• Kampus
  • Info Beasiswa Unair, Studi ke Taiwan dan Beragam Pendanaan Kuliah lainnya

Info Beasiswa Unair, Studi ke Taiwan dan Beragam Pendanaan Kuliah lainnya

Tahun 2020, sedikitnya 13.000 pelajar Indonesia merantau ke Taiwan untuk belajar. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang mahasiswa asing terbanyak.

Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. (Dok. Unair)

Penulis Iman Herdiana4 Oktober 2021


BandungBergerak.idUniversitas Airlangga (Unair) menyediakan beragam beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Salah satunya beasiswa studi ke Taiwan. Beasiswa Unair ini hasil kerja sama organisasi di bawah naungan Universitas Airlangga dan Asia University, Taiwan Education Center in Surabaya (TECSID).

Mengutip laman resmi kampus yang berlokasi di Surabaya itu, Senin (4/10/2021), disebutkan bahwa program beasiswa tersedia lewat Taiwan Higher Education Fair (THEF) 2021. Agenda pameran pendidikan itu dilangsungkan pada Senin (27/9/2021–1/10/2021) secara daring melalui website www.taiwanedufair.com.

THEF disebut sebagai jembatan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Taiwan. Kepala Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO) John C. Chen mengatakan, tahun 2020 kemarin, sedikitnya 13.000 pelajar Indonesia merantau ke Taiwan untuk belajar. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang mahasiswa asing terbesar ketiga di Taiwan setelah Vietnam dan Malaysia.

“Pemerintah Taiwan baru saja mengumumkan bahwa mulai September tahun ini mahasiswa asing diperbolehkan kembali ke Taiwan untuk belajar,” ungkap John Chen.

Sementara itu, Rektor Unair, Mohammad Nasih, menyambut baik agenda pameran studi ke Taiwan tersebut. Sebagai salah satu fasilitator THEF Online 2021, Unair memandang internasionalisasi di lingkungan perguruan tinggi adalah aspek yang sangat penting.

Melalui internasionalisasi, lanjut Mohammad Nasih, perguruan tinggi mampu meningkatkan kualitas pendidikannya sekaligus merawat kerjasama yang terjalin. Ia berharap kerja sama ini terus berlanjut dan menghasilkan inisiatif kerja sama baru dalam rangka kegiatan akademik.

Acara THEF terbuka untuk umum dan bebas biaya. Sebanyak 63 universitas di Taiwan memberikan presentasinya secara langsung. Di antaranya mulai dari National Changhua University of Education; National Taipei University of Education; Asia University; China Medical University; hingga National Central University.

Selain itu, TECSID selaku pihak penyelenggara THEF Online 2021 kini telah menyediakan kontak perguruan tinggi melalui website. Berharap agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi universitas tujuan.

Baca Juga: UIN Bandung Tawarkan Beasiswa Tahfiz kepada Santri Pondok Pesantren Al-Kasyaf
Beragam Beasiswa Universitas Widyatama
Unpad Sediakan Beasiswa Doktor dan Fast Track Magister-Doktor
Beragam Program Beasiswa ke Amerika Serikat bagi WNI
Mengenal Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Unpar

Beasiswa Unair lainnya

Selain beasiswa studi ke Taiwan, laman Unair juga menyajikan beragam info beasiswa lainnya. Antara lain, Program Beasiswa Kalla yang digelar Yayasan Hadji Kalla. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa asal Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra.

Syarat mendapat beasiswa Kalla adalah unggul secara akademik atau berprestasi, memiliki hafalan Alquran, berprestasi di bidang olahraga dan seni, aktif berorganisasi. Penyandang disabilitas juga mendapat peluang untuk meraih beasiswa Kalla. Mahasiswa bisa berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Informasi lengkap mengenai beasiswa Kalla ini bisa diakses di website yayasanhadjikalla.co.id atau https://www.instagram.com/p/CSYhQkSlYM4/?utm_medium=share_sheet.

Ada pun beasiswa lainnya yang dikabarkan laman Unair, sebagai berikut:

Informasi Beasiswa BSI 2021

Beasiswa Cendekia Baznas Tahun 2021

Kip Kuliah Universitas Airlangga

Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa JFLS Jawa Barat.

Editor: Redaksi

COMMENTS