• Kolom
  • MEMORABILIA BUKU (25): Kaleidoskop Buku Bandung 2021, Menggelar Lagi Pameran Buku

MEMORABILIA BUKU (25): Kaleidoskop Buku Bandung 2021, Menggelar Lagi Pameran Buku

Masih di tengah pandemi, kegiatan perbukuan di Kota Bandung kembali menggeliat di sepanjang 2021. Tercatat 200 acara perbukuan, termasuk tiga kali pameran buku.

Deni Rachman

Pemilik Lawang Buku, pegiat perbukuan, dan penulis buku Pohon Buku di Bandung.

Suasana pameran buku luring (luar ruangan) Ramadhan Post Book yang digelar di tiap akhir pekan sepanjang April-Mei 2021 di Graha Pos, Kota Bandung. Selain jual-beli, pameran juga diramaikan dengan beberapa diskusi. (Foto: Virliya Putricantika/BandungBergerak.id)

5 Januari 2022


BandungBergerak.id - Lewat penelusuran informasi, berhasil dihimpun sekitar 200 mata acara perbukuan yang berlangsung di Bandung selama masa pandemi Covid-19 tahun 2021. Acara itu sebagian besar digelar secara daring melalui pelbagai platform digital, mulai dari Instagram, Zoom, Googlemeet, YouTube, hingga podcast. Suatu fenomena yang khas dan unik yang belum pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya!

Pameran buku pertama kali di tahun 2021 rupanya digelar oleh Out of the Boox Bandung di bulan Februari, dilanjutkan oleh komunitas KubuBuku lewat Ramadhan Post Book di bulan April hingga Mei dan Pameran Dunia Ibu dan Anak yang diselenggarakan di Graha Manggala Siliwangi di penghujung tahun 2021. Pameran buku rutin Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat yang selalu digelar di Landmark, Jalan Braga, kabarnya masih belum mendapatkan izin dari pihak kepolisian setempat.

Selamat datang kembali pameran buku! Begitu kurang lebih sedikit kelegaan yang saya rasakan sambil melihat situasi di antara cemas dan waswas para pegiat buku dan pembaca yang sempat menghadiri beberapa gelaran pameran buku di Bandung sepanjang tahun 2021.

Tutup Gelaran Buku sejak Maret 2020

Gelaran Liga Buku Bandung 2020 menjadi penanda dihentikannya seluruh temu buku. Liga Buku Bandung sebagai gelaran tahunan andalan para penerbit dan agensi buku sejak tahun 2018 itu rencananya akan digelar pada tanggal 3-12 April 2020 di GOR Saparua Bandung. Gelaran buku yang sedianya akan saya ikuti itu ditunda oleh pihak panitia hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penantian demi penantian akan adanya gelaran buku, dilalui sambil menghitung bulan demi bulan.

Agustus 2020 terlewati, suasana masih murung oleh isolasi. Padahal pada bulan itu biasanya digelar Jabar Book Fair di Landmark. November dan Desember 2020 juga akhirnya terlewati. Perkiraan kawan saya yang seorang jurnalis tepat. Pandemi ini akhirnya tembus berlanjut hingga akhir tahun.

Adaptasi, antara Jaga Kewarasan dan Kejenuhan

Beberapa rekan mengajak saya bergabung mengadakan reli webinar buku secara langsung melalui Zoom, Google Meet, YouTube, dan Instagram. Untuk beberapa bulan antara Juli hingga September 2020, sebagian acaranya masih bisa saya ikuti sebagai bagian juga menjaga mental dan pikiran agar tetap waras di tengah situasi pandemi yang tak menentu. Namun, akhirnya keterbatasan dana pulsa data dan kejenuhan menyerang.

Penjualan di swapasar seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, termasuk di Instagram, stagnan karena sejurus dengan daya beli pelanggan yang semakin menurun. Situasi ekonomi yang serbapas-pasan mengutamakan kebutuhan sembako dan kebutuhan primer lainnya sebagai jurus bertahan saat itu.

Keputusan saya untuk melanjutkan penerbitan buku dengan sistem jumlah terbatas menjadi solusi jangka pendek mengatasi kebuntuan. Puji syukur, ada sekitar tujuh judul yang kemudian lahir dan bernapas menghidupi dapur hingga terus ngebul menembus awal tahun 2021. Novel bertemakan petrus (penembak misterius) zaman Orde Baru Melukis Jalan Astana karya Iman Herdiana menjadi penanda kehidupan buku di tahun baru 2021.

Baca Juga: MEMORABILIA BUKU (24): Moro Rezeki di “Moro Referensi” Unisba 2017
MEMORABILIA BUKU (23): Berkelana ke Bandung Tempo Dulu di Kota Baru Parahyangan
MEMORABILIA BUKU (22): Soemardja Book Fair, Gelaran Buku Kolektif di ITB 2017-2019

Anomali Covid-19 di Tahun 2021

Ada beberapa fenomena yang bisa saya simpulkan sementara dari perjalanan buku di Bandung selama setahun 2021 yang baru ditutup beberapa hari lalu. Para pegiat buku yang melihat tiadanya kemungkinan tatap muka, mengambil peluang memindahkan seluruh gelaran buku ke platform digital. Kalaupun ada pameran buku, penyelenggara betul-betul harus mengantongi banyak izin, dari pengurus warga setempat hingga ke kepolisian. Ditambah lagi keharusan adanya pengawasan dari Satgas Covid-19. Standar protokol kesehatan pun mesti ketat diterapkan.

Dari penelusuran data di media digital dan hasil bertanya sana-sini kepada para pegiat buku dan tim redaksi BandungBergerak.id, saya berhasil menghimpun sekitar 200 mata acara perbukuan selama 12 bulan di tahun 2021. Pengelompokan acara perbukuan diurutkan per bulan berdasarkan tanggal, lalu nama kegiatan, nama pegiat buku yang terlibat, tempat kegiatan (daring, luring, atau hibrida), serta siapa penyelenggaranya.

Bulan Juni dan Juli 2021 merupakan sejoli yang terasa amat horor bagi saya. Angka penyintas Covid-19 menyentuh puncak hingga ratusan ribu orang. Banyak korban berjatuhan. Hampir setiap hari toa masjid di sekitar rumah saya mengumumkan kabar duka meninggal dunia. Begitu pula di grup WhatsApp rukun tetangga. Ucapan berbela sungkawa hampir disematkan setiap hari. Seluruh pusat perbelanjaan ditutup, lalu lintas ruas jalan di Bandung banyak disekat, dan pekerjaan banyak dilakukan dari rumah (WFH).  

