• Cerita
  • KABAR DARI REDAKSI: Surat Awal Tahun 2024 untuk Semua KawanBergerak

KABAR DARI REDAKSI: Surat Awal Tahun 2024 untuk Semua KawanBergerak

Sepanjang 2023 kemarin kita melewati banyak hal, dari yang menyenangkan hingga yang paling memilukan. Tahun ini kita tetap bergerak dari pinggir dan bergandengan.

Tim BandungBergerak.id pada penghujung tahun 2023.

Penulis Tim Redaksi24 Januari 2024


BandungBergerak.id -  Hai kawan,

Selamat memasuki tahun baru 2024, dan untuk kesekian kalinya, terima kasih sudah mendukung BandungBergerak (BB) dengan beragam cara. Sebuah kehormatan bagi kami!

Ada yang mengirimkan tulisan dan foto, ada yang mengikuti pelatihan-pelatihan kami, ada yang menyediakan diri menjadi mahasiswa magang, ada yang berproses bareng dalam kerja kolaborasi, dan banyak yang lain. Semoga berkenan menerima surat ini dan memperpanjang diskusi kita.

Kawan-kawan mengerti betul, BandungBergerak adalah sebuah inisiatif kecil di tengah lautan informasi di era internet. BB tidak lahir dari kemewahan dan tidak berafiliasi dengan perusahaan raksasa apalagi kepentingan politik. Itulah mengapa kami berpaling pada kawan-kawan, pada komunitas, pada audiens yang selama ini menjadi jantung kerja kami. Dukungan sekecil apa pun sungguh berarti bagi keberlanjutan inisiatif kecil ini.

Sepanjang tahun 2023, ada 1.763 artikel yang tayang di website BandungBergerak. Dalam setahun! Artinya dalam sehari rata-rata kami menerbitkan paling banter lima (5) artikel. Jumlah yang teramat kecil dibandingkan kebanyakan media online hari ini yang bisa menghasilkan puluhan atau bahkan ratusan konten.

Dari 1.763 artikel itu, hebatnya lagi, sebanyak 835 artikel (hampir separuhnya) merupakan kiriman dari luar redaksi BandungBergerak: para pembaca dan penulis. Rinciannya: 447 kolom, 306 opini, dan 82 narasi. Sebenar-benarnya media alternatif ini sangat beruntung karena ditopang oleh kepedulian banyak orang!

Sepanjang tahun 2023 juga, akun-akun media sosial BandungBergerak terus tumbuh. Terutama Instagram dan X (Twitter). Terima kasih untuk dukungan kawan-kawan!

Namun sepanjang tahun 2023 juga, kita bersama-sama menyaksikan atau bahkan mengalami bersama peristiwa-peristiwa mengusik, menyebalkan, atau bahkan menyedihkan. Di Bandung, kita mengalami darurat sampah yang panjang dan masa kekeringan yang hebat. Kita menyaksikan juga bagaimana titik-titik penggusuran bergejolak, mulai dari penyerbuan Dago Elos, hingga pengosongan Tamansari. Ditambah lagi: lilitan proyek-proyek infrastruktur besar.

Baca Juga: KABAR DARI REDAKSI: Survei Audiens BandungBergerak.id 2023, Kami akan Lebih Sering Bertatap Muka dengan KawanBergerak dan Komunitas
KABAR DARI REDAKSI: Rapat Redaksi Terbuka #2, Ide-ide Segar yang Menggerakkan Kami
KABAR DARI REDAKSI: Selama Cerita Masih Memesona

Di tahun 2024, tahun politik, tantangan tidak akan mengecil. Dan kita pun tidak akan mengendur.

BandungBergerak memulai tahun dengan mengenalkan tagline baru: BERCERITA DARI PINGGIR. Ini persis mewakili visi dan misi BB sejak awal: memberikan tempat bagi kelompok terpinggirkan dan isu yang disingkiri. (Kami merayakan perubahan ini dengan mencetak kaus secara terbatas. Kaus kedua BB dalam tiga tahun umurnya. Segera cek akun Ig kami, segera pesan ya kawan!)

Di tahun 2024 juga, BB akan semakin banyak menggelar kegiatan-kegiatan luring. Mulai dari pelatihan, diskusi di kampus dan sekolah, jalan-jalan bareng (mungkin), atau acara-acara lain. Semakin sering berkolaborasi, baik dengan media maupun dengan komunitas dan organisasi satu visi.

Dukung terus kami agar tetap bisa mempraktikkan jurnalisme bermutu yang kritis dan independen. Ada beragam cara, silakan ketuk bandungbergerak.id/dukung-kami.

Kami mengundang kawan-kawan untuk bergabung ke dalam grup besar WhatsApp KawanBergerak yang berisi semua pembaca BB. Silakan ketuk tautan bit.ly/KawanBergerak.

Tidak ketinggalan, mari terhubung di berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, X, hingga Youtube. Tahun ini kami mungkin akan lebih serius juga di TikTok.

 

Sekali lagi terima kasih, kawan! Kita tetap di pinggir, tapi dengan lebih erat bergandeng tangan.

Salam,

Redaksi BandungBergerak.id

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//