• Kampus
  • Unpas dan Unpad Menerima Mahasiswa Asing Melalui Beasiswa Darmasiswa

Unpas dan Unpad Menerima Mahasiswa Asing Melalui Beasiswa Darmasiswa

Beasiswa darmasiswa merupakan program penerimaan mahasiswa asing di kampus-kampus Indonesia, antara lain Unpas dan Unpad.

Animasi mahasiswa dalam buku Panduan Pelaksanaan Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul, Kemendikbudristek. (Sumber: Kemendikbudristek)*

Penulis Iman Herdiana13 Februari 2023


BandungBergerak.idPemerintah melalui Kemendikbudristek kembali membuka beasiswa Darmasiswa bagi mahasiswa asing dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Sejumlah kampus menyelenggarakan beasiswa Darmasiswa, di antaranya Universitas Pasundan (Unpas) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Darmasiswa merupakan program beasiswa nongelar dengan durasi satu tahun. Lewat program Darmasiswa, Mahasiswa asing berkesempatan mempelajari bahasa dan budaya Indonesia di perguruan tinggi pilihannya.

Sebelumnya, program beasiswa Darmasiswa terakhir diselenggarakan pada tahun akademik 2019/2020 dan terpaksa ditiadakan selama tiga tahun akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Selain meningkatkan minat mahasiswa asing terhadap bahasa dan budaya Indonesia, program Darmasiswa juga bertujuan membangun hubungan budaya dan pemahaman yang lebih kuat di antara negara yang berpartisipasi.

Unpas sejak 2005 sudah terlibat dalam program beasiswa Darmasiswa. Wakil Rektor I Unpas Jaja Suteja menyampaikan, pada tahun akademik 2019/2020, Unpas menerima 6 mahasiswa dari lima negara, yaitu Thailand, Madagaskar, Turki, Saudi Arabia, dan Sudan.

“Pada bulan Mei 2020, pandemi semakin menguat, sehingga sesaat setelah penerbangan internasional dibuka sejumlah mahasiswa memilih untuk pulang ke negara masing-masing atau karena adanya permintaan dari kedutaan besar negaranya,” jelasnya, dikutip dari laman Unpas, Selasa (13/2/2023). 

Kondisi pandemi mengakibatkan sulitnya melakukan pembelajaran daring karena konsentrasi mahasiswa dan pengajar terpecah. Akhirnya, pada Juli 2020, Unpas mengadakan penutupan program Darmasiswa sekaligus menyerahkan sertifikat kepada peserta.

Unpas menyiapkan berbagai program yang dirancang khusus untuk memastikan mahasiswa memperoleh pengalaman yang tak terlupakan selama berada di Unpas. Unpas juga memberikan fasilitas dan program pembelajaran yang menarik.

“Mahasiswa wanita ditempatkan di Asrama Putri Hj. Fatimah, Kampus Setiabudhi. Sedangkan untuk mahasiswa laki-laki difasilitasi tempat tinggal berupa kos di lingkungan sekitar kampus,” tuturnya.

Jaja menambahkan, Unpas menyatakan siap menjadi pengelola program Darmasiswa tahun akademik 2023/2024.

“Fasilitas asrama (putri), tempat tinggal (kos) putra, dosen pengajar, dan materi ajar tengah dipersiapkan dan sebagian memang telah tertata sejak beberapa tahun penyelenggaraan,” tukasnya.

Baca Juga: Penawaran Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2023/2024 untuk Mahasiswa Unpad
Universitas Islam Bandung Sudah Membuka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru
Ini Program Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Unpar Bandung Tahun 2023

Program Darmasiswa Unpad

Program beasiswa Darmasiswa juga diselenggarakan Unpad. Melalui program beasiswa ini diharapkan terjadi kemitraan kolaboratif dengan universitas internasional.

Beberapa kegiatan yang sejalan dengan program beasiswa Darmasiswa Unpad diselenggarakan oleh Kantor Internasional Unpad. Program yang dijalankan antara lain International Orientation Day, untuk memperkenalkan Unpad kepada mahasiswa internasional. International Day merupakan acara satu hari yang diadakan untuk memberikan pemahaman global dan pengalaman antar budaya. Ada juga Program Musim Panas yang merupakan program tahunan untuk mempromosikan persahabatan lintas negara sambil menjelajahi Indonesia.

Semua siswa Darmasiswa belajar bahasa Indonesia di BIPA. BIPA Unpad merupakan Program Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang diadakan di Universitas Padjadjaran. Program ini ditujukan untuk orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia. Program pengajaran BIPA telah berjalan sejak tahun 1980. Saat ini, Program BIPA berada di bawah Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//