• Kampus
  • Mengenal 5 Beasiswa di Kampus Unpar

Mengenal 5 Beasiswa di Kampus Unpar

Mayoritas beasiswa Unpar diberikan kepada mahasiswa berprestasi, walaupun ada juga beasiswa untuk mahasiswa dan mahasiswi yang terkendala finansial.

Kampus Unpar, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung. Unpar menyediakan sedikitnya lima beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. (Dok Unpar, 2021)

Penulis Iman Herdiana5 Juli 2021


BandungBergerak.idSebagaimana kampus lainnya di Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan (Unapar), Bandung, menyediakan beasiswa bagi putra-putri terbaiknya. Ada lima jenis program beasiswa yang disediakan Unpar. Mayoritas beasiswa Unpar diberikan kepada mahasiswa berprestasi, walaupun ada juga beasiswa untuk mahasiswa dan mahasiswi yang terkendala finansial.

Berikut ini lima program beasiswa kampus yang berpusat di Jalan Ciumuleuit, Bandung, tersebut, sebagaimana dikutip dari laman resmi, Senin (5/7/2021):

Penghargaan Arindama

Arindama dalam bahasa Sansekerta mempunyai arti “pemenang; juara”. Penghargaan ini diberikan Unpar sebagai apresiasi atas capaian prestasi non-akademik mahasiswa-mahasiswi di suatu perlombaan/kejuaraan.

Melalui Penghargaan Arindama, Unpar memberikan insentif kepada mahasiswa-mahasiswi yang berpretasi pada kompetisi tingkat regional, nasional, atau internasional. Penghargaan Arindama dilakukan tiga kali dalam satu tahun. Para mahasiswa-mahasiswi berprestasi akan diberikan penghargaan berupa uang tunai melalui transfer ke rekening mahasiswa.

Beasiswa Kriyasadana

Dalam bahasa Sansekerta, kriyasadana dapat diartikan sebagai prestasi dalam akademik. Beasiswa Unpar Kriyasadana sebagai penghargaan atas capaian IPK tertinggi kepada 5 (lima) orang mahasiswa-mahasiswi di masing-masing program studi. Melalui beasiswa ini, Unparbermaksud untuk memberi penghargaan atas keberhasilan mahasiswa-mahasiswi di bidang akademik sebagai prestasi akademik tertinggi pada suatu semester.

Beasiswa Santyaya Bhakti

Santyaya Bhakti dalam bahasa Jawa Kuno (Kawi) berarti terlibat dalam membangun masyarakat dan merawat kehidupan. Dengan semangat ini, Unpar menyediakan Beasiswa Unpar Santyaya Bhakti sebagai apresiasi dan harapan terhadap mahasiswa yang terpilih sebagai pemimpin dalam organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan.

Beasiswa ini diberikan agar meningkatkan program kerja yang inovatif dan sejalan Tridharma Perguruan Tinggi, serta mengembangkan potensi dan capaian prestasi non-akademik bagi mahasiswa Unpar. Beasiswa Santyaya Bhakti terbagi dalam dua jenis yaitu:

Baca Juga: Unpad Buka Pendaftaran Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship
Unpad Buka Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek Jenjang S1, S2 dan S3
Syarat Mendaftar Beasiswa Reguler LPDP 2021
Persyaratan Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek 2021
Syarat Program Beasiswa Aperti BUMN 2021

Santyaya Bhakti Kartala

Beasiswa diberikan untuk mahasiswa-mahasiswi yang terpilih sebagai pemimpin berdasarkan hasil pemilu mahasiswa (Badan Eksekutif Mahasiswa, Senat Mahasiswa, Badan Pemeriksa, Ketua Himpunan Program Studi). Beasiswa ini diberikan saat periode kepengurusan.

Santyaya Bhakti Pradipa

Beasiswa diberikan untuk mahasiswa-mahasiswi yang terpilih sebagai Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa pada sidang umum pelantikan Persatuan Mahasiswa yang disahkan oleh Rektor. Beasiswa ini diberikan setelah periode kepengurusan.

Beasiswa Silih Asuh

Silih asuh diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti “saling mengasuh, merawat, membina”. Unpar menyediakan Beasiswa Silih Asuh untuk mahasiswa-mahasiswi aktif yang secara umum memiliki kendala finansial dalam menjalani perkuliahan.

Selain itu, beasiswa ini juga diperuntukkan untuk mahasiswa-mahasiswi penyandang disabilitas atau kebutuhan lain (faktor ekonomi dan kesehatan), serta untuk mahasiswa-mahasiswi yatim piatu yang bertempat tinggal di panti asuhan atau panti sosial.

Beasiswa Silih Asuh dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa menyelesaikan pendidikannya di Unpar, meski di tengah keterbatasan finansial, fisik/kesehatan, atau kendala lainnya.

Cara Mengajukan Beasiswa Unpar

Beragam beasiswa tersebut sebagai bentuk komitmen Unpar dalam memberikan kesempatan belajar bagi kaum muda yang berpotensi akademik memadai namun secara ekonomis perlu memperoleh bantuan.

Keberadaan beasiswa, pada awalnya terlahir atas dorongan kuat para pendiri Unpar untuk mewujudnyatakan semangat keberpihakan kepada yang lemah atau lebih dikenal dengan istilah Preferensial Option For The Poor. Selain itu, beasiswa Universitas Katolik Parahyangan juga bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar semakin mampu mengaktualisasi dan meningkatkan kualitas diri dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Beasiswa bagi mahasiswa Unpar dalam bentuk: Pemberian keringanan biaya studi; Pemberian bantuan biaya studi; Pemberian penghargaan kepada mahasiswa peraih prestasi akademik maupun non akademik; dan kepada mahasiswa yang dinilai telah memberi kontribusi positif bagi Unpar.

Penyaluran beasiswa kepada para mahasiswa dilakukan secara administratif dalam bentuk pengurangan jumlah tagihan biaya studi dan tidak dalam bentuk tunai.

Beasiswa diberikan atas dasar adanya permohonan dari calon mahasiswa atau mahasiswa, baik yang memerlukan keringanan atau bantuan biaya studi, maupun mahasiswa peraih prestasi dan atau mahasiswa yang merasa dirinya telah memberi kontribusi positif bagi Unpar sehingga layak diberi penghargaan berupa beasiswa atas dasar pertimbangan Rektor.

Untuk permohonan beasiswa mahasiswa baru, dapat dilakukan dengan cara klik pengajuan beasiswa saat melakukan pengisian data pendaftaran mahasiswa baru di laman resmi Unpar.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//