Sebulan seusai sukses menggelar Ramadhan Post Book di bulan Mei, saya pun turut menjalani isolasi mandiri dan sakit internist yang berlanjut selama beberapa bulan. Praktis penjualan buku di Instagram, swapasar, dan pameran, terhenti selama hampir 2 bulan, semhari saya merasakan ‘keanehan tubuh’ pascaisoman. Saudara dan kawan-kawan berkirim hantaran multivitamin, madu, dan penganan.

Di kedua bulan itu, beberapa kawan pegiat buku terserang Covid-19. Duka cita meliputi keluarga penulis Hafidz Azhar dan Taufik Ramadhan Barli (ketua Soemardja Book Fair 2019) karena masing-masing ayahandanya wafat. Seluruh anggota keduanya melakukan isoman. Hafidz sempat melayangkan surat terbuka kepada Wali Kota Bandung karena buruknya penanganan oleh tenaga kesehatan saat sang ayahanda kritis.

Pameran buku Haus Buku di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut, Bandung, diwarnai pentas musik akustik. Pameran berlangsung sejak 28 Oktober hingga 2 November 2021. (Foto: Ari Maulidani/BandungBergerak.id)
Pameran buku Haus Buku di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut, Bandung, diwarnai pentas musik akustik. Pameran berlangsung sejak 28 Oktober hingga 2 November 2021. (Foto: Ari Maulidani/BandungBergerak.id)

Inisiatif Warga Bantu Warga

Di tengah kemurungan, muncul juga insiatif-inisiatif baik yang lahir di tengah warga. Solidaritas Sosial Bandung (SSB) besutan jaringan Rumah Bintang dan Teman Bantu Teman membantu meringankan duka nestapa dan kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok para pegiat buku yang terdampak Covid-19.

Di bulan-bulan itu, saya terus menjaga kontak dengan Nikki Suryaman dan Yandi yang berjaga-jaga di SSB, yang kemudian menyalurkan paket bantuan dari rumah ke rumah kepada para pegiat buku yang terdampak Covid-19. Inisiatif ketahanan pangan, ketahanan pustaka, dan pandemi ini bukanlah sekonyong-kenyong karena ada situasi yang sangat darurat. Sepengetahuan saya, inisiatif ini sudah digalang sebelum pandemi.

Sementara itu, lewat program Teman Bantu Teman yang digalang oleh para pegiat literasi se-Indonesia, hingga 10 Desember 2021 telah terkumpul total donasi sebesar 213.474.527 rupiah dan dana yang telah tersalurkan sebesar 173.107.106 rupiah.

Inisiatif-inisiatif warga di tengah pandemi ini merespons cita-cita para pegiat literasi jauh sebelum wabah untuk bisa menolong secara swadaya para pegiat literasi. Dua orang yang saya kenal dan terlibat dalam penggalangan donasi ini adalah Tri Chatami Harianto (Bandung, pegiat di Marjin Kiri) dan Zulkifli Songyanan (Tasikmalaya, jurnalis). Salam respek untuk kawan-kawan yang bahu-membahu dalam suka duka dan tetaplah lanjutkan perjuangan membangun ketahanan pustaka!

Selamat menyimak kronik perbukuan di Bandung tahun 2021! Saran dan masukan dari pembaca sangat saya harapkan, terutama menginformasikan jika ada kegiatan yang masih belum tercantum dalam kronik ini. Salambuku!

