• Agenda
  • AGENDA BANDUNG: Colloquium Philosophicum 2023 Fakultas Filsafat Unpar, Sabtu 8 Juli 2023

AGENDA BANDUNG: Colloquium Philosophicum 2023 Fakultas Filsafat Unpar, Sabtu 8 Juli 2023

Seminar setengah hari dengan tema The Apocalypse of Civilization: in the Phantom of Creative Destruction: A Search for Meaning”.

Poster Colloquium Philosophicum 2023 yang diselenggarakan Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang akan diselenggarakan Sabtu (8/6/2023). (Foto: Dokumentasi Panitia Seminar)

Penulis Ahmad Fikri12 Juni 2023


BandungBergerak.id – Sekelompok ilmuwan MIT, Club of Rome pada tahun 70an membahas spekulasi berakhirnya peradaban dunia pada abad 21, tepatnya menjelang tahun 2040an. Pertumbuhan ekonomi, produksi mesin perang, kompetisi kekuasaan politik global di antaranya mempertontonkan peradaban yang dibangun berbasis ideology of progress yang dibaliknya memuat kreativitas yang “destruktif”. Manusia mengembangkan seribu metode, alat, dan kebijakan yang pada gilirannya membuat bumi dan kehidupan di dalamnya perlahan sekarat.

Perang Rusia-Ukraina serta ekskalasi konflik di sejumlah tempat di dunia membuat spekulasi perang dunia dalam skala luas mengemuka membuat wacana akhir dunia menjadi makin relevan untuk dikupas lebih dalam. Bahwa skenario terburuk “apokalipse” yang berarti kiamat, akhirnya memaksa kita menyoal makna dan peran sentral manusia di bumi ini ke depan. Mempertanyakan kembali makna kejatuhan peradaban dunia sama dengan ikhtiar kita “melawan kepunahan” speesies manusia.

Berkaitan dengan isu tersebut, Fakultas Filsafat Universitas Parahyangan menggelar seminar setengah hari yang bermaksud merenungkan ulang kiblat peradaban kita selama ini. Adapun perhelatan tersebut adalah Colloquium Philosophicum dengan tema ,“The Apocalypse of Civilization: in the Phantom of Creative Destruction: A Search for Meaning” yang akan diselenggarakan:

Hari/Tanggal: Sabtu, 8 Juli 2023

Waktu: Pk. 09.00 - 13.00 WIB

Tempat: Gedung Bumi Silih Asih, Jl. Moch. Ramdan No. 18, Bandung.

Nara Sumber:

  • Dr. Iwan Pranoto
  • Dr. I. Bambang Sugiharto

Untuk menghadirinya dipersilakan untuk mendaftarkan diri melalui tautan berikut: http://bit.ly/ColloquiumPhilosophicum2023 

Baca Juga: Membawa Pulang Kenangan Jiwa Lewat Pameran Motifs di Fakultas Filsafat Unpar
HMPS Fakultas Filsafat Unpar Gelar Lomba Esai Nasional
Tim Abdimas Filsafat Unpar Tanamkan Pola Pikir Kritis pada Anak Sekolah

Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan juga membuka pemesanan Cinderamata Colloquium Philosophicum 2023 yang bisa didapatkan dan dikoleksi peserta. Kami berharap dengan dibukanya  pemesanan ini, semakin banyak peserta yang mendukung kegiatan hingga promosi Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan.

Daftar item pre-order Cinderamata Colloquium Philosophicum 2023:

  1. Paket Cinderamata Colloquium Philosophicum 2023 - Rp. 500.000
  2. T-Shirt Spesial Colloquium Philosophicum 2023 - Rp. 100.000,-

Bagi peserta yang ingin memesan item-item di atas, bisa memperolehnya dari panitia, dengan cara:

  1. Mengisi kolom setiap item pemesanan
  2. Mengganti biaya yang dicantumkan dalam setiap item. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer ke rekening (CPCReS) BCA, No Rek: 4372871982 a.n. Ignatius Y / Laurentius S.
  3. Bukti pembayaran (Foto/Screenshoot) dikirimkan melalui email: [email protected], atau chat WA Admin Colloquium Philosophicum (Laurent: 08813019792) disertai nama lengkap (terutama untuk sertifikat digital)
  4. Barang pesanan akan kami berikan pada saat registrasi hari H Colloquium Philosophicum 2023
  5. Pre-Order akan ditutup pada tanggal 23 Juni 2023, Pk. 11.00 PM.

Silahkan memesan item-item cinderamata Colloquium Philosophicum melalui link berikut: https://bit.ly/PO_ColloquiumPhilosophicum2023

Kontak Kami, CPCReS Fakultas Filsafat Unpar:

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//