• Agenda
  • AGENDA BANDUNG: Mulai dari Cerita Ramadan Rubin hingga Pasar Gratis Bandung Membuka Penggalangan Donasi

AGENDA BANDUNG: Mulai dari Cerita Ramadan Rubin hingga Pasar Gratis Bandung Membuka Penggalangan Donasi

Komunitas Rumah Bintang menggelar Cerita Ramadan Rubin di Anyer Dalam. Sementara Komunitas Pasar Gratis Bandung menggalang donasi untuk masyarkaat kurang mampu.

Poster sederhana ajakan solidaritas dari Pasar Gratis Bandung. (Instagram Pasar Gratis Bandung)

Penulis Iman Herdiana8 April 2022


BandungBergerak.idRamadan tahun ini berlangsung dalam suasana berbeda bagi warga Anyer Dalam, Kota Bandung. Selain masih dirundung pagebluk, warga Anyer Dalam juga harus menjalani puasa di saat rumah-rumah mereka sudah digusur.

Sebagai bentuk solidaritas bagi korban penggusuran, komunitas Rumah Bintang (Rubin) menggelar Cerita Ramadan Rubin di Anyer Dalam.

Selain itu, solidaritas juga dilakukan komunitas Pasar Gratis Bandung dengan terus membuka lapakan berbagai kebutuhan masyarakat gratis pada Ramadan ini. Saat ini, Pasar Gratis Bandung sedang membuka donasi untuk menambah stok barangnya yang sudah menipis.

Cerita Ramadan Rubin

Rumah Bintang mengajak siapa pun untuk berkontribusi dalam acara Cerita Ramadhan Rubin. Peminat bisa mengisi konten kegiatan dan berkontribusi ngabuburit bareng anak-anak Anyer Dalam yang akan dimulai Sabtu, 9 April hingga 1 Mei 2022.

Kegiatan Rubin di Anyer Dalam terdiri dari Ngabuburit Bikin Kriya, Buat dan Berbagi Takjil, Dongeng, Lapak Ramadan Rubin, Berbagi/Buka Bersama Solidaritas Sosial Bandung.

“Kami membuka kolaborasi untuk teman-teman yang mau ikut berkegiatan bersama Rubin,” demikian dikutip dari Instagram Rubin, Jumat (8/3/2022).

Baca Juga: SURAT DARI TAIWAN #1: Puasa Pertama di Negeri Formosa
AGENDA BANDUNG: Diskusi dan Pameran Menyatakan Jarak di Selasar Sunaryo Art Space, 8 April - 29 Mei 2022
Pemkot Mengangankan Energi Terbarukan di Tengah Tingginya Kebutuhan Listrik Kota Bandung

Penggalangan Donasi Pasar Gratis Bandung

“Jika solidaritas adalah senjata — mari kita kokang bersama-sama. Dalam waktu dekat ini, kami mengajak siapa pun untuk membangun ruang solidaritas di jalanan, kami menyerukan agar informasi ini tersebar seluas-luasnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa berkabar ya teman-teman. Jangan segan karena kita adalah kawan,” demikian ajakan Pasar Gratis Bandung dalam pengumuman pembukaan donasi di Instagramnya.

Penggalangan donasi dilakukan berhubung stok untuk pendistribusian barang gratis kepada masyarakat yang membutuhkan mulai menipis, baik bahan pangan ataupun pakaian. “Kami menerima apa pun bentuk partisipasi teman-teman,” lanjut Pasar Gratis Bandung.

Donasi yang diterima Pasar Gratis Bandung bisa berupa: 

- Bahan makanan (beras, minyak, sayuran, dll)

- Pakaian layak pakai (baju hangat, celana, kaos, dll)

- Barang bekas layak pakai (dapat berbentuk apa pun)

- Perlengkapan tidur (sleeping bag, alas tidur, selimut, dll)

- Perlengkapan bayi/anak-anak (popok, susu, snack, vitamin, dll)

- Lapak Baca/Fun Care (novel, buku gambar, krayon, dll)

- Pakaian hewan untuk "street feeding'

- Jasa (pencukuran, cek kesehatan, dll)

Bentuk donasi juga bisa dalam solidaritas lainnya yang tidak terbatas, seperti bantuan tenaga/relawan ketika pasar gratis sedang melapak. Untuk info penyaluran donasi dan lain-lain, teman-teman bisa DM atau follow Instagram @pasargratis.bdg, Twitter: Pasargratisbdg. 

Editor: Redaksi

COMMENTS

//