  1. Januari 2021
    1. 6 Januari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara Asian-African Reading Club (AARC).
    2. 11 Januari. Talkshow Buku Mengenal Filsafat Islam. Bersama: Haidar Bagir & Ilyas Supena. Live Zoom & YouTube. Penyelenggara: Mizan.
    3. 13 Januari 2021. Webinar: Brainstorm Ideas for Writing & Speaking. Bersama Fauzi Noerwenda dan Evi Sri Rezeki. Live IG.
    4. 13 Januari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    5. 15 Januari. Ngobrolin Buku: Buku Paling Berkesan di tahun 2020. Live IG. Penyelenggara: Mizan Store & Rakata.
    6. 16 Januari. Roompi Corner Episode 3: A Good Leader is a Reader, bersama Dea Tantyo. Pemandu: Sukmawati. Live IG. Penyelenggara: Salman Reading Corner.
    7. 19 Januari. Ngaguar Buku Sastra Sunda nu Medal tahun 2020: Carpon. Bersama: M. Malik. Live Zoom. Penyelenggara: PP-SS.
    8. 20 Januari. Ngobrolin Buku 3 Buku Remaja yang Punya Keunikan. Live IG. Penyelenggara: Mizan Store & Rakata.
    9. 20 Januari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    10. 23 Januari. Ngaguar Buku Sastra Sunda nu Medal tahun 2020: Puisi. Bersama: Etti R.S. Penyelenggara: PP-SS (live Zoom)
    11. 23 Januari. Akses aplikasi e-Pustaka Bandung di Playstore. Perpustakaan Kota Bandung belum bisa dibuka untuk umum dikarenakan pandemi. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    12. 24 Januari. Sawala Purnama Alam dalam Bentangan Zaman. Bersama Etti R.S., Hawe Setiawan, Cecep Burdiansyah, dan Tisna Sanjaya. Perpustakaan Ajip Rosidi (Live Zoom & YouTube).
    13. 25 Januari. Talkshow & Kick Off Peluncuran Buku Buat Apa Shalat?! Bersama Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca, Haidar Bagir, Lukman Hakim Saifuddin. Pemandu: Ligwina Hananto. Penyelenggara: Mizan (live Zoom & YouTube).
    14. 26 Januari – 28 Februari. Lomba foto/ sketsa/ kolase disertai narasi pengalaman dan harapan terhadap Kota Bandung. Dalam rangka HUT Bandung Heritage & Hari Pusaka Dunia 2021. Sebanyak 50 karya terpilih akan dibukukan. Daring. Penyelenggara: Bandung Heritage & Oleh-oleh Boekoe Bandoeng.
    15. 27 Januari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara: AARC.
    16. 29 Januari. Kelas Literasi: Pengenalan Saham. Live Zoom. Penyelenggara: Komunitas Aleut.
    17. 3o Januari. Perpus Jalanan Bandung melapak lagi. Taman Cikapayang Dago. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    18. 30 Januari. Ngaguar Buku Sastra Sunda nu Medal tahun 2020: Carpon. Bersama: M. Malik. Live Zoom. Penyelenggara: PP-SS.
    19. 30 Januari. Ngaguar Buku Sastra Sunda nu Medal tahun 2020: Novel. Bersama: Atep Kurnia. Live Zoom. Penyelenggara: PP-SS.
    20. 31 Januari. Anugerah Sastera Rancage 2021. Bersama Erry Riyana Hardjapamekas, Nadiem Makarim, dan Hilmar Farid. Live Zoom & YouTube. Penyelenggara: Yayasan Kebudayaan Rancage.  
  1. Februari 2021
    1. 1-6 Februari. Belajar Menulis Bareng Rakata. Forum Rakata. Penyelenggara: Rakata.
    2. 2 Februari. Roompi Corner Episode Spesial: Bagaimana Menjadi Bangsa Pembaca, bersama Adew Habtsa. Host: Danyawan Haflah. Live IG. Penyelenggara: Salman Reading Corner.
    3. 3 Februari. Tadarus Buku Spesial, Dua Puluh Cerita Asia, dalam rangka World Read Aloud Day. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC
    4. 6 Februari. Perpus Jalanan Bandung melapak lagi. Depan Taman Cikapayang. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    5. 10 Februari. Bedah Arsip dan Foto Inggit Garnasih. Dalam rangka Bulan Cinta Inggit Garnasih ke-7. BersamaTito Asmarahadi dan Deni Rachman. Live IG. Penyelenggara: Lokra.
    6. 10 Februari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    7. 14 Februari. Diskusi di Balik Prahara Secarik Kertas. Dalam rangka Bulan Cinta Inggit Garnasih ke-7. BersamaTito Asmarahadi dan Deni Rachman. Live IG dan YouTube. Penyelenggara: Lokra.
    8. 14-26 Februari. Literacy Relay – Literacy for All. Luring (Pendopo Kota Bandung) dan daring. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    9. 15 Februari. The Colorful World of Teen Literature. Bersama Dila Maretihaqsari. Pemandu: Yoga Palwaguna. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    10. 15 Februari. Malam Puisi Inggit Garnasih. Kedai Merawat Kopi Gunung Institut. Live IG. Penyelenggara: Lokra.
    11. 17 Februari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    12. 18 Februari – 2 Agustus. Ngobrol Bareng Teman Rubin Episode 1 – 31. Kantung Literasi dan Pangan se-Nusantara. Live IG). Penyelenggara: Rumah Bintang.
    13. 19 Februari. My Day as a Young Writer. Bersama Eko Ivano. Live IG. Pemandu: Yoga Palwaguna. Penyelenggara: Rakata.
    14. 19 Februari. Kelas Menulis Rumah Bintang. Antapani. Luring. Penyelenggara: Rumah Bintang.
    15. 20 Februari-7 Maret. Out of the Boox Bandung: Buku Lokal, Buku Internasional, Al Quran. Ground Floor Braga Citywalk (luring0. Penyelenggara: Mizan.
    16. 23 Februari. Live Launching Pre-order Kimbab Family. Bersama: Kimbab Family. (live Shopee). Penyelenggara: Mizan.
    17. Februari – Maret. Reading Group Buku Dunia Shopie karya Jostein Gaarder. Setiap Jumat malam. Live Zoom. Penyelenggara: Pamatri Literasi.
    18. 24 Februari. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hybrid). Penyelenggara AARC.
    19. 24 Februari. FGD Online. Bandung Kota Literasi Seru, What can We Do? Bunda Literasi setiap Kelurahan se-Kota Bandung. Penyelenggara: Pokja Literasi & Disarpus Kota Bandung.
