• Nusantara
  • Pengumuman PPDB Jabar, Jangan Sampai Terlewat Daftar Ulang

Pengumuman PPDB Jabar, Jangan Sampai Terlewat Daftar Ulang

Proyeksi lulusan SMP negeri dan swasta yang akan masuk sekolah setingkat SMA di Jabar tahun 2021 sebanyak 777.506 orang.

Guru mendampingi siswi SMP Pasundan 1 saat pelaksanaan ujian Penilaian Akhir Tahun hari pertama secara online sekaligus simulasi pelaksanaan belajar tatap muka di Bandung, 7 Juni 2021. Para siswa siswi harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat sejak awal masuk sampai pulang sekolah. (Foto: Prima Mulia)

Penulis Iman Herdiana9 Juli 2021


BandungBergerak.idHasil seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar tahap II diumumkan mulai hari ini, Jumat (9/7/2021) mulai pukul 10.00 WIB. Setelah pengumuman, peserta diwajibkan melakukan pendaftaran ulang. Informasi daftar ulang bisa dicek di portal resmi sekolah masing-masing.

"Buat kalian yang bertanya tentang pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap II, berikut Mimin sampaikan informasinya. Untuk daftar ulang, kalian bisa lihat penjelasan di sekolah penerima pada website di portal sekolah masing-masing. Jangan sampai terlewat, ya! Semangat semuanya! Semoga kalian mendapatkan hasil terbaik di PPDB 2021 ini!," demikian keterangan resmi yang disampaikan Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).

Sementara itu, laman resmi ppdb.disdik.jabarprov.go.id juga mengabarkan tentang PPDB Jabar ini. Disebutkan bahwa wWilayah tujuan PPDB Jabar terbagi ke dalam 13 Cadisdik, yaitu Cadisdik 1 Kabupaten Bogor, Cadisdik 2 Kota Bogor dan Kota Depok, Cadisdik 3 Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, Cadisdik 4 Karawang, Purwakarta, Subang;

Berikutnya, Cadisdik 5 Sukabumi dan Kota Sukabumi, Cadisdik 6 Bandung Barat dan Cianjur, Cadisdik 7 Kota Bandung dan Kota Cimahi, Cadisdik 8 Kabupaten Bandung, Sumedang, Cadisdik 9 Indramayu, Majalengka, Cadisdik 10 Cirebon, Kuningan, Kota Cirebon, Cadisdik 11 Garut, Cadisdik 12 Kabupaten Tasikmalayan dan Kota Tasikmalaya, Cadisdik 13 Ciamis, Pangandaran, Kota Banjar.

Perlu diketahui bahwa Disdik Jabar menjadi penyelenggara PPDB jenjang SMA, SMK, dan SLB. Proyeksi lulusan SMP negeri dan swasta yang akan masuk sekolah setingkat SMA di Jabar tahun 2021 sebanyak 777.506 siswa. Sedangkan SMA/SMK/SLB Negeri di Jabar hanya mampu menampung 41,5 persen siswa. Rinciannya, SMAN sebanyak 163.728 siswa, SMKN sebanyak 113.112 siswa, dan SLBN sebanyak 3.708 siswa.

Mengatasi kurangnya daya tampung tersebut, PPDB SMA di Jabar menyertakan sekolah swasta. Peserta didik yang mendaftar pada PPDB 2021 tidak hanya memilih sekolah negeri, tetapi juga harus memilih sekolah swasta.

“Jadi swasta menjadi sebuah pilihan. Pilihan pertama (sekolah) negeri dan yang terakhir boleh memilih swasta. Mudah-mudahan dengan adanya seperti ini menjadi sebuah agenda yang semakin baik untuk pelaksanaan PPDB tahun ini,” kata Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi, dalam keterangan resminya.

Pelaksanaan PPDB SMA/SMK/SLB di Jabar pada tahun ini akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan berlangsung pada 7-11 Juni 2021 untuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.

Kuota PPDB jalur afirmasi 20 persen, prestasi 25 persen dan perpindahan orang tua 5 persen. Jalur afirmasi untuk keluarga tidak mampu dan kondisi tertentu, seperti tenaga kesehatan, disabilitas, dan korban bencana.

Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 25 Juni – 1 Juli 2021 yang merupakan pendaftaran untuk jalur zonasi. Dedi mendorong seluruh calon peserta didik dan orang tua siswa untuk mempelajari petunjuk teknis (juknis) PPDB 2021 yang telah tertuang dalam Peraturan Gubenur (Pergub) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Juknis PPDB 2021.

 

Editor: Redaksi

COMMENTS