• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kabupaten Bandung per 2 Agustus 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kabupaten Bandung per 2 Agustus 2021

Di rumah sakit Kabupaten Bandung tersisa 187 unit tempat tidur Covid-19 berstatus kosong.

Penulis Sarah Ashilah2 Agustus 2021


BandungBergerak.id - Ketersediaan tempat tidur Covid-19 di rumah sakit Kabupaten Bandung belum terlihat normal. Tingkat keterisian rumah sakit masih mendapat tekanan dari tingginya jumlah pasien Covid-19 rawat inap.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Minggu (2/8/2021) pukul 10.00 WIB, dari total 382 unit tempat tidur Covid-19 di enam rumah sakit Kabupaten Bandung yang masih menyiapkan tempat tidur pasien Covid-19, tersisa 187 unit tempat tidur berstatus kosong.

Meski tercatat berstatus kosong, tidak serta-merta tempat tidur Covid-19 itu bisa langsung dimanfaatkan warga. Pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit harus melewati tahap screening terlebih dulu di IGD. Maka hal yang perlu diperhatikan warga ketika mengecek ketersediaan tempat tidur lewat Siranap adalah memeriksa juga ketersediaan tempat tidur di IGD. Bukan hanya di ruangan isolasi.

Tercatat pada Siranap, di RSUD Kesehatan Kerja saat ini tersedia 4 unit tempat tidur kosong di IGD khusus Covid-19, 3 unit di IGD RS Umum AMC, 4 unit di RS Umum Daerah Soreang, 1 unit RS Umum Daerah Karya Pangalengan Bhakti Sehat, dan 30 unit  tempat tidur di IGD RS Umum Daerah Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat.

Petugas RSUD Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat mengonfirmasi, untuk pasien Covid-19 bergejala sedang, dapat mengakses tempat tidur di ruangan-ruangan isolasi yang tentunya melewati proses screening di IGD terlebih dulu.

Namun, tempat tidur pasien Covid-19 di ruangan-ruangan ICU RSUD Al-Ihsan masih penuh hingga kini. Ruangan ICU ini khusus untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat dan tingkat kesadaran rendah.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bandung Raya: Jangan Lengah meski Banyak Pasien Sembuh
Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 2 Agustus 2021

Petugas juga memberikan informasi, RSUD Al-Ihsan berencana menambah ruangan HCU Covid-19 dalam waktu beberapa minggu ke depan. Ruang HCU Covid-19 sendiri ditujukkan bagi pasien dengan saturasi oksigen di bawah 90 persen, dengan kondisi vital yang baik.

Data ketersediaan tempat tidur Covid-19 yang masih kritis menegaskan pentingnya upaya sungguh-sungguh untuk mencegah laju penularan virus. Pemerintah dan warga memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing.

Informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bisa dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Warga Kabupaten Bandung yang membutuhkan informasi dan layanan terkait Covid-19, termasuk situasi kedaruratan, bisa menghubungi nomor 082118219287. Panggilan juga bisa ditujukan ke nomor kontak Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bandung di 081294121893.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//