    20. 25 Februari. Workshop bersama Duta Bercerita di 151 Kelurahan di Kota Bandung. Bersama Eka Wardhana. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    21. 26 Februari. Ngofie Tjinta Inggit. Inggit Garnasih di Mata Pegiat Buku. Bersama Andrenaline Katarsis. Pemandu: Deni Rachman. Live IG dan YouTube. Penyelenggara: Lokra dan Studio 301.
    22. 28 Februari. Roompi Corner Episode 5: Komunitas dan Konsistensi Membaca, bersama Taufik R. Pemandu: Barli. (Live IG). Pemandu: Sukmawati. Penyelenggara: Salman Reading Corner.
  1. Maret 2021
    1. 3 Maret. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    2. 5 Maret. Beyond Wour World, Keragaman Cerita dalam Novel Remaja itu Penting. Bresama Chandra Bientang. Pemandu: Yoga Palwaguna. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    3. 6 Maret. Perpus Jalanan Bandung melapak lagi: Tumbuh & Membusuk di Jalan. Taman Cikapayang. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    4. 6 Maret. Bedah Buku Bandung di Persimpangan Kiri Jalan. Bersama Hawe Setiawan, J.J. Rizal, Hafidz Azhar. Pemandu: Deni Rachman. Live Zoom. Penyelenggara: Penerbit ProPublic.info.
    5. 7 Maret. Kelas Menulis: Merancang Cerita Menarik tanpa Toksik. Bersama Bayu Permana. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    6. 10 Maret. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    7. 11 Maret. Launching Virtual & Bedah Novel Melukis Jalan Astana. Bersama Iman Herdiana, Evi Sri Rezeki, Prima Mulia. Live IG. Pemandu: Ji Su. Penyelenggara: LawangBuku & Astina Art House.
    8. 11 Maret. Booktalk Rakata: Naga, Jangan Bucin! Bersama Andhyrama. Pemandu: Yoga Palwaguna. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    9. 13 Maret. Perpus Jalanan Bandung melapak lagi. Taman Cikapayang. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    10. 17 Maret. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    11. 20 Maret. Perpus Jalanan Bandung melapak lagi. Taman Cikapayang. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    12. 20 Maret. Roompi Corner Episode 6: Mengarungi Negeri Dongeng, bersama Rezania Fitria. Pemandu: Sukmawati. Live IG. Penyelenggara: Salman Reading.
    13. 20 Maret. Talk Show: Beyond the Numbers: Spiritualitas dalam Mengejar Produktivitas. Bersama Husein Ja’far Al-hadar. Live Zoom. Penyenggara: Rakata.
    14. 22 Maret. Pertunjukan Pantomim dan Mendongeng di Perpustakaan Ajip Rosidi. Bersama: Wanggi Hoed, Ratimaya, dkk. Hibrid. Penyelenggara: Kolaborasi Hari Pantomime Sedunia.
    15. 23 Maret. Monitoring & Evaluasi Program Kolecer (Kotak Literasi Cerdas). Kelurahan Sarijadi (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung & Dispusipda Jabar.
    16. 24 Maret. Tadarus Buku Pater Pancali karya Bhibutibhushan Banjeri. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    17. 25 Maret. Live Talkshow: Antara Karier dan Kebahagiaan, Gimana Biar Selaras? Bersama: Ali Zainal Abidin & Ayu Kartika Dewi. (live Zoom & YouTube). Penyelenggara: Mizan.
    18. 27 Maret. Bedah Buku Bandung di Persimpangan Kiri Jalan. Bersama Hazmirullah, Sartika Sari, Riki Nawawi, Hafidz Azhar. Live Zoom. Sambutan: Muhammad Adji & Aquarini Priyatna. Pemandu: Rudiansyah.
    19. 27 Maret. Kelas Menulis: Teknik Meramu Novel Biografis. Bersama: Tasaro G.K. (live Zoom). Penyelenggara: Rakata.
    20. 31 Maret. Tadarus Buku Andai Kita Tak Berpisah. Karya Faruq Juwaidah. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
  1. April 2021
    1. 1 – 30 April: Creatif! Rakata Cheerful Reading and Writing Fest! Daring. Penyelenggara: Rakata (Mizan).
    2. 7 April. Tadarus Buku Andai Kita Tak Berpisah. Karya Faruq Juwaidah. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    3. 7 April. Ngobrol Seru. Topik: Design, Ilustrasi, dan Cover Buku-Buku Bestseller. Bersama: Esti Budihabsari, Eka Kulniya Sally, Krisna Bayu S.A. Live Tokopedia. Penyelenggara: Mizan.
    4. 9 & 10 April: Dear Pejuang Nad Raka-Thon. Pelatihan dari Mentor Penulis: Kurnia Effendi, Ratih Kumala, Iksaka Banu, Hermawan Aksan, Yoga Palwaguna. Live FB Grup. Penyelenggara: Rakata.
    5. 9 April. Kelas Isolasi #125. Diskusi dan Bedah Karya Nasib Manusia Kisah Awal Uzahara, Eksil Rusia. Bersama Syarif Maulana, Susi Machdalena, David T. Hill, dan Gilang Bayu Santoso. Live Zoom. Penyelenggara: Kelas Isolasi & Ultimus.
    6. 17-19 April, 24-26 April, 1-3 Mei. Ramadhan Post Book. Lapakan Buku & Bincang Buku di Kantor Pos. Gedung Graha Pos Banda (hibrid). Penyelenggara: KubuBuku, PT Pos Properti, PointLab.
    7. 18 April. Bincang Buku Jejak Pers di Bandung. Bersama Tri Joko Her Riadi dan Indra Prayana. Pemandu: Luthfi. PointLab Graha Pos Banda (luring dan daring).. Penyelenggara: Ramadhan Post Book.
    8. 19 April. Ngobrol Bareng Teman Rubin Episode 19. Bersama Ratimaya (Pendongeng Bandung). Live IG. Penyelenggara: Rumah Bintang.
    9. 25 April. Bincang Buku Lantaran di Madu. Bersama Galuh Larasati & Andreas Arifin. Pemandu: Evi Sri Rezeki. PointLab Graha Pos Banda (hibrid). Penyelenggara: Ramadhan Post Book.
    10. 28 April. Peluncuran Buku Braille & Audiobook The Bandung Connection. Daring. Penyelenggara: Museum Konperensi Asia-Afrika (MKAA).
    11. 28 April Tadarus Buku Langit, Angin, Bintang, dan Puisi. Karya Yun Dong Ju. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    12. 30 April. Ngabubu-read. Nasib Manusia: Kisah Awal Uzahara, Eksil di Rusia. Bersama Syarif Maulana. Pemandu: M. Dandy. Live IG. Penyelenggara: Buku Lalu Buku & Ultimus.
  1. Mei 2021
    1. 1 Mei. Bincang Buku Oud Bandoeng dalam Kartu Pos. Bersama Sudarmawan Juwono, Iin Irawati. Pemandu: Teni Rohaeni. PointLab Graha Pos Indonesia (hibrid). Penyelenggara: Ramadhan Post Book.
