• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 27 Juli 2021 

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 27 Juli 2021 

Dari total 1.944 unit tempat tidur Covid-19 di dua puluh rumah sakit Kota Bandung, tersisa 667 unit tempat tidur berstatus kosong.

Penulis Sarah Ashilah27 Juli 2021


BandungBergerak.idDalam beberapa pekan terakhir, tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung terus meninggi. Di lapangan, muncul kekhawatiran terhadap kolapsnya layanan kesehatan ini.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Selasa (27/7/2021) pukul 09.00 WIB, saat ini ada 21 rumah sakit yang menyiapkan tempat tidur pasien Covid-19 di Kota Bandung. Dari total 1.944 unit tempat tidur Covid-19 di dua puluh rumah sakit, tersisa 667 unit tempat tidur berstatus kosong yang terdiri dari ruangan isolasi, ICU, dan NICU.

Meski berstatus kosong, tidak serta-merta tempat tidur Covid-19 tersebut bisa langsung diakses warga. Pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit harus melewati tahap screening terlebih dulu di IGD. Maka hal yang perlu diperhatikan warga ketika mengecek ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 lewat Siranap adalah memeriksa juga ketersediaan tempat tidur di IGD. Bukan hanya ketersediaan tempat tidur Covid-19 di ruang isolasi.

Dari ke-20 rumah sakit di Kota Bandung, hari ini hanya ada 7 rumah sakit yang bisa menerima pasien Covid-19 di IGD. Tercatat ada 4 unit di RS Umum Hermina Arcamanik, 6 unit di RS Paru dr. H.A Rotinsulu, 10 unit di RS Umum Santosa Hospital Bandung Central, 9 unit di RS Umum Santo Borromeus, 4 unit di RS Umum Immanuel Bandung, dan 1 unit di RS Khusus Ginjal Ny. R.A. Habibie.

Baca Juga: Data Jumlah Kasus Kekerasan terhadap Anak di Kota Bandung 2015-2020, Melambung di Tahun Pandemi P
Data Perkembangan Jumlah Anak di Kota Bandung 2010-2020, Anomali di Tahun 2012

Saat coba mengkonfirmasi ke RS Paru dr. H.A Rotinsulu, nomor yang tersedia tidak dapat dihubungi. Herannya ketika menghubungi nomor ekstensi yang juga tertera, nomor tersebut malah terhubung ke sebuah toko retail perlengkapan outdoor ternama di Jalan Setiabudi.

Sementara itu, petugas RS Umum Santosa Hospital Bandung Central menghimbau warga yang membutuhkan informasi ketersediaan tempat tidur khusus Covid-19, untuk mengecek Siranap selepas pukul 11.00 WIB setiap harinya.

Informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bisa dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Warga dapat memperoleh informasi dan layanan terkait Covid-19 dengan menghubungi nomor pusat panggilan (call center) yang sudah disediakan pemerintah di 119 dan 112. Ketika pandemi Covid-19 masih jauh dari reda, semua pihak diajak untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

 

 

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//