• Kampus
  • Daftar Kampus di Jawa Barat Tujuan Beasiswa LPDP Reguler 2021

Daftar Kampus di Jawa Barat Tujuan Beasiswa LPDP Reguler 2021

Pendaftaran Beasiswa LPDP dilakukan secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP.

Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudi, Bandung, Rabu (28/4/2021). UPI merupakan salah satu kampus negeri yang menyelenggarakan beasiswa LPDP. (Foto: Virliya Putricantika/BandungBergerak.id)

Penulis Iman Herdiana7 Mei 2021


BandungBergerak.idSetiap tahunnya, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan program beasiswa reguler magister/doktor (S2/S3) untuk warga negara Indonesia (WNI). Tahun 2021 ini pun pendaftaran beasiswa LPDP kembali dibuka, sejak 4 Mei 2021 lalu.

Beasiswa reguler diperuntukkan bagi WNI yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; WNI yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau WNI yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

Beasiswa Reguler LPDP tersedia untuk studi di kampus dalam dan luar negeri. Di Jawa Barat, terdapat kampus-kampus yang juga menerima mahasiswa beasiswa LPDP. Data yang dihimpun BandungBergerak.id, Jumat (7/5/2021) dari laman resmi LPDP Kemenkeu, ada beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat yang masuk Daftar Perguruan Tinggi Beasiswa Reguler 2021.

Untuk jenjang magister, kampus-kampus Jawa Barat itu terdiri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus-kampus Jawa Barat yang menerima beasiswa reguler LPDP jenjang doktor terdiri dari ITB, IPB, Unpad, UPI, dan UI.

Pendaftaran Beasiswa LPDP dilakukan secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Peserta harus melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

Di laman LPDP juga tersedian buku panduan pendaftaran yang mencakup ketentuan dan persyaratan mendaftar, dokumen yang wajib dipenuhi, format surat rekomendasi, format surat pernyataan, dan contoh sertifikat bahasa yang memenuhi ketentuan.

Baca Juga: Konferensi Asia Afrika dan Sukarno di Mata Pram
Mencermati Teknologi Robot yang Semakin Dekat dengan Manusia
Colenak Murdi dan Sate Madrawi Jamuan KAA 1955
FKUI Teliti Kesediaan Mahasiswa Kedokteran Menjadi Relawan Pandemi Covid-19

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Jadwal Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia dibuka Tahap 1 dan Tahap 2. Tahap/Gelombang 1 untuk pendaftar yang memiliki Letter of Acceptance (LoA) Unconditional, dan Gelombang 2 untuk pendaftar yang belum memiliki LoA Unconditional. LoA Unconditional adalah surat pernyataan bahwa telah diterima di sebuah perguruan tinggi tanpa syarat. Artinya, kandidat hanya tinggal melakukan registrasi ulang saja.

Informasi yang tercantum dalam unconditional LoA antara lain: program studi; durasi studi; awal perkuliahan (intake); dan informasi mengenai langkah berikutnya untuk memulai perkuliahan, seperti registrasi ulang, pembayaran, dan lain-lain.

LoA Conditional adalah surat pernyataan bahwa telah diterima di sebuah perguruan tinggi dengan beberapa persyaratan tertentu. Artinya, kandidat belum sepenuhnya dinyatakan diterima karena belum memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan, misalnya:

TOEFL/IELTS belum memenuhi skor yang disyaratkan; belum menyerahkan tema riset/penelitian; belum menyerahkan dokumen untuk persyaratan pendaftaran perguruan tinggi, contohnya ijazah dan transkrip nilai; belum menyerahkan pernyataan sponsorship, dan lain-lain.

Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Umum LPDP dimulai 4 Mei 2021 dan akan ditutup 1 Juni 2021. Sedangkan pendaftaran Tahap/Gelombang 2 dimulai 1 Agustus 2021, dan penutupan pendaftaran 8 September 2021.

Apa saja komponen biaya yang diberikan?

Beasiswa reguler LPDP menanggung biaya pendidikan dan biaya pendukung selama menempuh studi, meliputi Biaya Pendaftaran, Biaya SPP/Tuition Fee, Tunjangan Buku, Biaya Penelitian Tesis/Disertasi, Biaya Seminar Internasional, Biaya Publikasi Jurnal Internasional. 

Sementara biaya pendukung, meliputi Transportasi, Aplikasi Visa/Residence Permit, Asuransi Kesehatan, Biaya Hidup Bulanan, Biaya Kedatangan, Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan), Tunjangan keluarga (khusus doktor).

Editor: Redaksi

COMMENTS

//