WIB. Sementara untuk sesi siang, peserta wajib berada di ruangan ujian pada pukul 12.30 WIB. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unpad digelar di 26 laboratorium komputer di kampus Jatinangor.

Laboratorium tersebut berada di Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Gedung D Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus Departemen Statistika Fakultas MIPA, serta Fakultas Farmasi.

Lebih lanjut Inu menjelaskan terkait ketentuan berpakaian selama mengikuti UTBK-SBMPTN. Hal utama yang harus diperhatikan adalah, peserta mengenakan pakaian rapi dan sopan, mengenakan kemeja, celana panjang tidak sobek, dan wajib menggunakan sepatu. Informasi dan ketentuan lebih lanjut dapat mengakses laman resmi LTMPT atau di halaman https://www.unpad.ac.id/utbk/.

Protokol Kesehatan Inu memastikan bahwa Unpad akan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Sebelum pelaksanaan Ujian, akan dilakukan skrining pada peserta terkait status vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Bagi peserta yang belum menerima vaksinasi dapat membawa hasil tes Rapid Antigen 1×24 jam maupun hasil tes PCR maksimal 2×24 jam.

Baca Juga: Ruang Publik di Bandung Cenderung Kaku dan Berjarak
Wajah Murung Sungai Citarum
Krisis Sungai dan Air Bersih Kota Bandung dalam Video Animasi

Angkutan Gratis dalam Kampus

Peserta juga tidak boleh melupakan rute menuju lokasi UTBK SBMPTN Unpad. Inu mengatakan, ada jalur khusus bagi peserta yang membawa kendaraan pribadi. Bagi peserta yang menempuh kendaraan umum, jangan khwatir karena di Unpad terdapat angkutan gratis.

“Untuk Informasi rute akses kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi masuk melalui pintu A, bisa juga masuk dari jalan raya Bandung – Sumedang dan Via Tol baru. Bagi peserta yang memakai angkutan umum bisa masuk dari pintu bawah (gerlam) nanti ada angkutan kampus yang beroperasi dari UTBK di mulai hingga selesai,” ungkap Inu.

Berikut ini adalah rute angkutan gratis Unpad:

Jalur IPA ATM Center – FKG – FK- FKep – Fapsi – FMIPA – Faperta – Fapet – FTIP – FPIK – Pintu A – Rektorat Farmasi – FTG- PPBS – Lab Sentral – Kandaga – Stadion Jati Padjadjran Jalur IPS ATM Center – FISIP – FIB – FH – Fikom – FEB – Bale Santika – FTG – PPBS – Lab Sentral – Kandaga – Stadion Jati Padjadjran.

Jam operasional angkutan gratis Unpad dimulai pukul 07.00 – 16.00 WIB. Angkutan gratis ini diperuntukkan bagi sivitas akademika dan tidak disewakan.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//