    2. 5 Mei. Tadarus Buku Langit, Angin, Bintang, dan Puisi. Karya Yun Dong Ju. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    3. 20 Mei. Story Check Up#1 bersama Editor Bentang Belia, Dila Maretihaqsari. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    4. 22 Mei. Kami Melapak Lagi. Taman Cikapayang Dago. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    5. 22 Mei. Webinar Diskusi buku The Prophetic Wisdom Kisah-kisah Kearifan Para Nabi. Bersama: Nadirsyah Hosen dan Miftah F. Rakhmat. Live Zoom. Penyelenggara: Mizan
    6. 24 Mei. Aksi Praktis Misi Literasi. Silaturahim Literasi Melalui Momen Fitri bersama Kampoeng Baca Pelangi, Ahmad Junaidi (Jage Kastale Lombok), Mang Niki (Rumah Bintang Bandung), Asmariah (TBM Temon Jogja). Live Zoom. Penyelenggara: Kampung Baca Pelangi.
    7. 27 Mei. Story Check Up#2 bersama Noura Publishing, Suindrati Shinta. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    8. 29 Mei. Perpus Jalanan Bandung melapak kembali. Taman Cikapayang Dago. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    9. 29 Mei. Diskusi Publik Pekan Penghilangan Paksa “Tentang Antologi Cerita Pendek Berita Kehilangan: Ketika Sastrawan Indonesia Melawan Lupa”. Bersama Linda Christanty, Sabda Armandio, Syahar Banu, Fitri Nganthi Wani. Buku ini diterbitkan oleh Ultimus. Live YouTube. Penyelenggara: Kontras.
    10. 31 Mei. Donasi Buku Teman Rubin. Distribusi donasi buku, al-quran, iqro, dan alat tulis ke simpul Rumah Bintang Rubin. Luring. Penyelenggara: Rumah Bintang.
  1. Juni 2021
    1. 1-8 Juni. Anatomi Buku: Pameran, Booktalk, Community Gathering, Quiz & Giveaway. Anatomi Cofee (luring). Penyelenggara: Anatomi Coffee & LawangBuku.
    2. 2 Juni. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    3. 4 Juni. Bincang Buku Produsen Ontbijt Walanda Bandoeng. Bersama Sudarsono Katam & Jusair. Anatomi Cofee (hibrid). Pemandu: Deni Rachman. Penyelenggara: Anatomi Coffee & LawangBuku.
    4. 6 Juni. Bincang Buku Babad Kopi Parahyangan. Bersama Evi Sri Rezeki & Fahmi Iss Wahyudy. Pemandu: Ima Rochmawati. Anatomi Cofee (hibrid). Penyelenggara: Anatomi Coffee & LawangBuku.
    5. 9 Juni. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    6. 7 -8 Juni. Simposium Digitalisasi Aksara Sunda. Live Zoom. Penyelenggara: Merajut Indonesia.
    7. 10 Juni. Story Check Up#3 bersama Editor Mizan Publishing, Ilham Miftahuddin. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    8. 15 Juni. Live Talkshow: Hidup Mau Ngapain? Bersama Ali Zaenal Abidin dan Husein Ja’far. Live Zoom.Penyelenggara: Rakata.
    9. 16 Juni. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Perpustakaan Ajip Rosidi (hibrid). Penyelenggara AARC.
    10. 16 Juni. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Kelurahan Maleer. Kelurahan Maleer (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    11. 17 Juni. Sosialisasi E-Pustaka Bandung bersama Pokja Literasi Kota Bandung. Diikuti 20 Bunda Literasi Kecamatan, 151 Ketua TP-PKK, Kader Duta Dongeng, anggota kelurahan se-Kota Bandung. Gedung Disarpus Kota Bandung (luring dan daring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    12. 17 Juni. Story Check Up#4 bersama Editor Bentang Belia, Dila Maretihaqsari. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    13. 24 Juni. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Rumah Singgah UPT Puskesos Dinsos Kota Bandung. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung (luring).
  1. Juli 2021
    1. 2 Juli. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Kelurahan Situsaeur (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    2. 4-31 Juli. Zona Akrab Rakata. Seru-seruan sebulan bersama penulis kesukaan. Bersama: Risma Ridha Anissa. Forum Rakata. Penyelenggara: Rakata.
    3. 6 Juli. Live Talkshow: Hidup Mau Ngapain? Bersama Ali Zaenal Abidin dan Coki Pardede. Live Zoom. Penyelenggara: Rakata.
    4. 6 Juli. Talkshow & Kick Off Peluncuran Buku: Menimbang Pluralisme. Bersama: Ulil Abshar Abdalla, Husein Muhammad, Nur Rofiah, Azam Bahtiar. Live Zoom & YouTube. Penyelenggara: Mizan.
    5. 11 Juli. Diskusi Buku Perjalanan Mustahil Samiam dari Lisboa. Bersama Zaky Yamani. Live Zoom. Penyelenggara: LayarKita.
    6. Story Check Up#5 bersama Penulis Cerita Bestseller, DRisma Ridha Anissa. Live IG. Penyelenggara: Rakata.
    7. 22 Juli. Membahas Berita Kehilangan. Bersama Galih Nugraha Su, Syahar Banu, Bilven Sandalista. Live IG. Penyelenggara: Kios Ojokeos.
    8. 29 Juli. Bincang-bincang: Meneladani Hidup dan Karya Ajip Rosidi. Bersama Hawe Setiawan dan Faiz Manshur. Dalam rangka satu tahun meninggalnya Ajip Rosidi. Live IG. Penyelenggara: Yayasan Odesa.
    9. 29 Juli. Membaca Ajip: Mengenang Satu Tahun Kepergian Ajip Rosidi. Bersama Hawe Setiawan dan Teddi Muhtadin. Live Zoom. Penyelenggara: Yayasan Kebudayaan Rancage.
    10. 30 Juli. Cara Mudah Menerbitkan Buku. Bintang Tamu: Salman Faridi. Live Zoom. Penyelenggara: Rakata. 
  1. Agustus 2021
    1. 4 Agustus. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Kecamatan Cibeunying Kidul (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    2. 12 Agustus. Monitoring dan Evaluasi ke Perpustakaan SMP Yayasan Atikan Sunda Bandung (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    3. 12 Agustus. Bincang buku Wuthering Heights. Bersama: Prisca Primasasri dan Esti Budihabsari. Live IG. Penyelengara: Mizan.
