• Pemerintah
  • Data Keberagaman Jenis Kesenian di Kota Bandung 2021: Seni Tradisional Sunda Terbanyak

Data Keberagaman Jenis Kesenian di Kota Bandung 2021: Seni Tradisional Sunda Terbanyak

Sebagai kota urban, Kota Bandung memiliki keberagaman jenis kesenian yang luar biasa. Dari yang tradisional hingga yang modern, semua tumbuh berbasis komunitas.

Penulis Reza Khoerul Iman15 November 2022


BandungBergerak.id – Sebagai sebuah kota urban yang jadi wadah bertemunya orang dengan berbagai latar belakang budaya berbeda, Kota Bandung memiliki keberagaman jenis kesenian yang luar biasa. Para pelaku seni dan komunitasnya tumbuh di sekujur kota. Mulai dari kawasan di sekitar pusat kota hingga kampung-kampung padat di pinggiran. Kelompok-kelompok seni juga bermunculan di kampus yang jumlahnya ratusan di kota ini.

Keragaman seni yang dihidupi warga ini membuat Bandung tidak pernah sepi dari kegiatan dan pentas kesenian. Baik di halaman rumah warga maupun di dalam galeri dan gedung pertunjukan. Baik seni tradisional maupun seni modern.

Merujuk pendataan termutakhir yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, pada tahun 2021 Kota Bandung memiliki sekitar 882 jenis kesenian dengan berbagai lingkung seni, sanggar, atau padepokan yang tersebar di tiap-tiap wilayahnya. Seni tradisional sunda menjadi yang terbanyak dengan 251 jenis kesenian.

Adapun tiga jenis kesenian lain dengan jumlah terbesar di Kota Bandung adalah seni tari yang meliputi jaipong dan jenis tari lainnya, pencak silat, serta aneka seni musik seperti degung dan karawitan.

Sementara itu, beberapa jenis kesenian dengan jumlah relatif sedikit di Kota Bandung di antaranya adalah seni rudat dan seni bring brung.

Editor: Tri Joko Her Riadi

COMMENTS