• Penulis

    Malik Ar Rahiem

The Belle of Tjililin karya Soeka Hati dalam Majalah Penghidoepan edisi 15 November 1934 terbitan penerbit Tan’s Drukkery, Surabaya. (Foto: Dokumentasi Malik Ar Rahiem)

RESENSI BUKU: Melihat Cililin Era Kolonial Belanda dalam The Belle of Tjililin

PENULIS Malik Ar Rahiem 31 Maret 2024

Roman klasik The Belle of Tjililin karya Soeka Hati di Majalah Penghidoepan edisi 15 November 1934 menggambarkan kehidupan penduduk dan keadaan Cililin era kolonial.

GEOWISATA BANDUNG RAYA: Rekaman Sejarah Kehidupan di Bawah Genangan Saguling

Penulis Malik Ar Rahiem15 Maret 2024

Di sepanjang aliran Ci Tarum mulai dari Curug Jompong hingga Bendungan Saguling banyak ditemukan singkapan geologi dan fosil yang merekam sejarah Cekungan Bandung.

GEOWISATA BANDUNG RAYA: Curug Lanang dan Curug Kapek yang Hilang di Ci Tarum

Penulis Malik Ar Rahiem9 Maret 2024

Franz Junghuhn mencatat deretan air terjun sepanjang Ci Tarum. Di antaranya Curug Lanang dan Curug Kapek yang sudah tenggelam dalam genangan Waduk Saguling.

JEJAK JUNGHUHN: Sebelum Menutup Mata di Lembang

Penulis Malik Ar Rahiem1 Maret 2024

Hari-hari terakhir Franz Wilhelm Junghuhn di Lembang. Ia minta dibukakan jendela ruang kerjanya agar bisa melihat pegunungan untuk terakhir kalinya.

GEOWISATA BANDUNG RAYA: Geotrek Curug Jompong Zaman Kolonial Belanda

Penulis Malik Ar Rahiem28 Februari 2024

Curug Jompong kini kalah populer dibandingkan curug-curug lain di Bandung Raya. Padahal di masa lalu Curug Jompong adalah etalase Sungai Ci Tarum.

JEJAK JUNGHUHN: Seorang Geolog dari Mansfeld

Penulis Malik Ar Rahiem25 Februari 2024

Franz Wilhelm Junghuhn, ilmuwan dari Halle, Jerman yang tergila-gila pada alam Hindia Belanda, menyusun data geologi secara otodidak, menulis karya monumental Java.

JEJAK JUNGHUHN: Hidup dan Karyanya

Penulis Malik Ar Rahiem20 Februari 2024

Duel pistol mengubah jalan hidup Franz Wilhelm Junghuhn. Membangun pondok persemayaman terakhir di kaki Gunung Tangkubanparahu, Lembang.

Lihat Semua
//