• Kampus
  • Mengenal 4 Jalur Penerimaan Mahasiswa UI

Mengenal 4 Jalur Penerimaan Mahasiswa UI

Seleksi Masuk (Simak) Universitas Indonesia dibuka hingga 9 Juni 2021. UI membuka jalur mandiri ini dengan materi seleksi Kriteria Nilai UTBK, dan lain-lain.

Kampus Universitas Indonesia (UI). (Dok. UI, 2021)

Penulis Iman Herdiana12 Mei 2021


BandungBergerak.idUniversitas Indonesia (UI) menerima mahasiswa baru jenjang S1 Reguler melalui empat jalur penerimaan, yaitu SNMPTN dengan kuota 20 persen, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN dengan kuota 30 persen, dan Seleksi Masuk (Simak) UI yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 peren.

Pengenalan ketiga jalur masuk UI tersebut disosialisasikan melalui UI Open Days virtual yang berlangsung lima hari sejak Jumat (7/5/2021) lalu. Ada pun jalur keempat, yakni Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)/Talentscouting bagi jenjang S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan Vokasi UI 2021. Selain PPKB, jenjang S1 Paralel ini juga bisa ditempuh melalui jalur Simak UI.

Kuota penerimaan S1 Paralel adalah 50 persen (melalui PPKB UI) dan 50 persen (Simak UI), untuk S1 Kelas Internasional adalah 40 persen (melalui talentscouting) dan 60 persen lewat Simak UI, sedangkan Vokasi UI adalah 70 persen (melalui PPKB UI) dan 30 persen (Simak UI).

Saat ini, hingga 9 Juni 2021, UI membuka jalur mandiri Simak dengan materi seleksi Kriteria Nilai UTBK (untuk pendaftar S1 Reguler) dan nilai ujian Simak UI, yang terdiri dari Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan, Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi.

Untuk Kelas Internasional, yang akan diuji adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science), dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian, dan World History, Geography, Sociology (Social Science). Open Days UI sendiri merupakan ajang tahunan UI tentang sosialisasi jalur masuk UI serta program pendidikan yang tersedia di UI mulai jenjang D3 hingga S3.Tahun ini, karena pandemi Covid-19, UI Open Days dilaksanakan secara virtual.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris menjelaskan, UI Open Days hadir untuk menyediakan informasi yang akurat bagi para Calon Mahasiswa Baru UI, sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan di UI dan sebaliknya UI mendapatkan calon mahasiswa terbaik.

Dalam menggelar acara online tersebut, kata Abdul Haris, pihaknya menyediakan 2 ruang Zoom berkapasitas masing-masing 1.000 orang yang terbuka bagi masyarakat umum. Melalui Zoom, peserta atau pengunjung dapat berinteraksi dengan UI dan mendapat penjelasan tentang semua fakultas, sekolah, program pendidikan vokasi di kampus tersebut.

"Kami berharap seluruh peserta baik guru, orang tua siswa, dan calon mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk mengenal jurusan yang menjadi impiannya," kata Abdul Haris, melalui laman resmi UI, yang dikutip Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Jalur Undangan Seleksi Masuk IPB Terima 2.426 Calon Mahasiswa Baru D3
Survei UI, Hanya Sedikit Dosen dan Mahasiswa Pilih Kuliah Tatap Muka

UI Open Days terdiri dari talkshow, presentasi dari 17 fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi, dan virtual booth. Ada banyak kesempatan untuk berkuliah di UI yaitu melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, ada jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Talent Scouting, dan SIMAK UI. Kami berharap pihak sekolah, para guru, calon mahasiswa baru dapat mencari informasi akurat dari sumber tepercaya langsung dari institusi pendidikan tinggi yang diinginkan.

Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia berharap acara ini dapat dimanfaatkan sebaikbaiknya agar para calon mahasiswa baru semakin yakin memilih program studi, dan dapat digunakan untuk
berinteraksi dengan pihak sekolah dan juga fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi.

Ia menambahkan, panitia kegiatan UI Open Days, yang terdiri dari Biro Humas dan KIP bersama Humas fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi berusaha menyajikan informasi akurat, lengkap, dan terbaru tentang jalur masuk UI, program Pendidikan yang ada di UI, fakultas dan program studi beserta peluang karier, kehidupan kampus,hingga inspirasi dan motivasi dari mahasiswa UI.

Saat ini UI memiliki 117 program studi (prodi) yang terdiri atas 9 prodi D3 Vokasi, 6 prodi D4, 64 prodi S1 Reguler, dan 38 prodi S1 Paralel. Untuk Simak UI Kelas Internasional terdapat 16 program studi untuk lulusan SMA/sederajat.

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area, Salemba, Jakarta, dan Depok, Jawa Barat. Mayoritas fakultas UI berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar. Kampus ini menerapkan konsep green campus karena hanya 25 persen lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. Sementara 75 persen wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota. Sebuah area yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi yang tenang dan asri.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//