    4. 16 Agustus. Syukuran Buku Bersama: Gola Gong, Pidi Baiq, Abu Marlo, Fajar Bustomi, Farhan, Ira Wibowo. Pemandu: Ronny Urban. Live YouTube. Penyelenggara: Mizan.
    5. 19 Agustus. Monitoring dan Evaluasi ke Perpustakaan SMPN 28 Bandung Bandung (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    6. 19 Agustus. Monitoring dan Evaluasi ke Perpustakaan SD BPI (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    7. 20-22 Agustus. Rubin Kolektif Fest. Solidarity Agains Food Crisist. Lapak Buku Chepolita tergabung dalam acara ini. Live Sale di IG. Penyelenggara: Rumah Bintan Rubin.
    8. 20 Agustus. Membahas Novel Ancika, Pidi Baiq Bertanya Kamu Menjawab. Pemandu: Ronny Urban. Live Zoom & YouTube. Penyelenggara: Pastel Books.
    9. 27 Agustus. Kiat Menulis Cerita Pendek yang Memikat Pembaca. Bersama Dhewibera dan Dila Maretihaqsari. Daring. Penyelenggara: Rakata. 
  1. September 2021
    1. 1 – 30 September : Bulan Literasi Asia Afrika. Hibrid. Penyelenggara: MKAA.
    2. 2 September. Bedah Buku Tadarus the Bandung Connection, Pramukti Adhi Bhakti. Penyelenggara: Bulan Literasi Asia Afrika.
    3. 3 September. Peringatan Hari Literasi: Literasi Masa Kini. Elda Tartilla (Edukator Museum KAA) & Damar Hadia Rahmat (Klab Global Literacy SMKAA). Penyelenggara: Bulan Literasi Asia Afrika.
    4. 4 September. Bulan Literasi Asia Afrika 2021 Membangun Ingatan Bandung: Kota Konferensi Asia-Afrika. Bersama Dahlia Kusuma Dewi dan Deni Rachman. Pemandu: Gita Andriani. Live YouTube. Penyelenggara: Blabla Radiospace & MKAA.
    5. 8 September. Bedah Buku Kami adalah Bintang, Seperti Juga Dirimu. Yayasan Matahati. Penyelenggara: Bulan Literasi Asia Afrika.
    6. 8-10 September. HAUS BUKU. Gelaran Buku di Perpustakaan Ajip Rosidi. Memperingati International Literacy Day. Diikuti oleh pelapak buku: Dunia Pustaka Jaya, Hellorwell, Jaringan Buku Alternatif, Katarsis Book, LawangBuku, Rasia Bandoeng. Luring. Penyelenggara: KubuBuku, Perpustakaan Ajip Rosidi, Kedai Jante.
    7. 8 September. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    8. 9 September. Monitoring dan Evaluasi ke Perpustakaan SD Gagas Ceria (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    9. 10 September. Diskusi Kisah Lain Oto Iskandar di Nata yang Tak Terungkap. Bersama: Iip D. Yahya, Alex Ari, Indra Prayana. Kedai Jante (luring). Penyelenggara: Haus Buku.
    10. 11 September. Kelas Menulis: “Riset Efektif untuk Cerita Pendek. Bersama Heru Sang Amurwabumi. Live Zoom. Penyelenggara: Rakata.
    11. 15 September. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    12. 15 September. Kelas Terbuka Penulisan Kreatif Nonfiksi (daring). Bersama: Tri Joko Her Riadi.
    13. 22 September. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    14. 23 September. Aksi Kamisan ke-363. Ratimaya Mendongeng, Penampilan Puisi & Musik memperingati Hari Tani Nasional & 22 Tahun Tragedi Semanggi II. Luring. Penyelenggara: Aksi Kamisan Bandung.
    15. 23 September. Balada on BLA Episode 33: Bandung – Geletterdheid (Literasi Bandung). Bersama: Abah Omtris, Atep Kurnia, Adew Habtsa. Daring. Penyelenggara: Blabla Radio Space.
    16. 24 September. Ratimaya Mendongeng, pembacaan puisi, orasi budaya, pertunjukan, dan pemutaran film memperingati Hari Tani Nasional. Lorong Kehidupan Tamansari 11/ samping Baltos (luring). Penyelenggara: Aksi Kamisan Bandung.
    17. 24 September. Kelas Menulis: Manajemen Ide untuk Tulisan Fiksi. Bersama Yuli Pritania. Live Zoom. Penyelenggara: Rakata.
    18. 25 September. Pre Launching Buku Riwayat Orang Eropa Beken di Bandung Zaman Hindia Belanda. Bersama Atep Kurnia dan Deni Rachman. Dalam rangka memeriahkan HUT Bandung ke 211. Live Zoom. Penyelenggara: Penerbit PropPublic.info.
    19. 25 September. Bincang Buku Okultisme di Bandoeng Doeloe. Bersama Ryzki Wiryawan. Pemandu: Deni Rachman. Dalam rangka HUT Bandung ke-211. Anatomi Coffee (luring). Penyelenggara: Oleh-oleh Boekoe Bandoeng & Anatomi Coffee.
    20. 26 September. Kelas Menulis: Meluapkan Keresahan dan Dorongan Lewat Cerpen. Bersama Nara Lahmusi. Live Zoom. Penyelenggara: Rakata.
    21. 26 September – 26 Oktober. Jambore Budaya Baca & Festival Duta Baca VIII. Luring. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung, Pokja Literasi Kota Bandung, dan Forum Anak Bandung.
    22. 28 September. Roompi Corner Episode 7. Bidan Berbagi Literatur Bacaan bersama Sely Novita. Pemandu: Sukmawati. Live IG. Penyelenggara: Salman Reading Corner.
    23. 29 September. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC. 
  1. Oktober 2021
    1. 6 Oktober. Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    2. 7 Oktober. Literacy Event: Bandung Lawas, The Stories behind Historical Building in Bandung. Bersama: Ridwan Hosea J. Hutagalung, Moch. Farhan Basyir, Achmad Rizal. Live Zoom. Pemandu: Ratri Wulandari. Penyelenggara: Telom University.
    3. 13 Oktober. Khataman Tadarus Buku Bung Karno dan Pemuda. Karya Bung Karno. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    4. 15 Oktober. Membaca dari Rumah, Menjelajah Dunia. Bersama Yona Primadesi, Abinaya Ghina Jamela, Akila Maira, Jayaning Hartami. Live IG. Penyelenggara: Mizan.
    5. 16 Oktober. Bedah Buku G30S dan Kejahatan Negara. Bersama Siauw Tiong Djin, Asvi Warman Adam, John Rossa, Gus Aan Anshori. Pemandu: Evi Sutrisno. Live Zoom & YouTube. Penyelenggara: Ultimus, Roemah Bhinneka.
    6. 17 Oktober. Bincang Buku Wild Symphony. Bersama: Djokolelono dan Esti. Live Zoom. Penyelenggara: Mizan & Goodreads Indonesia.
