• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Cimahi per 20 Juli 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Cimahi per 20 Juli 2021

Dari 614 unit tempat tidur Covid-19 di 4 rumah sakit Kota Cimah, tersisa 135 unit tempat tidur berstatus kosong yang terdiri dari ruangan isolasi, ICU, dan NICU.

Penulis Sarah Ashilah20 Juli 2021


BandungBergerak.id - Di Kota Cimahi, tinggal empat rumah sakit yang masih menyiapkan tempat tidur khusus pasien Covid-19, yakni RS Dustira, RS Umum Kasih Bunda, RS Umum Mitra Kasih, dan RSUD Cibabat.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Selasa (20/7/2021) pukul 10.00 WIB, dari total 614 unit tempat tidur Covid-19 di empat rumah sakit tersebut, tersisa 135 unit tempat tidur berstatus kosong yang terdiri dari ruangan isolasi, ICU, dan NICU.

Meski berstatus kosong, tidak serta-merta tempat tidur tersebut bisa langsung diakses warga. Pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit harus melewati tahap screening terlebih dulu di IGD. Maka hal yang perlu diperhatikan warga ketika mengecek ketersediaan tempat tidur lewat Siranap adalah memeriksa juga ketersediaan tempat tidur di IGD. Bukan hanya ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi.

Di Siranap, tercatat ada 4 unit tempat tidur IGD khusus pasien Covid-19 yang berstatus kosong di RS Dustira, 1 unit di IGD RS Umum Kasih Bunda, dan 1 unit di IGD RS Umum Mitra Kasih. Saat dikonfirmasi, petugas RS Dustira menyatakan keempat tempat tidur kosong tersebut sudah terisi penuh. Walau demikian, pihak rumah sakit tetap menyisakan satu sampai dua tempat tidur tambahan.

Dari data ketersediaan rumah sakit yang masih terbatas, hal ini menunjukkan bahwa pagebluk covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Upaya pencegahan penularan virus harus diupayakan lebih sungguh-sungguh oleh warga maupun pemerintah.

Informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bisa dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Untuk memperoleh informasi dan layanan terkait Covid-19, termasuk dalam situasi kedaruratan, warga bisa menghungi pusat panggilan (call center) yang sudah disediakan oleh pemerintah di 119. Permintaan juga disampaikan lewat email di alamat covid19@cimahikota.go.id.

Baca Juga: Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 20 Juli 2021

Editor: Redaksi

COMMENTS