• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 23 Juli 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 23 Juli 2021

Hari ini ada enam rumah sakit di Kota Bandung yang bisa menerima pasien Covid-19 di IGD.

Data ketersediaan kamar tidur Covid-19 di rumah sakit di Kota Bandung. (Olah data: Sarah Ashilah)

Penulis Sarah Ashilah23 Juli 2021


BandungBergerak.id - Kota Bandung masih ada di zona merah penularan Covid-19. Pagebluk yang masih jauh dari reda berimbas ke ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. Dalam beberapa pekan terakhir, akibat lonjakan jumlah kasus positif harian, tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 terus meninggi.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Jumat (23/7/2021) pukul 09.00 WIB, saat ini ada 22 rumah sakit yang menyiapkan tempat tidur khusus bagi pasien Covid-19 di Kota Bandung. Dari total 2.125 unit tempat tidur Covid-19 di 22 rumah sakit itu, tersisa 484 unit tempat tidur berstatus kosong yang terdiri dari ruangan isolasi, ICU, dan NICU.

Meski berstatus kosong, tidak serta-merta tempat tidur tersebut bisa langsung diakses warga. Pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit harus melewati tahap screening terlebih dulu di IGD. Maka hal yang perlu diperhatikan warga ketika mengecek ketersediaan tempat tidur lewat Siranap adalah memeriksa juga ketersediaan tempat tidur di IGD. Bukan hanya ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi.

Dari ke-22 rumah sakit di Kota Bandung, hari ini hanya ada 6 rumah sakit yang bisa menerima pasien Covid-19 di IGD. Tercatat ada 8 unit tempat tidur IGD khusus pasien Covid-19 yang berstatus kosong di RS Santosa Hospital Bandung Central, 3 unit di RS Hermina Arcamanik, 2 unit di RS Khusus Ginjal Ny. R. A. Habibie , 4 unit di RS Immanuel Bandung, 6 unit di RS Paru dr. H. A Rotinsulu, dan 2 unit di RS Kebonjati.

Dikonfirmasi BandungBergerak.id lewat telepon, petugas RS Kebonjati membenarkan keberadaan 2 unit tempat tidur kosong itu. Walau ketersediaan tempat tidur isolasi penuh di rumah sakit tersebut, namun warga yang membutuhkan bisa menunggu lebih dulu di IGD sambil melakukan screening. Sementara itu, rumah sakit lainnya tidak dapat dihubungi.

Informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bisa dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Warga dapat memperoleh informasi dan layanan terkait Covid-19 dengan menghubungi nomor pusat panggilan (call center) yang sudah disediakan pemerintah di 119 dan 112. Ketika wabah masih jauh dari reda, semua pihak diajak untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//