    7. 24 Oktober. Memperingati Hari Owa Sedunia. Penampilan Literasi: Ratimaya, Mirsi A.W., dan Andy Waluya Wartja; diskusi, pameran, penampilan musik. Lo.co Collaborative Space, Jln. Bukit Dago Selatan N0. 51 (hybrid). Penyelenggara: Kolaborasi.
    8. 27 Oktober. Tadarus Buku Orang Suci, Pohon Kelapa. Kumpulan sajak karya Choi Jun (Penyari Korea Selatan). Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    9. 28 Oktober – 2 November. Haus Buku 2. Gelaran Buku di Perpustakaan Ajip Rosidi. Dalam rangka bulan bahasa. Pelapak buku: Dunia Pustaka Jaya, James Book & Hobbies, Jaringan Buku Alternatif, Katarsis Book, LawangBuku, Rasia Bandoeng. Luring. Penyelenggara: KubuBuku, Perpustakaan Ajip Rosidi, Kedai Jante.
    10. 28 Oktober. Diskusi Penerjemahan Buku Berbasa Asing. Bersama Atep Kurnia dan Syihabul Furqon. Pemandu: Deni Rachman. Kedai Jante (luring & podcast). Penyelenggara: Haus Buku.
    11. 30 Oktober. Bedah Buku Catatan Masa Lalu untuk Menyiasati Masa Depan karya Budiono Kusumohamidjojo. Live Zoom. Penyelenggara: Penerbit Yrama Widya.
    12. 31 Oktober. Peluncuran Buku Riwayat Sarekat Islam Bandung 1912-1916. Bersama Hafidz Azhar dan Alex Ari. Pemandu: Indra Prayana. Kedai Jante (luring & podcast). Penyelenggara: Haus Buku 2. 
  1. November 2021
    1. 3 November. Khataman Tadarus Buku Orang Suci, Pohon Kelapa. Kumpulan sajak karya Choi Jun (Penyari Korea Selatan). Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    2. 3 November. Reboan ASAS UPI. Dua Buku yang Mengguncang Tatanan Ekonomi. Live Zoom).
    3. 4 November. Bangun Spirit Bandung Lewat Buku Bersama Asian-African Reading Club. Live IG. Penyelenggara: Bandung.go.id.
    4. 10 November. Diskusi Reboan. Dunia Laut: Leila S. Chudori. Daring. Penyelenggara: ASAS UPI.
    5. 10 November. Tadarus Buku Laki-laki Lain dalam Secarik Surat. Karya Budi Darma. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    6. 12 November. Kelas Komik Mukomi. SLB Negeri Cicendo (luring). Penyelenggara: Mukomi Studio & Bandung Design Biennale.
    7. 14 November. Bedah Buku Pramoedya Ananta Toer Arok Dedes: Budaya Politik dalam Kepahlawanan dan Nasionalisme. Bersama Ojel Sansan Yusandi, Sophan Ajie, Mumu Kribo. Pemandu: Kania & Jihan. Warkop Huemai (luring). Penyelenggara: Klab Belajar Merdeka.
    8. 16 November. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Kelurahan Antapani Wetan (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    9. 16 November. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Kelurahan Antapani Kidul (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    10. 17 November. Tadarus Buku Laki-laki Lain dalam Secarik Surat. Karya Budi Darma. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    11. 17 November. Kelas Menulis Feature Jurnalistik. Bersama: Tri Joko Her Riadi. Live Zoom.
    12. 16 November. Serah terima Gerobak Baca dan buku bacaan kepada Kelurahan Cibaduyut (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    13. 18 November. Manggala Sastra PP-SS: Nyawang Tangtungan Abdullah Mustappa. Bersama: Budhiana Kartawijaya, Asep Salahudin, Darpan. Live Zoom. Penyelenggara: PP-SS.
    14. 19-21 November. Pameran Dunia Ibu & Anak. LawangBuku dan beberapa penerbit buku turut serta dalam pameran tersebut. Graha Manggala Siliwangi (luring). Penyelenggara: Green Production.
    15. 19 November. Perpustakaan Keliling hadir kembali. Halaman depan kantor Disarpus Kota Bandung (luring). Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    16. 21 November: Bedah buku & Screening Kota Merah Hitam bersama Pujo Nugroho. Bale RW Dago Elos/Belakang Terminal Dago Kota Bandung (luring). Dipandu: Jiya. Penyelenggara: Solidaria, Ruang Hidup Institut, Perpustakaan Jalanan Bandung, Grobak Hysteria, Pasar Gratis.
    17. 24 November. Tadarus Buku Laki-laki Lain dalam Secarik Surat. Karya Budi Darma. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    18. 28 November. Tadarus Buku Pramoedya Ananta Toer Bukan Pasar Malam. Bersama Deni Rachman dan Wanggi Hoed. Warkop Huemai (hybrid). Penyelenggara Klab Belajar Merdeka.
    19. 28 November. Perpustakaan Kota Bandung sudah buka kembali. Jalan Seram Bandung. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    20. 30 November. Monitoring dan Evaluasi ke Kecamatan & Kelurahan di Kota Bandung yang mendapatkan bantuan pinjam pakai buku dan Gerobak Buku (Kelurahan Babakan Asih, Kelurahan Pasteur, Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Batununggal, Kecamatan Buahbatu, Kelurahan Sukaluyu). Luring. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    21. 26 - 27 November. Pelatihan Eco Camp bagi Peserta Semi Finalis Lomba Duta Baca. Luring. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    22. Nominasi Hadiah Sastera Rancage Sunda, Jawa, Bali, Batak, Banjar, Madura, Lampung. Seleksi sampai 30 November 2021. Untuk pertimbangan mendapatkan Hadiah Sastera Racange tahun 2022. Penyelenggara: Yayasan Kebudayaan Rancage. 
  1. Desember 2021
    1. 1 Desember. Tadarus Buku Laki-laki Lain dalam Secarik Surat. Karya Budi Darma. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    2. 1 Desember. Membahas Buku Perjalanan Lain Menuju Bulan. Daring. Penyelenggara: ASAS UPI.
    3. 1 Desember. Layanan Perpustakaan Umum Jabar mulai dibuka kembali. Kawaluyaan (luring). Penyelenggara: Dispusipda Jabar.
