• Cerita
  • KABAR DARI REDAKSI: Survei Audiens BandungBergerak.id 2023, Kami akan Lebih Sering Bertatap Muka dengan KawanBergerak dan Komunitas

KABAR DARI REDAKSI: Survei Audiens BandungBergerak.id 2023, Kami akan Lebih Sering Bertatap Muka dengan KawanBergerak dan Komunitas

Tahun ini BandungBergerak.id membentuk Bergerak Project. Lini bisnis kami ini menjadi tumpuan bagi keberlanjutan kami.

Ilustrasi menulis, 2023. (Ilustrator: Arfan Audriansyah/BandungBergerak.id )

Penulis Tim Redaksi12 November 2023


BandungBergerak.idSetahun lalu, 2-11 Oktober 2022, BandungBergerak.id melakukan survei untuk mengetahui keinginan dan harapan audiens kami (yang dengan hormat kami panggil KawanBergerak). Kini banyak hal yang telah berubah. Lingkungan berubah, isu terus berganti, aktivitas masyarakat telah kembali normal setelah dilanda masa-masa suram pandemi. 

Semua itu menjadi sebuah tantangan bagi kami yang bergerak dalam memberitakan kepentingan-kepentingan publik (masyarakat). Diperlukan banyak inovasi agar bisa terus bergerak dan berdampak pada masyarakat.

Tahun ini BandungBergerak.id telah membentuk unit baru, yaitu Bergerak Project. Unit bisnis ini menjadi tumpuan keberlangsungan kami. Bergerak Project diproyeksikan untuk menopang kerja-kerja jurnalistik kami selama ini.

Dalam menyusun langkah yang akan dilakukan oleh Bergerak Project, diperlukan dasar-dasar yang kuat. Pun demikian dalam mengambil setiap keputusan. Untuk itulah tahun ini kami kembali membuat survei audiens.

Ada setidaknya empat hal yang ingin diketahui oleh BandungBergerak.id dalam survei ini yaitu: pengoleksian data dari audiens untuk kebutuhan pengembangan di masa depan, mengetahui aktivitas responden terutama yang bersangkutan dengan minat dan keterampilan, keaktifan di komunitas, mengukur kemampuan responden jika mereka terlibat dalam sebuah aktivitas, dan terakhir adalah tanggapan responden terhadap BandungBergerak.id.

Survei dilakukan dengan metode kuesioner dengan Google Form. Kuesioner ini disebarkan selama rentang sebulan, antara 29 September 2023 hingga 28 Oktober 2023. Total responden yang mengisi kuesioner berjumlah 231 orang. Jumlah ini sebenarnya bisa lebih banyak karena jika dilihat dari peminat survei yang mengeklik tautan Google Form mencapai 464 orang.

Jenis kelamin responden yang mengisi kuesioner hampir berimbang antara pria (112 orang) dan wanita (117 orang). Dari jumlah itu, ada 2 responden yang memilih untuk tidak menyebut jenis kelamin.

Responden kuesioner didominasi oleh Generasi Z: 166 orang (71.8%), Milenial: 32 orang (13,9%), dan sisanya generasi-generasi di atasnya. Responden didominasi oleh warga yang berdomisili di area Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat).

Mayoritas dari responden adalah Generasi Z. Data itu kemudian berpengaruh pada jenis pekerjaan yang digeluti. Kebanyakan dari responden masih berstatus mahasiswa atau pelajar yang mencapai 160 orang (69,3%). Kemudian diikuti oleh pegawai swasta atau wiraswasta yang mencapai 38 orang (16,5%), sementara responden yang berstatus ASN berjumlah 5 orang (2,2%).

BandungBergerak.id dan Komunitas

KawanBergerak yang budiman, sejak awal BandungBergerak.id menyatakan diri sebagai media lokal berbasis komunitas. Konsekuensi yang harus ditanggung adalah, BandungBergerak.id harus mengetahui apa kebutuhan komunitas dan memberikan solusi atas kebutuhan tersebut.

Dari total responden yang berjumlah 231 orang itu, masih banyak yang belum tergabung secara formal maupun informal dalam sebuah komunitas. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 128 orang (55,4%) responden yang tergabung dalam komunitas. Sementara sisanya sebanyak 103 orang (44,6%) mengaku belum tergabung dalam sebuah komunitas.

Satu hal yang patut diapresiasi adalah, hampir semua responden (230 orang, 99,6%) setuju BandungBergerak.id jika melakukan atau menggelar sebuah aktivasi untuk mereka. Maka dari itu, tahun ini kami berencana untuk melakukan banyak aktivasi dalam upaya memperkuat keterikatan dengan audiensnya.

Ada lima kategori kegiatan yang ditanyakan yaitu kegiatan yang bersifat edukasi atau sosialisasi, pelatihan atau lokakarya, acara hiburan dalam ruang lingkup yang terbatas, kegiatan jalan-jalan di luar ruang, serta olahraga bersama.

Meski demikian, sebuah aktivasi tak akan lepas dari kebutuhan material untuk pelaksanaannya. Untuk itulah kemudian diukur tingkat kemampuan dan kerelaan dari responden jika mereka terlibat dalam sebuah kegiatan.

Kami juga bersyukur mayoritas audiens kami setuju dengan rencana penggalangan donasi secara online untuk keberlanjutan bandungbergerak.id.

Hal itu berkorelasi dengan saran-saran berharga yang disampaikan mereka, di antaranya: permintaan agar BandungBergerak.id menggelar kegiatan pelatihan dan aktivasi luring atau tatap muka (offline) lainya; mendorong untuk berkolaborasi dengan lebih banyak pihak, dan agar BandungBergerak.id terus berkontribusi dan berbuat untuk publik.

KawanBergerak yang baik, demikian hasil survei audiens yang telah kami lakukan. Banyak hal dan masukan dari audiens yang sangat berarti untuk perbaikan kami ke depan. Ini menjadi referensi dan penyemangat dalam menentukan langkah kami ke depan.

Akhirnya, kepada KawanBergerak khususnya yang telah mengisi survei kami sampaikan terima kasih. Semangat KawanBergerak adalah semangat kami. Mari bergerak dan berdampak!

*Kawan-kawan yang baik bisa membaca informasi lainnya dari Kabar Dari Redaksi 

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//