• Kampus
  • Pendaftaran Beasiswa Bank-bank di Indonesia 2024 untuk Kuliah di Kampus-kampus Dalam Negeri Sudah Dibuka

Pendaftaran Beasiswa Bank-bank di Indonesia 2024 untuk Kuliah di Kampus-kampus Dalam Negeri Sudah Dibuka

Beragam beasiswa dihadirkan bank-bank di Indonesia, mulai dari beasiswa BCA, beasiswa BSI, dan beasiswa BI. Bentuk beasiswa berupa uang kuliah tunggal (UKT).

Ilustrasi kuliah. (Ilustrator: Alfonsus Ontrano Irakaswar/BandungBergerak/Mahasiswa di Institut Teknologi Sumatera)

Penulis Iman Herdiana5 Juni 2024


BandungBergerak.idDi tengah isu mahalnya Uang Kuliah Tunggal (UKT), kehadiran beasiswa bisa menjadi salah satu solusi menjawab biaya pendidikan. Beasiswa bisa datang dari lembaga pemerintah maupun swasta, di antara dari bank-bank yang ada di Indonesia. Bank-bank yang membuka beasiswa antara lain Bank Central Asia (BCA), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Indonesia (BI).

Beasiswa BCA

Diakses dari laman resmi, Rabu, 5 Juni 2024, “Pendaftaran Beasiswa BCA Finance Peduli 2024” telah dibuka. Disebutkan, PT. BCA Finance mengadakan Program Beasiswa BCA Finance Peduli 2024 dengan memberikan:

Bantuan dana pendidikan sebesar 3.500.000 rupiah per semester (diberikan kepada mahasiswa aktif semester 5 hingga maksimal semester 8)

Pelatihan/pembekalan untuk penerima Beasiswa Semester 8 sebagai persiapan memasuki dunia kerja

Adapun persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa BCA Finance adalah:

Mahasiswa/i PTN/PTS semua jurusan di Indonesia yang sedang menempuh program Strata-1 (S-1).

Mahasiswa aktif S1 yang pada saat pendaftaran Beasiswa dibuka, sedang menempuh studi minimal semester 4 perkuliahan dan tidak lebih dari semester 6.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) IPK minimum 3,20; IPS terakhir 3,00 dan

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) IPK minimum 3,40; IPS terakhir 3,20.

Melampirkan Softcopy Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan sesuai dengan daerah asal pada KTP.

Melampirkan Softcopy tagihan rekening listrik 2 bulan terakhir, sesuai dengan alamat asal pada KTP.

Melampirkan softcopy surat keterangan dari Fakultas yang menyatakan bahwa Mahasiswa/i ybs tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain.

Aktif Berorganisasi (Kemahasiswaan / Karang Taruna / Organisasi Non Politik Lainnya).

Tidak pernah terlibat dalam tindak kasus pidana / kasus perdata, serta penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikotropika dan zat adiktif).

“Setiap lampiran tersebut dikirimkan apabila lolos Seleksi Beasiswa Tahap 1,” demikian keterangan resmi BCA

Periode Seleksi Beasiswa Tahap 1 mulai tanggal 01 – 30 Juni 2024. Sebelum mengikuti seleksi, berikut hal-hal yang harus dipastikan:

Anda berada di jaringan provider yang terbaik untuk menghindari adanya gangguan teknis, karena pengisian ini hanya 1 kali percobaan.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan ID Peserta dan link Psikotes yang akan dikirim melalui email Anda.

Gunakan ID Peserta untuk mengikuti Psikotes dan Psikotes hanya dapat dilakukan dalam 1 kali percobaan dengan batas waktu maksimal 10 menit.

Simpan ID Peserta Anda untuk proses selanjutnya. Jika masih ada pertanyaan seputar Beasiswa BCA Finance Peduli 2024, silakan hubungi kami melalui email [email protected] dengan Subject Email “Pertanyaan Beasiswa BCA Finance Peduli 2024”. Layanan pada hari kerja Senin-Jumat (09.00-17.00 WIB).

Beasiswa BSI

Bank Syariah Indonesia (BSI) telah membuka program beasiswa BSI Maslahat Scholarship 2024. Beasiswa ini terdiri dari:      

Bimbingan UKT full cover.

Uang saku dengan pagu maksimal 1,5 juta rupiah per bulan selama 8 semester.

Pembinaan kepemimpinan diri dan pembangunan karakter.

Membangun komunitas duta/volunteers ekonomi syariah yang akan menguatkan branding BSI dan BSI Maslahat.

Magang di industri ekonomi syariah.

Mentorship dengan pimpinan BSI.

Jadwal pendaftaran BSI Maslahat Scholarship 2024 mulai tanggal 13 Juni - 4 Juli 2024.

Info lebih lanjut bisa mengunjungi halaman: www.bsimaslahat.or.id dengan link pendaftaran  linktr.ee/BSI_Scholarship.

Persyaratan Beasiswa BSI Maslahat meliputi:

Mahasiswa semester 1 dari top 10 PTN dengan jurusan predikat unggul kemendikbudikti.

Keluarga tidak mampu dibuktikan dengan SKTM/KIP.

Tidak menerima beasiswa sejenis dari lembaga lain.

Dokumen Pendaftaran: KTP/kartu identitas diri, Kartu Keluarga (KK), Surat keterangan diterima PTN, Sertifikat prestasi, Foto formal, KIS/BPJS (Jika ada), terdaftar di DTKS atau SKTM diterbitkan pemerintah desa.

Baca Juga: Pendaftaran dan Syarat Mengikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia S1, S2, dan S3 di Kampus Dalam dan Luar Negeri
Mau Beasiswa Penuh dari Kementerian Agama? Ini Hal-hal yang Harus Diketahui
Persyaratan Seleksi Beasiswa LPDP Tahap 2

Beasiswa BI

Program Beasiswa BI - Generasi Baru Indonesia (GenBI). Program ini bertujuan mendukung pengembangan generasi muda masa depan yang unggul dan kompetitif. Tingkat pendidikan yang dapat menerima beasiswa dari Bank Indonesia adalah S1, D3, DA, dan SMA/SMK Vokasi.

Bank Indonesia memiliki program beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Untuk beasiswa unggulan BI merupakan beasiswa ekslusive yang diberikan pada PTN unggulan yang bekerjasama dengan Bank Indonesia, sedangkan beasiswa regular merupakan beasiswa BI yang diberikan kepada PTN/PTS/SMK Vokasi hasil kerjasama dengan Bank Indonesia melalui proses pengajuan sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia.

Kampus penerima beasiswa unggulan dari Bank Indonesia antara lain PTN penerima Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran.

Untuk syarat ketentuan serta kelengkapan administrasi bagi calon penerima beasiswa BI, silakan dapat berkoordinasi dengan kampus atau sekolah yang sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia.

Jika kampus/sekolah belum bekerjasama dengan Bank Indonesia sebegai penerima beasiswa BI, Perguruan Tinggi/Sekolah mengajukan surat permohonan disertai dengan proposal yang berisi antara lain: legalitas lembaga, akreditasi, jumlah program studi, jumlah dosen, beasiswa yang sudah ada, jumlah mahasiswa/siswa, jumlah mahasiswa/siswa yang sudah mendapat beasiswa dan dokumen lainnya yang diperlukan untuk proses asesmen perguruan tinggi/sekolah. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Bank Indonesia dapat diakses di tautan ini

*Kawan-kawan bisa mengakses informasi tentang beasiswa dalam tautan berikut ini

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//