    4. 1 – 3 Desember. Konferensi Internasional Budaya Sunda III: Merambah Jalan Baru Kebudayaan Sunda. Pembicara kunci: Presiden Repulik Indonesia. Pemateri: Abdullah Mustappa, Aditia Gunawan, Cece Sobarna, Endang Aminuddin Aziz, Ganjar Kurnia, Henri Chambert-Loir, I Nyoman Darma Putra, Ifa Hanifah Misbach, Ira Indrawardana, Johan Iskandar, Juhaeri Muchtar, Julian Millie, Kosuke Mizuno, Mamat Ruhimat, Mamat Supriatna, Mikihiro Moriyama, Mira Rochyadi, Muliaman Darmansyah Hadad, Neneng Yanti Khozanatu Lahpan, Nicke Widyawati, Roy Darmawan, Rudiantara, Sarah Anais Andrieu, Susi Yuliawati, Tedi Permadi, Teten Masduki, Tisna Prabasmoro, Ujang Suparman, Undang A. Darsa, Wildan Abdussalam, Yaya Rukayadi, Yuddy Chrisnandi, Yudho Giri Sucahyo. Live Zoom. Penyelenggara: Yayasan Kebudayaan Rancage.
    5. 2 Desember. Kunjungan (Acquisition Trip) KITLV Jakarta ke gudang LawangBuku dan beberapa penerbitan kampus di Bandung. Luring. Penyelenggara: KITLV Jakarta.
    6. 3 Desember. Disarpus Kota Bandung menerima penghargaan Manajemen Pengelolaan Kinerja ASN Terbaik. Penyelenggara: Pemkota Bandung (luring). Hotel Grand Pasundan Bandung.
    7. 3 Desember. Curhat Bareng Marcus Alius dan Ilham Mifahuddin. Live IG. Penyelenggara: Mizan.
    8. 5 Desember. Tur Hotel Savoy Homann, Jamuan The Petang, dan Bincang-bincang dengan Penulis Sudarsono Katam. Hotel Savoy Homann (luring). Penyelenggara: Cerita Bandung.
    9. 5 Desember. Bedah Buku Love Yourself. Bersama: Jiemi Ardian & Anastasia Satriyo. Live IG. Penyelenggara: Yrama Widya.
    10. 6 Desember. Dispusipda Jabar menerima Anugerah Informasi Publik di Provinsi Jabar tahun 2021 sebagai badan Publik Organisasi perangkat Daerah “INFORMATIF”. Aula Barat Gedung Sate (luring). Penyelenggara: Pemprov Jabar.
    11. 8 Desember. Tadarus Buku Laki-laki Lain dalam Secarik Surat. Karya Budi Darma. Museum KAA (hibrid). Penyelenggara AARC.
    12. 9 Desember. Ratimaya Mendongeng di 16 Hari Antikekerasan Terhadap Perempuan; Screening film, musik, dan diskusi. Boogie Down Bar (hybrid). Penyelenggara: kolaborasi.
    13. 9 Desember. Kunjungan kerja Tim Arsip Nasional RI ke KPU Kota Bandung dalam rangka penyelamatan arsip Pemilu dalam bentuk bentuk penyampaian materi. Disarpus Kota Bandung selaku perangkat daerah yang melakukan pembinaan dan pengawasan kearsipan, mendampingi kunjungan kerja tersebut.
    14. 10 Desember. Monitoring dan Evaluasi Pembinaan Kearsipan Sekretariat Dewan Kota Bandung. Luring. Penyelenggara: Disarpus Kota Bandung.
    15. 11 Desember. Perpus Jalanan Bandung is Back. Depan Taman Cikapayang. Luring. Penyelenggara: Perpustakaan Jalanan Bandung.
    16. 12 Desember. Bedah buku Pramoedya Ananta Toer Gadis Pantai. Bersama Sylvester Kanisius Laku, Sarah Ashilah. Live painting: Amanda Angela Soenoko. Pemandu: Ojel Sansan Yusandi. Hasil live painting akan dilelang untuk operasional dana kegiatan. Warkop Huemai (hibrid). Penyelenggara: Klab Belajar Merdeka.
    17. 12 & 15 Desember. Roompi Corner edisi Jalan-jalan. Merawat & Meruwat Buku 1-2. Bersama Deni Rachman (hibrid). Penyelenggara: Salman Reading Corner.
    18. 14 Desember. Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Covid-19. Bersama Stella Sigrid Juliet, Tato Pujiarto, Dimas Pratama Yuda. Pembuka: Ahmad Hadadi (Kepala Dispusipda Jabar). Pemandu: Dinny Resniati. Live Zoom & YouTube. Penyelenggara: Dispusipda Jabar.
    19. 16 & 17 Desember. Book Launch & Talks: Kota Kita Nanti. Grammars (luring). Penyelenggara: Bandung Design Biennale.
    20. 16-18 Desember. Pasar Rayat (Pasar Rasa yang Terpendam). Pelapak buku: LawangBuku, Jaringan Buku Alternatf, Racing Z Shop, Barbuk, Rasia Bandoeng, Secondmusicmerch, James Books & Hobbies. Kantinasion The Panas Dalam (luring). Penyelenggara: Kolaborasi pelapak buku-kaset-barang lawasan.
    21. 18 Desember. Ngadongeng Roesdi Djeung Misnem. Bersama Wiwin Winduwulan, Bunda Cinta, Teni Rohaeni. Jerokaso Sarijadi (luring). Penyelenggara: Akasia.
    22. 18 Desember. Webinar #RuangBercerita. Tantangan Anak Gangguan Dengar dalam Proses Belajar Selama Pandemi. Bersama Ibu Iceu Novida, Ibu Nani Yunaeni, Ibu Astri Winarti W., Ibu Suci Setiani. Pemandu: Rivana Syaiful. Live Zoom. Penyelenggara: Dispusipda Jabar.
    23. 21 Desember. Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021. Ridwan Kamil, Rizky Febian, dkk. Saung Angklung Udjo. Live IG. Penyelenggara: Dispusida Jabar & Humas Jabar.
    24. 22 Desember. Diskusi Reboan. Membahas buku Izinkan Aku Menghadap Kepada Puisi. Daring. Penyelenggara: ASAS UPI
    25. 23 Desember. Bincang buku Bermain Rahasia. Bersama Ardi Yunanto. Pemandu: Budi Warsito. Live IG. Penyelenggara: Kineruku, Banana Publishing, Patjar Merah.
    26. 26 Desember. KIBS III. Pemakalah sesi 10: Atep Kurnia, Jajang A. Rohmana, Endin Saparudin, Lungguh Ariang Bangga. Pemakalah sesi 11: Dede Kosasih, Tanti Restiasih Skober, Fadhly Abdillah, Yeni Suryani. Pemandu kedua sesi: Cecep Burdansyah. Live Zoom. Penyelenggara: Yayasan Kebudayaan Rancage.
    27. 25 Desember. Ngawangkong Santuy #3: Mitos Buku Lawas. Bersama Hafidz Azhar dan Deni Rachman. Live IG. Penyelenggara: Hafidz Azhar.
    28. 28 Desember. Tumbuh Bersama Mizan. Bersama: Habib Husein Ja’far Al-Hadar dan Panji Sakti. Live YouTube. Penyelenggara: Mizan.
    29. 29 Desember. Membahas Cerpen Klasik Akutagawa “Hana”. Penyelenggara: ASAS UPI.
    30. 30-31 Desember. Pemilihan Mizan Awards 2021. Nominasi: Book of The Year, Buku Agama Terbaik, Buku Sastra Terbaik, Buku Nonfiksi Terbaik, Writer of The Year. Daring. Penyelenggara: Mizan.
    31. 31 Desember. Penutupan akhir tahun Gebyar Pusling (Perpustakaan Keliling) 2021. Sukamulya Cinambo (luring). Penyelenggara: Dispusipda Jabar. 
Editor: Tri Joko Her Riadi

COMMENTS

//