• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 14 Juli 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 14 Juli 2021

Hari ini tersisa 231 unit tempat tidur Covid-19 berstatus kosong yang bisa dimanfaatkan warga. Terjadi penambahan 16 unit tempat tidur dibandingkan hari sebelumnya.

Penulis Sarah Ashilah14 Juli 2021


BandungBergerak.idPagebluk yang masih jauh dari reda berimbas ke ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. Dalam beberapa pekan terakhir, akibat lonjakan jumlah kasus positif harian, tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 terus meninggi. Pemerintah menanggapi masalah ini dengan menambah jumlah kapasitas tempat tidur, selain membuat titik-titik isolasi mandiri di tingkat kewilayahan.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Rabu (14/7/2021) pukul 09.30 WIB, saat ini ada 21 rumah sakit yang menyiapkan tempat tidur khusus bagi pasien Covid-19 di Kota Bandung. Dari total 2.103 unit tempat tidur Covid-19, tersisa 231 unit tempat tidur berstatus kosong yang bisa dimanfaatkan warga. Terjadi penambahan 16 unit tempat tidur kosong dibandingkan data sehari sebelumnya.

Di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Hasan Sadikin (RSHS), diketahui saat ini tersedia 95 unit tempat tidur Covid-19 berstatus kosong, dari total 377 unit tempat tidur yang disediakan.

BandungBergerak.id mengkonfirmasi jumlah akuratnya melalui Sisrute RSHS di 08211005741, tapi nomor tersebut masih tidak dapat dihubungi. Menurut petugas RSHS, kemungkinan pelayanan di lapangan saat ini sedang sibuk sehingga nomor tersebut sulit untuk dihubungi.

Sementara itu di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Bandung (RSKIA), walau hari ini tercatat ketersediaan 57 tempat tidur Covid-19 kosong, tetapi pihak rumah sakit masih membatasi pasien Covid-19 baru akibat kekurangan tenaga kesehatan (nakes).

Informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bisa dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Warga dapat memperoleh informasi dan layanan terkait Covid-19 dengan menghubungi nomor pusat panggilan (call center) yang sudah disediakan pemerintah di 119 dan 112. Ketika wabah masih jauh dari reda, semua pihak diajak untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Cimahi per 14 Juli 2021

 

Editor: Redaksi

COMMENTS

//